Cara Lock 4G di HP Android Anti Ribet, Berhasil!

Cara Lock 4G di HP Android – HP android tanpa adanya internet serasa tidak ada gunanya. Ya, dikarenakan hampir semua aktivitas mobile android pasti membutuhkan koneksi internet. Mulai dari bersosial media, browsing internet, hingga bermain game pasti membutuhkannya. Berbicara soal internet, koneksi jaringan seluler yang bisa dibilang paling ngebut sekarang ini adalah jaringan 4G LTE.

Cara Lock 4G di HP Android

Jaringan 4 LTE ini sendiri diklaim mampu mencapat kecepatan download hingga 1 Gbps. Tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh penggunaan kartu provider dan seberapa bagus sinyal 4G di lokasi pengguna masing-masing. Meski begitu, sinyal 4G LTE masih lebih cepat dan ngebut dibandingkan dengan pendahulunya yakni jaringan 3G H+. Hampir semua HP android sekarang ini didukung dengan koneksi jaringan 4G LTE, serta didukung pula jaringan 3G dan 2G.

Baca Juga:

Koneksi jaringan 3G tetap dipertahankan agar menjadi opsi bagi pengguna jika sinyal 4G di lokasinya tidak begitu bagus. Biasanya mode jaringan HP akan berpindah secara otomatis menyesuaikan dengan sinyal jaringan yang tersedia di lokasi pengguna. Misalnya saja dari 4G LTE berpindah ke 3G atau sebaliknya. Terkadang hal ini tidak diinginkan oleh pengguna sehingga mereka ingin melakukan lock sinyal 4G LTE only di HP mereka. Lantas, bagaimana cara lock 4G di HP android tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Lock 4G di HP Android Anti Ribet, Berhasil!

Sebagian dari kalian mungkin masih bingung apa tujuan melakukan lock jaringan 4G LTE di HP android. Singkatnya, lock jaringan 4G LTE only bertujuan agar mode jaringan HP tidak berpindah ke mode jaringan 3G. Meskipun di lokasimu sinyal 4G tidak begitu bagus atau bahkan belum tercover, mode jaringan di HP akan tetap 4G. Selain itu, melakukan hal ini juga diklaim mampu membuat koneksi internet HP menjadi lebih stabil dan maksimal.

Cara Lock Sinyal 4G di HP Android

Untuk melakukan cara lock 4G di HP android bisa dilakukan dengan beberapa alternatif, bisa melalui menu pengaturan HP, menggunakan kode rahasia, atau juga memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang dianggap paling mudah dan work di HP androidmu.

Cara Mengunci Jaringan 4G Melalui Pengaturan

Cara yang pertama ini bisa dibilang yang paling mudah dan simple banget. Kamu tidak memerlukan tambahan alat apapun, hanya perlu masuk ke menu Pengaturan dan melakukan penguncian mode jaringan di sana. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Pertama kamu harus masuk ke menu Setelan atau Pengaturan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya pilih opsi Jaringan Seluler.
  3. Kemudian pilih Mode Jaringan.
  4. Tentukan kartu SIM 1 atau SIM 2 yang ingin dilock ke 4G LTE only, kemudian pilih mode jaringan Hanya 4G atau 4G LTE Only.

Catatan:

Mode jaringan Hanya 4G / 4G LTE Only mungkin tidak bisa ditemukan dibeberapa tipe HP android. Jika memang tidak ada, solusinya adalah dengan memilih mode jaringan otomatis 4G/3G/2G. Hanya saja, memilih mode ini akan tetap membuat mode jaringan berpindah menyesuaikan lokasi pengguna.

Cara Mengunci Jaringan 4G dengan Kode Rahasia

Pada setiap HP android terdapat kode rahasia yang mempunyai fungsi masing-masing, termasuk juga sebagai cara lock 4G di HP android. Menggunakan kode rahasia untuk mengunci sinyal 4G juga tidak mengharuskanmu menginstall aplikasi tambahan atau juga melakukan rooting smartphone. Caranya juga sangat mudah, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Dial atau Panggilan di HP android.
  2. Selanjutnya ketikkan kode rahasia *#*#4636#*#*. Jika kode tersebut tidak berfungsi, kode alternatif yang bisa dicoba yaitu *#*#3646633#*#*, secara otomatis kamu akan dibawa masuk ke menu Pengujian.
  3. Di halaman tersebut terdapat beberapa opsi, yakni Device Information, Usage statistics, dan Wi-Fi Information. Kamu pilih opsi Device Information atau Informasi Perangkat.
  4. Untuk me-lock sinyal 4G LTE only, scroll ke bawah dan temukan tulisan Set Preferred Network Type atau Setel Jenis Jaringan yang Disukai. Klik di bawahnya lalu pilih mode jaringan LTE Only.
  5. Selesai.

Catatan:

Kode rahasia di atas bisa berfungsi untuk hampir semua HP android yang ada saat ini. Tetapi mungkin saja ada beberapa HP keluaran terbaru sudah menghapus kode tersebut sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya setiap brand juga punya kode rahasia tersendiri untuk melakukan lock 4G LTE only di perangkat mereka.

Cara Mengunci Jaringan 4G dengan Aplikasi 4G LTE Switch

Cara lock 4G di HP android berikutnya ini membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Meski begitu, penggunaan aplikasi tersebut diklaim aman karena kamu bisa menginstallnya langsung melalu Google Play Store. Selain itu, menggunakan aplikasi tersebut juga tidak memerlukan akses root sehingga lebih aman. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Pertama kamu harus menginstall aplikasi lock sinyal 4G LTE bernama 4G LTE Switch.
  2. Setelah diinstall, kamu langsung buka aplikasi tersebut. Secara otomatis HP akan menampilkan menu Informasi Perangkat atau Device Information seperti saat menggunakan kode rahasia di atas.
  3. Langkah yang sama, kamu sroll ke bawah dan temukan tulisan Set Preferred Network Type. Pada bagian bawahnya atau lebih tepatnya ikon segitiga, kamu klik lalu atur mode jaringan ke LTE Only
  4. Selesai.

Catatan:

Cara ini bisa menjadi alternatif jika saat menggunakan kode rahasia tidak berfungsi. Tetapi sayangnya, aplikasi ini hanya bisa mengunci jaringan 4G di SIM 1 saja. Jadi, kamu memastikan sudah memindah kartu yang ingin di-lock 4G LTE only ke SIM 1 telepon.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara lock 4G di HP android paling mudah tanpa root yang bisa kamu coba terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?