Cara Buat Board di Telegram Terbaru Tanpa Aplikasi

103
Cara Buat Board di Telegram
Cara Buat Board di Telegram

Cara Buat Board di Telegram – Telegram merupakan salah satu aplikasi kirim pesan instan yang disediakan secara gratis untuk pengguna smartphone. Khususnya bagi pengguna android, kita dapat mengunduh dan menginstall aplikasi Telegram tersebut melalui Google Play Store. Kemudian membuat akun Telegram baru dengan menggunakan nomor HP yang aktif. Kenapa harus nomor HP aktif? Karena untuk pembuatan akun Telegram ini nantinya akan dibutuhkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP yang didaftarkan. Selain dengan nomor HP, kita juga dimungkinkan untuk menautkan akun Telegram ke alamat email.

Cara Buat Board di Telegram
Cara Buat Board di Telegram

Telegram memiliki banyak fitur menarik di dalamnya yang tentunya menjadi daya tarik bagi para pengguna. Di Telegram kita dimungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk teks, gambar, audio, dokumen dan jenis file lainnya. Untuk meramaikan pesan, kita juga bisa menyematkan emoticon dan juga stiker sebagai bentuk ekspresi diri. Tidak hanya itu saja, di Telegram juga disediakan fitur untuk melakukan panggilan, baik itu Panggilan Suara maupun panggilan Video. Bahkan untuk panggilan video di Telegram, kita bisa menghubungkan banyak orang sekaligus di dalamnya. Kalian yang tidak bisa menyempatkan diri untuk berkumpul bareng teman, cukup menggunakan fitur panggilan grup di Telegram untuk saling berkomunikasi satu sama lain.

Baca Juga:

Fitur menarik lainnya yang bisa kita temukan di Telegram adalah Board Telegram. Fitur ini merupakan Bot Polling yang biasa digunakan sebagai sarana survey, yang mana pengambilan survey bisa dilakukan di dalam Channel atau Grub di Telegram. Untuk menggunakannya, kita perlu membuat boardnya terlebih dahulu secara manual. Pembuatannya ini tidak perlu menginstall aplikasi tambahan di HP, melainkan dengan memanfaatkan channel yang sudah terverifikasi centang biru di Telegram. Adapun cara membuat board di Telegram tanpa aplikasi pihak ketiga selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Buat Board di Telegram Terbaru Tanpa Aplikasi

Board Telegram memungkinkan untuk kita buat sendiri menggunakan Channel Terverifikasi yang ada di Telegram. Setidaknya ada 2 channel yang bisa digunakan untuk membuat board di Telegram secara gratis, yakni BotFather dan Manybot. Pastikan kamu memilih channel yang sudah centang biru, pasalnya ada banyak channel tiruan yang bisa saja merugikan pengguna jika menggunakannya.

Untuk membuat board di Telegram, kamu perlu menyiapkan nama yang akan digunakan untuk board tersebut. Selain nama, siapkan juga username yang akan digunakan dan diberi tambahan bot atau _bot di belakang username tersebut.

Adapun cara buat board di Telegram yang mudah untuk pemula tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat Board Lewat BotFather

Membuat Board Lewat BotFather
Membuat Board Lewat BotFather

BotFasther merupakan channel resmi dan terverifikasi yang bisa digunakan untuk membuat bot baru di Telegram. Channel ini menyediakan banyak fitur di dalamnya yang tentunya akan memudahkan pengguna dalam membuat bot miliknya. Penggunaannya tentu gratis, kecuali untuk beberapa fitur tambahan yang ingin diakses oleh pengguna.

Mengenai langkah-langkah membuat board Telegram melalui BotFather tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram seperti biasa di HP androidmu. Pastikan kamu sudah login ke akun Telegram milikmu.
  2. Pada halaman Obrolan Telegram, kamu ketuk ikon Pencarian atau Search di pojok kanan atas tampilan.
  3. Kemudian ketik kata kunci “botfather” dan pilih channel BotFather yang ada centang birunya.
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman obrolan di channel tersebut, selanjutnya klik tombol Mulai.
  5. Disana akan ditampilkan berbagai perintah beserta fungsinya masing-masing. Untuk mulai membuat board baru, kamu klik opsi Menu yang ada di pojok kiri bawah tampilan. Kemudian pilih menu Create a New Bot.
  6. Selanjutnya kamu masukkan Nama Bot yang ingin digunakan. Pastikan nama bot yang ingin dibuat terdiri dari minimal 5 karakter dan maksimal 2 karakter. Jika sudah klik tombol Kirim.
  7. Lanjut dengan memasukkan username yang ingin digunakan untuk bot baru yang dibuat tersebut. Pastikan dibelakang username diberi tambahan bot atau _bot dan klik tombol Kirim.
  8. Sampai di sini sebenarnya kamu sudah berhasil membuat bot baru. Akan tetapi bot tersebut masih polos dan perlu dilakukan pengeditan untuk melengkapi informasinya. Caranya ketik perintah /mybot dan klik tombol Kirim, lalu klik nama bot yang sudah kita buat tadi.
  9. Di sana ditampilkan beberapa menu untuk mengatur bot baru yang dibuat tadi. Kamu lengkapi dengan klik satu per satu dari menu tersebut, misalnya saja Edit Bot atau Bot Settings.
  10. Selesai.

Dengan begitu kamu sudah berhasil membuat board di Telegram secara gratis tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

2. Membuat Board Lewat ManyBot

Membuat Board Lewat ManyBot
Membuat Board Lewat ManyBot

Sementara untuk cara buat board di Telegram kedua ini kita bisa menggunakan Channel ManyBot yang juga bisa difungsikan untuk tempat membuat bot baru Telegram gratis. Langkah-langkahnya juga terbilang sangat mudah, bahkan kamu yang masih pemula pun tidak akan kesulitan untuk menerapkannya.

Sebenarnya ManyBot berfungsi untuk meneruskan tugas dari BotFather. Bot yang sudah dibuat di BotFather, nantinya kita akan mendapatkan Token API dan memasukkannya di ManyBot. Dari ManyBot ini bisa melakukan beberapa aktivitas, seperti broadcast, menambahkan game, menambahkan command dan lain sebagainya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah pertama kamu buka aplikasi Telegram seperti biasa di HP.
  2. Kemudian buka Channel BotFather seperti cara sebelumnya. Pada halaman channel tersebut, kamu ketik perinta /mybot dan klik tombol Kirim.
  3. Akan muncul nama board telegram yang sudah kita buat sebelumnya. Kamu klik saja pada nama bot tersebut, lalu pilih menu API Token. Selanjutnya Copy API Token yang didapatkan di BotFather tersebut.
  4. Jika sudah, sekarang kembali lagi ke halaman awal Telegram dan klik menu Pencarian. Ketik kata kunci “manybot” lalu pilih channel ManyBot.
  5. Pada halaman obrolan di channel tersebut, kamu klik tombol Mulai dan pilih Bahasa English.
  6. Selanjutnya klik pada menu Create a New Bot dan pilih I’ve Copied the API Token.
  7. Kemudian Paste API Token yang sudah dicopy dari BotFather tadi dan klik tombol Kirim.
  8. Di sini kamu bisa melakukan beberapa penambahan informasi bot dengan memilih About. Atau jika kamu sudah melakukannya di BotFather, maka bisa pilih Skip.
  9. Untuk melakukan broadcast, kamu klik Send New Post to Subscriber. Selain itu, kamu juga bisa melakukan custom lainnya pada bot yang dibuat tersebut sesuai kebutuhan.
  10. Selesai.

Cukup mudah bukan cara bikin board di Telegram di atas? Semua cara ini bisa dilakukan secara gratis tentunya dan tanpa aplikasi tambahan.

Penutup

Itulah tadi cara buat board di Telegram terbaru yang mudah tanpa aplikasi untuk pemula. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Anonymous Chat Telegram Error
Artikel SelanjutnyaPenyebab Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA dan Cara Mengatasinya
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini