Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android – Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting dalam kehidupan masyarakat modern sekarang ini. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan dunia teknologi yang sangat pesat, memaksa semua orang untuk menggunakan alat-alat teknologi dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Mulai dari sekedar mencari informasi, menjalankan sebuah bisnis, mengerjakan tugas sekolah dan kantor dan masih banyak lagi.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android
Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android

Berbicara soal teknologi, salah satu perangkat yang perkembangannya sangat pesat dan cukup banyak diminati adalah smartphone android. Perangkat satu ini bisa dibilang sudah dimiliki oleh hampir semua orang di dunia, mulai dari kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas. HP android menjadi salah satu alat canggih yang bisa membantu aktivitas bahkan pekerjaan manusia. Namun, HP android serasa tidak berguna tanpa terhubung dengan jaringan internet.

Baca Juga:

Untuk terhubung ke internet, kita bisa menghidupkan data seluler atau menghubungkannya ke jaringan wifi. Saat terhubung ke jaringan wifi, umumnya koneksi internet yang diterima cukup baik dan stabil. Tetapi, terkadang juga sinyal Wifi di HP mengalami masalah, seperti lemot atau lemah. Lantas, bagaimana cara memperkuat sinyal wifi di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android
Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android

1. Mendekat ke Router

Cara memperkuat sinyal wifi di HP android yang pertama adalah dengan berpindah posisi agar lebih dekat dengan router. Pasalnya, router ini memiliki jangkauan sinyal yang cukup terbatas. Jadi semakin jauh posisimu dengan router, maka semakin lemah sinyal wifi yang bisa ditangkap oleh HP android.

Selain itu, tembok atau beda keras lain juga bisa menjadi penyebab lemahnya sinyal wifi yang didapat. Pastikan kamu menaruh router tersebut di lokasi atau area terbuka seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Dengan begitu, sinyal wifi yang bisa didapat dari router akan lebih maksimal.

2. Pastikan Tidak Banyak Pengguna yang Terhubung ke Wifi

Jaringan wifi bersifat publik memudahkan pengguna lain untuk juga terhubung dengan jaringan tersebut. Semakin banyak pengguna yang terhubung dengan jaringan wifi yang sama, maka pembagian kecepatannya semakin kecil. Misalnya kecepatan jaringan wifi sebesar 10 Mbps, jika ada 10 perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut, itu artinya masing-masing pengguna akan mendapatkan pembagian kecepatan sebesar 1 Mbps per perangkat.

Karena itulah, pastikan kamu atur password wifi dengan kombinasi kode password yang rumit agar tidak mudah untuk dibobol oleh orang lain. Selain cara tersebut, kamu juga bisa mengaktifkan Broadcast SSIB yang ada di pengaturan wifi. Melakukan cara ini akan mencegah pengguna lain untuk menemukan jaringan wifi tersebut.

3. Menjauhkan Router dari Perangkat Elektronik Lain

Perangkat elektronik lain juga bisa menjadi salah satu penyebab memburuknya sinyal wifi. Salah satu contohnya adalah microwave, di mana alat elektronik satu ini bisa membuat sinyal wifi dari router menjadi lemah. 

Cara terbaiknya adalah dengan memindahkan router ke tempat yang tidak terhalang oleh benda apapun. Misalnya saja dengan menaruhnya di pojokan atas rumah atau di ruang terbuka seperti ruang keluarga dan ruang tamu.

4. Melakukan Update Radio atau Firmware

Cara menguatkan sinyal wifi di HP android berikutnya adalah dengan melakukan update firmware android. Melakukan update firmware akan biasanya akan membantu memperbaiki berbagai masalah pada sistem internal HP android. Salah satunya yakni perbaikan pada radio atau lebih dikenal dengan sebuah baseband.

Setelah melakukan update firmware biasanya akan membuat sinyal HP menjadi stabil kembali. Tidak hanya sinyal wifi, melainkan juga data seluler atau yang lainnya. Perlu kamu ingat, untuk melakukan update firmware pastikan sesuai dengan perangkat android dan gunakan juga tools resmi. Mengupdate firmware bisa dilakukan melalui menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> System / Software Update.

5. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Agar sinyal wifi di HP android semakin kuat, cara lain yang tidak kalah ampuh dan bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi penguat sinyal. Ada banyak sekali aplikasi semacam ini di Google Play Store. Hampir semua aplikasi bisa kamu install secara gratis dan mudah untuk digunakan. Meskipun gratis, tetapi efek yang diberikannya cukup memuaskan pengguna.

Salah satu aplikasi penguat sinyal wifi di android bisa kamu gunakan adalah Wifi Booster & Analyzer. Aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak pengguna, dan hasilnya cukup bagus dalam menguatkan sinyal wifi di android. Untuk cara penggunaannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol Boost, seketika koneksi wifi di smartphone-mu akan menjadi lebih cepat dan stabil.

6. Menggunakan Frekuensi Wifi 5 GHz

Mengubah frekuensi wifi menjadi 5GHz juga bisa membuat sinyal wifi di HP android menjadi lebih kuat dan stabil. Karena pada umumnya HP android tidak secara default menggunaka frekuensi ini sehingga tidak menimbulkan efek tumpang tindih.

Berbeda dengan saat kamu berada di frekuensi default yakni 2.4 GHz, hampir semua pengguna tetap mempertahankan frekuensi ini di HP mereka. Akibatnya, sinyal yang diterima oleh HP akan lebih lemah, terkadang pula terjadi gangguan. Meski begitu, frekuensi 2.4 GHz punya cakupan yang luas dan sinyal cukup kuat jika jarang yang menggunaknnya. Untuk mengubah frekuensi 2.4 GHz ke 5 GHz tidaklah sulit, cukup masuk ke menu Pengaturan >> pilih opsi Wifi >> pilih Advanced Settings >> pilih Wifi Frequency Band >> terakhir ubah ke 5 GHz Only.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memperkuat sinyal wifi di HP android bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?