Cara Convert File JPG ke PDF di HP Android

Cara Convert File JPG ke PDF – Dengan adanya HP android kita bisa dengan mudah melakukan berbagai aktivitas tanpa harus ribet lagi. Bahkan beberapa pekerjaan bisa menjadi lebih cepat dan instan berkat kehadiran HP android. Salah satu kelebihan HP android adalah karena banyaknya pilihan aplikasi bermanfaat dengan fungsinya masing-masing. Kehadiran aplikasi ini selain menghibur juga bertujuan untuk mempermudah kegiatan penggunanya di dunia nyata.

Cara Convert File JPG ke PDF
Cara Convert File JPG ke PDF

Dari sekian banyaknya aplikasi yang disediakan di Google Play Store, ada satu jenis aplikasi yang punya fungsi memudahkan pekerjaan yakni aplikasi pengubah format file. Dengan adanya aplikasi semacam ini, kamu bisa melakukan convert file ke berbagai macam ekstensi, misalnya dari JPG ke PDF. Khusus untuk melakukan convert file ke PDF, selain menggunakan aplikasi bisa  melalui situs khusus yang menyediakan layanan atau fitur tersebut. Yang pasti, jika melalui situs kamu perlu terhubung terlebih dahulu ke jaringan internet.

Baca Juga:

Tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara mengconvert file JPG ke PDF, padahal untuk melakukannya tidaklah sulit. Hanya butuh bantuan aplikasi atau situs tertentu, secara instan kamu sudah bisa mengubah file JPG jadi PDF. Jika masih bingung, berikut ini adalah beberapa cara mengubah file JPG jadi PDF di HP android bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Convert File JPG ke PDF di HP Android

Melakukan convert file JPG ke PDF dulu hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC atau komputer saja. Tetapi tidak untuk sekarang ini, kita sudah bisa mengconvert  file JPG jadi PDF hanya melalui genggaman smartphone. Adapun langkah-langkah untuk mengubah file JPG jadi PDF, di antaranya:

1. Menggunakan Aplikasi Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader & Editor
Xodo PDF Reader & Editor

Cara convert file JPG ke PDF di Android yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Xodo PDF Reader & Editor. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Xodo Technologies Inc. yang memang diciptakan khusus untuk mengubah berbagai jenis file menjadi PDF, termasuk juga convert Image JPG ke PDF. Selain itu, dengan aplikasi ini kamu juga bisa menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file.

Aplikasi Xodo PDF Reader & Editor juga punya ukuran cukup ringan, dan juga cukup populer digunakan. Terbukti aplikasi Xodo PDF Reader & Editor ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Untuk cara menggunakannya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu install aplikasi Xodo PDF Reader & Editor melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, langsung buka aplikasi tersebut. Untuk mengubah file image (JPG) menjadi PDF, klik ikon Plus (+) kemudian pilih opsi PDF from Image.
  • Selanjutnya kamu cari file JPG yang ingin kamu jadikan PDF, atau bisa juga langsung dari kamera HP.
  • Jika sudah, lanjut dengan menentukan lokasi file yang sudah dijadikan PDF nantinya, kemudian klik Select.
  • Selesai.

Dalam hal ini tidak hanya file gambar berekstensi JPG saja yang bisa kamu convert menjadi PDF, melainkan juga ekstensi lainnya seperti, JPEG, PNG, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Aplikasi JPG to PDF Converter

Aplikasi JPG to PDF Converter
Aplikasi JPG to PDF Converter

Selain aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama JPG to PDF Converter untuk melakukan convert file JPG menjadi format PDF. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Weeny Software dan manjadi salah satu aplikasi PDF Converter paling populer digunakan. Ukurannya juga hanya sebesar 5.2MB sehingga cukup ringan dijalankan.

JPG to PDF Converter juga punya tampilan antarmuka yang simple sehingga sangat mudah untuk dipahami. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu install aplikasi JPG to PDF Converter melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  • Selanjutnya kamu pilih file JPG yang ingin dijadikan file PDF, dalam hal ini kamu bisa memilih file tunggal atau folder yang berisi file JPG.
  • Sekarang kamu sesuaikan ukuran dari file hasil konversi PDF nantinya.
  • Jika dirasa sudah pas semua, sekarang langsung saja klik Convert to PDF.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai, file hasil konversi akan langsung tersimpan di memori HP.

3. Melalui Situs SmallPDF

Melalui Situs SmallPDF
Melalui Situs SmallPDF

Jika cara sebelumnya kita menggunakan aplikasi, beda lagi dengan cara convert file JPG ke PDF satu ini. Ya, di sini kamu bisa memanfaatkan situs khusus yang memang menyediakan layanan atau fitur convert file dari JPG ke PDF. Melakukan convert file di situs ini bisa dibilang sangat cepat dan mudah, dan file hasil convert bisa diunduh hanya dengan satu kali klik saja.

Untuk langkah-langkah mengubah file JPG menjadi PDF melalui situs SmallPDF, sebagai berikut:

  • Pertama kamu kunjungi situs SmallPDF melalui browser Google Chrome di HP android.
  • Selanjutnya klik Pilih File, cari file gambar JPG yang ingin kamu rubah ke PDF. File yang dipilih bisa hanya 1 atau banyak gambar.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai, kemudian lakukan kustomisasi file PDF. Mulai dari menentukan jenis kertas, bentuk kertas (lanskap atau potret), dan juga margin dalam PDF.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol BUAT PDF ANDA SEKARANG!
  • Tunggu proses konversi file hingga selesai. Sekarang kamu bisa klik tombol Unduh untuk mengunduh file hasil konversi dari JPG tadi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara convert file JPG ke PDF di HP android yang paling mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.