Penyebab Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA dan Cara Mengatasinya

388
Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA
Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA

Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA – TikTok bisa dikatakan sebagai salah satu platform media sosial paling populer di Indonesia. Bagaimana tidak? Sebagian besar pengguna smartphone pasti memiliki aplikasi TikTok yang terinstall di dalamnya. Terlebih lagi aplikasi TikTok bisa didownload secara gratis melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan Apps Store untuk pengguna iPhone. Membuat akun TikTok juga gratis, kita hanya memerlukan alamat email maupun nomor HP yang aktif. Kita bisa memilih menautkan akun TikTok ke salah satunya saja atau menautkan keduanya juga tidak masalah.

Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA
Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA

Sebagai pengguna TikTok kita bisa memposting video pendek di akun pribadi. Video yang diposting bisa bermacam-macam, asalkan tidak melanggar ketentuan dan kebijakan yang diterapkan oleh pihak TikTok. Video yang diposting di akun TikTok akan bisa ditonton oleh pengguna lain, dan bahkan jika beruntung video tersebut masuk FYP dan viral. Kuncinya video harus unik dan memiliki daya tarik bagi para penonton. Bukan hanya ditonton oleh pengguna di Indonesia saja, melainkan video yang diposting di TikTok ini juga bisa dilihat oleh pengguna di seluruh dunia.

Baca Juga:

Pada video TikTok yang diposting, pengguna lain memungkinkan untuk melakukan interaksi melalui video tersebut. Salah satunya adalah dengan membagikan ulang ke platform lain, seperti WhatsApp, Facebook, email maupun menyalink link video secara langsung. Khususnya untuk membagikan video TikTok melalui chat WhatsApp, nantinya penerima memungkinkan untuk memutar video dari TikTok tersebut. Mengenai hal ini, terkadang ada kondisi yang membuat link video TikTok yang dibagikan di WhatsApp tidak bisa dibuka atau dikunjungi. Lantas, apa yang menjadi penyebab link TikTok tidak bisa dibuka di WA tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab dan Cara Mengatasi Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA Android

cara Mengatasi Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA
Cara Mengatasi Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama link video TikTok tidak bisa dibuka di WhatsApp. Penting untuk mengetahui penyebabnya tersebut agar kita bisa lebih mudah mengatasinya. Selain itu, mengetahui hal ini juga bisa dijadikan sebagai langkah pencegahan agar masalah yang sama tidak dialami lagi di lain waktu.

Adapun beberapa penyebab dan cara mengatasi link TikTok tidak bisa dibuka di WA android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Koneksi Internet yang Tidak Stabil di HP Android

Dikarenakan TikTok dan WhatsApp merupakan aplikasi berbasis online, sehingga koneksi internet sangat dibutuhkan untuk bisa mengaksesnya. Mungkin saja dalam kondisi ini koneksi internet di HP sedang terganggu atau buruk. Bisa jadi karena jangkauan sinyal yang tidak memadai, pemeliharaan server, cuaca buruk atau yang lainnya.

Salah satu cara mengatasi error pada jaringan seluler di HP adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan lagi Mode Pesawat. Cara ini akan merestart jaringan di HP android sehingga akan kembali normal. Jika masih tetap tidak bisa, kamu bisa mencoba menggunakan kartu provider lain atau menyambungkan HP ke jaringan wifi.

2. Bug atau Error pada Sistem Software HP Android

Error yang disebabkan oleh bug atau faktor lainnya memang kerap ditemukan pada sistem android. Hal ini berdampak pada kinerjanya yang terganggung, termasuk saat menjalankan aplikasi tertentu. Dalam hal ini bisa juga terjadi pada aplikasi WhatsApp yang error sehingga tidak bisa membuka link video TikTok yang dikirim oleh teman atau orang lain.

Untuk cara mengatasinya kamu cukup melakukan Restart atau Mulai Ulang HP android. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah pada WhatsApp tersebut dan juga masalah error lainnya. Selain itu, performa kinerja HP akan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

3. File Cache Aplikasi yang Menumpuk

File cache aplikasi yang dibiarkan dalam waktu lama biasanya memang dapat menyebabkan error pada saat aplikasi tersebut dijalankan. Hal serupa juga bisa terjadi pada aplikasi TikTok dan WhatsApp sehingga tidak bisa membuka link video yang dibagikan. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan penghapusan file cache atau sampah dari kedua aplikasi tersebut.

  • Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian gulir ke bawah dan pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi TikTok.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Lakukan cara yang sama untuk menghapus file cache aplikasi TikTok.
  • Selesai.

Jika masih tetap error, maka kamu bisa melakukan langkah lanjutan yakni Hapus Data aplikasi. Namun, cara ini akan menghapus semua file di aplikasi dan mengembalikannya seperti pertama kali menginstallnya. Jadi, sebaiknya kamu lakukan backup data aplikasi terlebih dahulu sebelum melakukannya.

4. Penggunaan Aplikasi Versi Lawas

Baik aplikasi TikTok maupun WhatsApp, penggunaan versi lama dari kedua aplikasi tersebut bisa menyebabkan error. Termasuk error saat membuka link video TikTok yang dibagikan lewat WhatsApp.

Untuk solusi dari permasalahan ini cukup kamu lakukan update ke versi terbaru dari kedua aplikasi tersebut. Caranya buka saja Google Play Store, kemudian cari aplikasi TikTok dan WhatsApp melalui kolom pencarian. Pada halaman masing-masing aplikasi, kamu klik tombol Update atau Perbarui. Dengan cara ini biasanya masalah error seperti tadi tidak akan dialami lagi.

5. Kontak WhatsApp Belum Disimpan di Buku Kontak

Menerima kiriman link video TikTok dari konta WA yang belum disimpan, bisa menjadi penyebab lain link TikTok tidak bisa dibuka di WA tersebut. Ini berlaku untuk peneriman chat berisi link video WhatsApp via chat pribadi maupun grup.

Agar bisa membuka link video TikTok yang dibagikan lewat WhatsApp tersebut, kamu perlu menyimpan kontak pengirim ke buku kontak di HP. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP android.
  2. Kemudian buka halaman obrolan dengan pengirim link video TikTok, baik itu obrolan pribadi maupun grup.
  3. Selanjutnya klik nomor WhatsApp pengirim yang ada di bagian atas tampilan.
  4. Lalu klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas dan pilih Tambah ke Kontak.
  5. Beri nama kontak sesuai keinginan, lalu klik Simpan.
  6. Selesai.

Sekarang kamu bisa bika lagi halaman obrolan dengan kontak yang mengirim link video TikTok tadi, kemudian klik link video yang dikirim. Nantinya sistem di HP akan mengarahkanmu ke halaman TikTok dan memutar video yang dibagikan tersebut.

6. Link Error Sehingga Tidak Bisa Dibaca Oleh Sistem

Kondisi lainnya adalah link video TikTok yang diterima di WhatsApp tidak kompatibel yang menyebabkan error saat membukanya. Bisa jadi karena versi aplikasi TikTok atau WhatsApp yang tidak sama dengan yang dimiliki oleh pengirim. Bisa juga karena sistem operasi yang digunakan di smartphone tidak sama sehingga menyebabkan masalah error tersebut, misalnya saja HP android dan iPhone (iOS).

Untuk mengatasinya, kamu cukup menyalin ulang link video TikTok yang diterima di WhatsApp tersebut. Caranya tekan dan tahan pada link video di WhatsApp, lalu pilih Salin atau Copy. Selanjutnya Paste di kolom pengetikan pesan dan klik Kirim. Jika sudah, kamu klik link video TikTok yang kamu kirim ulang ke pengirim di WhatsApp tersebut.

7. Sistem Tidak Mampu Membuka Link Langsung di WhatsApp

Mungkin karena kebijakan yang berlaku atau hal lainnya sehingga aplikasi WhatsApp di HP androidmu tidak bisa langsung redirect untuk menampilkan video TikTok. Solusi dari permasalahan ini cukup dengan membuka link video TikTok di WA tersebut melalui browser. Nantinya kamu tidak akan mengakses video TikTok melalui aplikasi, melainkan melalui tampilan situs TikTok di browser.

Caranya tekan dan tahan pada link vide TikTok yang diterima di WhatsApp, lalu pilih opsi Salin atau Copy. Kemudian buka browser di HP dan Paste link video TikTok tadi di kolom memasukkan url lalu klik Cari. Nantinya kamu akan langsung diarahkan ke halaman TikTok Web dan memutar video yang dibagikan tersebut otomatis.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi link TikTok tidak bisa dibuka di WA yang mudah dan ampuh bisa kalian terapkan. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Buat Board di Telegram Terbaru Tanpa Aplikasi
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini