Cara Setting GPS Akurasi Tinggi Samsung

26
Setting GPS Akurasi Tinggi Samsung
Setting GPS Akurasi Tinggi Samsung

Setting GPS Akurasi Tinggi Samsung – HP Samsung banyak dipilih karena kualitas yang bagus, di mana HP dari Samsung ini terkenal kuat dan tahan lama. Bahkan meskipun HP sering jatuh atau ketindihan, namun performa kinerjanya tetap baik saat digunakan. Ini tidak lain karena Samsung menggunakan material yang berkualitas bagus sehingga membuat HP besutannya juga kuat. Meskipun demikian, HP Samsung umumnya dibanderol dengan harga cukup tinggi. Hanya beberapa seri HP dari brand Samsung yang ditawarkan dengan harga terjangkau, misalnya saja HP Galaxy A Series, Galaxy M Seris, dan juga Galaxy J Series.

Setting GPS Akurasi Tinggi Samsung
Setting GPS Akurasi Tinggi Samsung

HP Samsung juga dibekali dengan beragam fitur canggih di dalamnya yang akan membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Misalnya saja fitur keamanan berupa kunci layar yang disediakan dalam beberapa pilihan atau mode kunci. Mulai dari mode pola kunci, password, sidik jari, hingga pindai wajah. Kamu bisa pilih mode kunci layar mana saja sesuai kebutuhan dan kenyamananmu dalam mengoperasikan HP. Selain itu, terdapat pula fitur khusus yang memungkinkan akurasi lokasi di Google Maps ditingkatkan sehingga penunjukan lokasinya lebih tepat.

Baca Juga:

Berbicara mengenai peningkatan akurasi lokasi di Google Maps Samsung, hal ini penting sekali. Salah satunya digunakan untuk memudahkan saat ingin mengirim atau menerima paket. Kurir tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasimu, sehingga paket akan lebih cepat sampai. Atau jika kamu sebagai penjual, kurir penjemputan juga bisa lebih mudah menemukan lokasimu. Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum tahu cara setting GPS akurasi tinggi di Samsung android. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Setting GPS Akurasi Tinggi Samsung

Peningkatan akurasi GPS di HP Samsung biasanya tergantung dengan kualitas sinyal yang diberikan dari HP. Agar lebih maksimal disarankan untuk menggunakan jaringan wifi untuk membuat akurasi GPS HP menjadi lebih maksimal. Jika memang hanya bisa menggunakan sinyal kartu seluler, maka bisa memilih kartu seluler yang memiliki sinyal paling kuat di lokasimu saat ini.

Umumnya penentuan lokasi pengguna akan memanfaatkan fitur GPS yang disediakan di dalam HP-nya. Sinyal GPS nantinya akan dikirimkan ke satelit, dan dari sini lokasi pengguna akan ditemukan dan memudahkan untuk share lokasi. Sayangnya, terkadang lokasi yang ditemukan tidak sesuai dengan lokasi pengguna saat ini. Karena itulah, pentingnya untuk mengaktifkan Mode GPS Akurasi Tinggi di HP agar lokasi yang ditemukan lebih akurat.

Setidaknya ada 2 cara mudah untuk mengatur GPS akurasi tinggi di HP Samsung, yakni dengan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Kedua cara tersebut sama mudahnya untuk diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara settings GPS akurasi tinggi Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

1. Aktifkan GPS Akurasi Tinggi di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Aktifkan GPS Akurasi Tinggi di HP Samsung Tanpa Aplikasi
Aktifkan GPS Akurasi Tinggi di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Untuk cara yang pertama ini kita akan memanfaatkan fitur Mode GPS Akurasi Tinggi yang disediakan di HP Samsung. Jadi, kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan di HP Samsung tersebut. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah terhubung ke jaringan internet yang cepat dan stabil, disarankan untuk menggunakan jaringan wifi.

Cara 1. Atur Akurasi Lokasi Lewat Pengaturan

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Settings atau Pengaturan di HP Samsung milik Anda.
  2. Pada halaman utama Pengaturan, selanjutnya kamu pilih submenu Location atau Lokasi.
  3. Selanjutnya aktifkan fitur lokasi tersebut dengan klik tombol slider yang ada di sebelah kanan tulisan Lokasi.
  4. Jika sudah aktif, selanjutnya klik opsi Tingkatkan Akurasi.
  5. Nantinya akan muncul dua opsi di saja, yakni Pemindaian Wi-Fi dan Pemindaian Bluetooth. Kemudian Anda aktifkan kedua opsi tersebut dengan menggeser tombol slidernya.
  6. Selesai.

