5 Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang di Xiaomi

Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang di Xiaomi – Xiaomi menjadi salah satu brand smartphone pendatang baru yang mampu menarik minat banyak pengguna. Kelebihannya dibandingkan dengan brand lainnya adalah harga produknya yang murah. Tidak hanya murah, HP Xiaomi juga punya spesifikasi unggulan dengan performa kinerja yang maksimal. Sangat lancar dan cepat dalam kinerja multitasking, mulai dari main game, menjalankan banyak aplikasi dan aktivitas bersmartphone lainnya.

Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang di Xiaomi
Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang di Xiaomi

Selain itu, smartphone Xiaomi juga sangat cepat saat digunakan untuk internetan. Salah satunya karena Xiaomi sudah mendukung koneksi jaringan tercepat saat ini yakni jaringan 4G. Seperti yang kita tahu, jaringan 4G sangat cepat saat digunakan untuk browsing, download hingga main game online.

Baca Juga :

Meskipun koneksinya terbilang cepat, tetapi terkadang HP Xiaomi juga mengalami masalah jaringan. Salah satu masalah jaringan yang sering dialami pengguna adalah sinyal 4G yang hilang. Menghilangnya sinyal 4G di Xiaomi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Lantas, bagaimana cara mengatasi sinyal 4G yang hilang di Xiaomi tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang di Xiaomi Paling Jitu

Masalah jaringan 4G yang tidak muncul di HP Xiaomi memang sering dialami pengguna. Bahkan tidak hanya bagi pengguna Xiaomi, pengguna dari brand lain juga tidak jarang mengalaminya. Cara mengatasi sinyal 4G yang hilang di Xiaomi sendiri juga sangat mudah. Setidaknya ada 5 cara mengatasi jaringan 4G hilang di HP Xiaomi, antara lain :

1. Mengubah jaringan ke mode CDMA Only

Cara mengatasi sinyal 4G yang hilang di Xiaomi pertama adalah dengan mengubah pengaturan jaringan ke mode CDMA Only. Pada suatu kasus sinyal 4G yang menghilang di HP Xiaomi bisa dimunculkan dengan cara ini. Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan.

  1. Yang pertama kamu harus menggunakan 1 SIM card saja. Pastikan SIM card tersebut berada di slot SIM 1. Tapi jika kamu ingin menggunakan 2 SIM card sebenarnya juga bisa. Hanya saja SIM card yang digunakan untuk internetan harus berada di slot SIM 1.
  2. Jika sudah, buka menu dial up di HP androidmu. Setelah itu, ketikkan kode dial *#*#4636#*#*. Kemudian klik Panggil atau OK.
  3. Selanjutnya pilih informasi telepon 1, lalu atur ke mode CDMA. Butuh waktu untuk mengubah mode jaringan tersebut, tunggu sampai ikon sinyal atau jaringan menghilang. Tidak perlu khawatir karena hal ini normal terjadi ketika mengubah ke mode CDMA.
  4. Langkah berikutnya kamu masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih SIM Card & Mobile Network. Pada pengaturan SIM card untuk internet, kamu klik SIM 1.
  5. Selanjutnya pilih dan ubah Preffered Network menjadi mode Global.
  6. Biasanya setelah melakukan pengaturan ini, sinyal 4G di HP Xiaomi sudah muncul kembali.

2. Mengubah jaringan ke mode LTE Only

Cara mengatasi sinyal 4G yang hilang di Xiaomi berikutnya adalah dengan mengubah jaringan ke mode LTE Only. Caranya cukup mudah, lihat langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah-langkahnya sebenarnya hampir sama dengan cara di atas. Kamu tinggal buka menu dial up, kemudian ketikkan kode dial *#*#4636#*#* lalu klik Panggil atau OK.
  2. Setelah itu, masuk ke informasi penggunaan jaringan dengan klik informasi telepon 1.
  3. Pada bagian set preffered network type, kamu ubah ke mode LTE Only
  4. Setelah selesai, tinggal kamu restart HP Xiaomi. Secara otomatis  sinyal 4G akan muncul.

3. Mengubah lokasi pada HP Xiaomi

Jika sinyal 4G tidak muncul di HP Xiaomi, mungkin pengaturan lokasi HP yang menjadi penyebab utamanya. Karena itulah, sebaiknya kamu coba mengubah settingan lokasi ponsel untuk bisa memunculkan sinyal 4G tersebut. langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Langkah pertama kamu tinggal masuk ke menu Pengaturan atau Setting.
  2. Setelah itu, klik dan masuk ke menu Additional Settings. Kemudian kamu pilih Locate untuk mengatur lokasi HP.
  3. Ubah lokasi yang sebelumnya diset Negara Indonesia, menjadi negara lain seperti, Bangkok, Malaysia atau Singapura.
  4. Selanjutkan kamu aktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode. Setelah itu lakukan restart HP.
  5. Setelah HP menyala, non-aktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode. Tunggu sejenak, sinyal 4G sudah muncul kembali di HP Xiaomi-mu.

4. Mengganti SIM card dari provider lain

Masalah sinyal 4G yang hilang di HP Xiaomi mungkin disebabkan oleh SIM card kamu yang tidak mendukung jaringan tersebut. Atau juga area yang kamu tinggali masih belum terjangkau oleh jaringan 4G. Karena itulah, kamu coba ganti SIM Card dari provider lain. Misalnya saja kartu dari Telkomsel yang memang mempunyai jangkauan jaringan yang sangat luas dan menyeluruh di Indonesia.

Seperti yang kita tahu, jaringan 4G sendiri masih belum menjangkau semua wilayah yang ada di Indonesia. Apalagi wilayah yang terbilang pelosok, kebanyakan masih mendukung jaringan 4G.

5. Memanfaatkan aplikasi penguat sinyal

Cara mengatasi sinyal 4G yang hilang di Xiaomi selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Jaringan 4G yang hilang mungkin dikarenakan sinyal 4G di area kamu yang tidak terlalu kuat. Atau mungkin saja sinyal dari HP Xiaomi kamu yang tidak terlalu kuat menjangkau koneksi 4G. Karena itulah, dengan memanfaatkan aplikasi penguat sinyal mungkin bisa membantu masalah tersebut.

Ada banyak pilihan aplikasi penguat sinyal di android yang bisa coba kamu gunakan, antara lain Network Signal Info, Connection Stabilizer booster, Peta Wifi 3G, 4G, & Speed Test, Network Signal Strength dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi sinyal 4G yang hilang di Xiaomi yang mudah dan paling ampuh. Terapkan caranya satu persatu hingga sinyal 4G yang hilang bisa muncul lagi. Share artikel ini ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.