Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang Paling Ampuh

Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang – HP android seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang di era modern seperti sekarang ini. Ini karena fungsi dari HP android tidak hanya sebagai sarana komunikasi saja, melainkan lebih dari itu. HP android dengan dukungan berbagai macam aplikasi membuatnya bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari bersosial media, main game hingga sarana bisnis.

Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang
Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang

Selain itu, HP android tanpa adanya koneksi internet juga seakan tidak berguna. Karena seperti yang kita tahu, berbagai aplikasi termasuk game sekarang ini sudah dibuat dengan basis online. Dengan begitu tentunya koneksi internet menjadi kebutuhan utama untuk HP android agar bisa digunakan dengan lebih fleksibel.

Baca Juga :

Tapi apa jadinya jika sinyal di HP android tiba-tiba hilang begitu saja? Selain tidak bisa digunakan untuk mengakses internet, juga tidak bisa digunakan telepon dan SMS. Jika sudah seperti ini, bagaimana cara mengatasi sinyal HP yang hilang tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang Paling Ampuh

Sinyal tiba-tiba hilang di HP android bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab ini perlu kamu ketahui agar kamu bisa melakukan perbaikan serta juga pencegahan nantinya. Adapun beberapa penyebab sinyal HP android tiba-tiba hilang tersebut, antara lain:

  1. Sedang terjadi error atau masalah di jaringan operator pusat
  2. Area atau wilayah yang kamu tinggali belum terjangkau jaringan operator
  3. Dikarenakan cuaca buruk
  4. Sterjadi masala di bagian sistem android
  5. Kerusakan pada hardware HP android
  6. Masalah terjadi pada bagian Signal Receiver atau penangkap sinyal android

Dari beberapa penyebab tersebut kita bisa bisa tahu bagaimana cara mengatasi sinyal HP yang hilang secara tiba-tiba. Adapun cara tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

1. Melakukan restart HP android

Cara mengatasi sinyal HP yang hilang pertama adalah dengan mencoba melakukan restart pada HP androidmu. Dengan cara ini akan menghapus file cache atau file sampah yang tersimpan di RAM. Selain ini, beberapa masalah error sistem biasanya juga bisa diatasi dengan cara ini, termasuk sinyal HP yang hilang tiba-tiba.

Ketik dilakukan restart, nantinya saat HP android hidup kembali maka akan mencoba mencari jaringan baru secara otomatis. Masalah sinyal HP yang hilang secara tiba-tiba sebelumnya akan diatasi dengan mudah dan cepat.

2. Mengaktifkan dan menon-aktifkan kembali Airplane Mode

Jika melakukan restart HP menurutmu terlalu membuang-buang waktu, maka alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali mode pesawat di HP android. Tujuannya sama dengan cara sebelumnya, yakni memutus jaringan kemudian dihidupkan untuk mencari jaringan baru. Selain lebih mudah dan cepat, cara satu ini juga diklaim paling efektif untuk mengatasi hilangnya sinyal HP di android.

Cara ini tidak hanya berguna untuk jarngan 3G saja, melainkan juga sinyal 4G yang hilang di HP android. Caranya cukup kamu usap atau swipe layar dari atas ke bawah hingga muncul menu bar, klik pada Mode Pesawat dan tunggu beberapa saat untuk nantinya dimatikan kembali.

3. Melakukan pengecekan pada SIM Card

Jika kedua cara di atas masih belum bisa mengatasi sinyal 4G HP yang hilang, cara satu ini bisa menjadi alternatif lainnya. Pastikan kamu sudah memasangkan kartu SIM pada slot dengan posisi yang benar. Karena jika posisinya salah atau kurang tepat, maka sistem android tidak akan bisa membacanya.

Selain itu, cobalah periksa apakah kartu SIM masih dalam keadaan bagus atau justru sudah rusak. Ciri-ciri kartu SIM sudah rusak adalah bentuk atau struktur kuningan pada SIM Card sudah tidak sempurna lagi. Jika masih baik, cobalah untuk menghapus bagian kuningan tersebut dengan karet penghapus lalu pasang kembali.

4. Memindahkan kartu SIM ke HP lain

Cara mengatasi sinyal HP yang hilang selanjutnya adalah dengan mencoba memasangkan kartu SIM ke HP lain. Pasang dengan benar dan tepat, dan lihat apakah sinyalnya tetap tidak muncul atau justru sebaliknya. Dari sini kita bisa menyimpulkan jika Sim Card tetap tidak terdeteksi di HP lain yang menyebabkan sinyal tidak muncul, berarti sudah bisa dipastikan SIM Card mengalami kerusakan atau masalah.

Tetapi jika justru SIM Card terdeteksi dan sinyal muncul di HP lain, berarti yang bermasalah adalah HP androidmu. Kalau kerusakan masih sebatas sistem mungkin kamu masih bisa membetulkannya. Tapi jika masalahnya terdapat pada sisi hardware, akan sulit tentunya bagi pemula untuk memperbaikinya.

5. Mencari jaringan secara manual

Sinyal HP yang tidak muncul mungkin saja dikarenakan pencari jaringan otomatis di HP sedang bermasalah. Jika benar demikian, maka kamu perlu melakukan pencarian sinyal HP secara manual. Untuk melakukan cara ini kamu bisa mengakses menu Pengaturan HP.

Untuk langkah-langkahnya juga cukup mudah, terlebih dahulu kamu masuk ke menu Pengaturan >> setela itu pilih opsi Network >> klik Connections >> selanjutnya klik Mobile Network >> pilih Operator (apakah SIM 1 atau SIM 2) >> dan terakhir pilih Select Autmatically. Secara otomatis HP akan memilih jaringan yang sudah terdeteksi.

6. Menghubungi customer service

Dan cara mengatasi sinyal HP yang hilang terakhir adalah dengan mencoba hubungi customer service dari operator jaringan yang kamu gunakan. Mereka nantinya akan melakukan pengecekan masalah apa yang terjadi pada SIM Card kamu. Biasanya tidak butuh waktu lama bagian customer service akan membalas keluhan yang kamu sampaikan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi sinyal HP yang hilang di android bisa coba kamu terapkan. Permasalahan sinyal yang hilang atau tidak muncul seperti ini bisa disebabkan oleh SIM Card itu sendiri atau juga pada HP androidmu.