Sekarang kamu tinggal cek di Google Maps, apakah akurasi lokasinya sudah benar atau masih terlalu jauh. Biasaya dengan cara di atas akurasi GPS di HP Samsung akan lebih akurat.

Cara 2. Atur Akurasi Lokasi Lewat Quick Panel

  1. Langkah yang pertama usap layar HP Samsung dari atas ke bawah hingga ditampilkan Quick Panel di layar.
  2. Selanjutnya Anda aktifkan GPS di HP Samsung dengan klik pada ikon Lokasi.
  3. Jika sudah aktif, sekarang kamu tekan dan tahan pada ikon Lokasi tersebut hingga nantinya akan ditampilkan halaman pengaturan lokasi di layar HP.
  4. Kemudian pilih opsi Tingkatkan Akurasi.
  5. Lalu aktifkan opsi Pemindaian Wi-Fi dan Pemindaian Bluetooth dengan cara menggeser tombol slidernya.
  6. Selesai.

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama di atas. Hanya saja cara mengakses fitur lokasinya yang berbeda.

Cara 3. Lakukan Kalibrasi GPS di Samsung

Sementara jika cara di atas masih tidak membuat akurasi tingkat tinggi GPS diaktifkan, maka kamu bisa melakukan kalibrasi GPS. Caranya sangat mudah dan diklaim cukup ampuh untuk meningkatkan akurasi GPS di HP android, termasuk di HP Samsung.

  1. Buka aplikasi Google Maps di perangkat smartphone Samsung.
  2. Pastikan jaringan internet di HP sudah diaktifkan, disarankan untuk menggunakan jaringan wifi.
  3. Pada halaman Google Maps, kamu akan menemukan titik biru bulat dengan sorotan yang menunjukkan lokasi kamu saat ini.
  4. Untuk mengaktifkan akurasi tinggi, kamu klik pada ikon titik biru dengan soratan tersebut.
  5. Informasi Lokasi Anda akan ditampilkan di sana, selanjutnya pilih tab Kalibrasikan atau Calibrate.
  6. Sekarang kamu lakukan gerakan seperti membentuk angka delapan sambil memegang HP Samsung tersebut. Contoh gerakannya sudah ditampilkan di sana, tinggal kamu ikuti sesuai instruksi.
  7. Lakukan beberapa kali hingga muncul notifikasi Kalibrasi Berhasil Dilakukan. Secara otomatis Akurasi Tinggi akan langsung diaktifkan, ditandai dengan sorotan yang ada di titik biru tadi yang lebih menyempit.
  8. Selesai.

Catatan: Untuk mematikan Akurasi Tingkat Tinggi GPS sudah diaktifkan, kamu klik lagi pada titik biru di Google Maps tadi. Kemudian pilih tab Kalibrasikan, di sana akan tertulis Akurasi Tinggi.

2. Aktifkan GPS Akurasi Tinggi di HP Samsung dengan Aplikasi

Aktifkan GPS Akurasi Tinggi di HP Samsung dengan Aplikasi
Aktifkan GPS Akurasi Tinggi di HP Samsung dengan Aplikasi

Sementara untuk metode yang kedua ini kita perlu menambahkan aplikasi di HP Samsung. Ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untik meningkatkan akurasi lokasi di HP Samsung. Salah satunya adalah aplikasi bernama GPS Fix. Untuk cara penggunaan aplikasi tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi GPS Fix terlebih dahulu di HP Samsung.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut. Apabila aplikasi meminta izin akses, kamu berikan saja izin aksesnya dengan klik Izinkan.
  3. Pada halaman utama GPS Fix, kamu akan melihat titik yang merupakan tanda lokasimu saat ini.
  4. Untuk meningkatkan akurasinya, kamu cukup klik pada tombol START FIXING dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi selesai melakukan pengakuratan.
  5. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara mudah setting GPS akurasi tinggi Samsung Android yang ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Reset Tablet Advan yang Paling Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Scan Barcode di Realme yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini