Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Terima SMS

Xiaomi Tidak Bisa Terima SMS – Sebagian besar pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan brand asal China, Xiaomi. Ya, di Indonesia produk dari Xiaomi sangat diminati dikarenakan harga banderolnya yang sangat terjangkau, termasuk untuk produk smartphonenya. HP dari Xiaomi dijual dengan harga murah, namun dengan kualitas yang tidak murahan. HP Xiaomi cukup mumpuni saat digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas, baik itu menjalankan aplikasi ataupun game. Inilah alasannya kenapa banyak orang tertarik untuk membeli HP dari Xiaomi.

Xiaomi Tidak Bisa Terima SMS
Xiaomi Tidak Bisa Terima SMS

Xiaomi juga telah menyematkan berbagai fitur menarik dan canggih di produk smartphone androidnya tersebut. Fitur-fitur ini akan membantu memudahkan aktivitas harian pengguna, serta memanjakan pengguna sehingga mereka lebih puas saat mengoperasikan HP Xiaomi. Berbasis MIUI, Xiaomi punya ciri khas tersendiri untuk soal tampilan grafisnya. Pengguna juga memungkinkan untuk mengubah tema HP Xiaomi sesuai keinginan melalui menu Tema yang disediakan.

Baca Juga:

Sama seperti smartphone lainnya, HP Xiaomi juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima SMS. Namun, terkadang ada masalah error yang terjadi pada HP Xiaomi saat digunakan untuk SMS-an. Salah satunya adalah HP Xiaomi tidak bisa terima SMS dari nomor lain. Ini tentunya akan menggnggu kenyamanan pengguna, apalagi jika SMS yang ingin diterima tersebut merupakan SMS penting, misalnya saja SMS kode verifikasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa terima SMS tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab HP Xiaomi Tidak Dapat Menerima SMS

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki masalah tidak bisa menerima SMS di HP Xiaomi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan masalah error tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu bisa melakukan perbaikan dengan lebih mudah dan cepat.

Adapun beberapa penyebab smartphone Xioami tidak bisa menerima SMS selengkapnya, sebagai berikut:

  • Nomor SMSC salah atau tidak diatur. SMSC merupakan serangkaian kode dari operator seluler yang berguna untuk meneruskan pesan atau SMS. Tanpa adanya kode tersebut, SMS tidak akan bisa dikirim maupun diterima di perangkat HP. Walaupun sudah diatur, tetapi kodenya salah maka SMS juga tidak akan bisa dikirim atau diterima.
  • Aplikasi Pesan error. Aplikasi Pesan di HP Xiaomi mungkin saja mengalami error sehingga tidak bisa menampilkan pesan atau SMS yang telah diterima. Tanda lainnya saat aplikasi Pesan dijalankan tiba-tiba keluar sendiri dan terdapat tulisan Aplikasi Pesan Telah Berhenti atau Terus Berhenti.
  • HP mengalami error system. Penyebab lainnya yakni HP Xiaomi itu sendiri yang mengalami masalah pada sistem atau softwarenya. Masalah error ini bisa terjadi karena aktivitas pengguna atau memang dari sistem android itu sendiri.
  • Gangguan pada jaringan operator seluler. Dan penyebab yang terakhir adalah karena terjadinya gangguan pada jaringan operator seluler yang kamu gunakan. Mungkin karena adanya perbaikan jaringan, cuaca buruk, atau hal yang lainnya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Terima SMS

Xiaomi Tidak Bisa Menerima SMS
Xiaomi Tidak Bisa Menerima SMS

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah HP Xiaomi yang tidak bisa menerima SMS. Tidak sulit, bahkan kamu yang masih pemula pun sangat dimungkinkan bisa melakukannya. Adapun cara mudah memperbaiki HP Xiaomi tidak bisa terima SMS selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP Android

Cara yang paling mudah untuk mengatasi HP Xiaomi tidak dapat terima SMS adalah dengan melakukan restart atau mulai lagi. Cara satu ini diklaim sangat ampuh mengatasi berbagai masalah error ringan pada perangkat android, termasuk masalah tidak bisa kirim dan terima SMS.

2. Mengatur Ulang Nomor SMSC

SMSC atau Pusat Layanan Pesan Singkat pada HP android harus diatur dengan benar. Dengan demikian aktivitas layanan pesan singkat akan berjalan lancar, tidak akan lagi terjadi gangguan saat mengirim maupun menerima SMS. Namun, sebelumnya kamu harus tahu dulu nomor SMSC dari masing-masing operator jaringan seluler, di antaranya:

  • Nomor SMSC Telkomsel : +6281100000
  • Nomor SMSC XL : +62818445009
  • Nomor SMSC Indosat IM3 Ooredoo : +62855000000
  • Nomor SMSC Indosat (Mentari) : +62816124
  • Nomor SMSC Axis : +628315000032
  • Nomor SMSC 3 (Three) : +6289644000001
  • Nomor SMSC Smartfren : +628811223344

Pastikan pengaturan SMSC di kartu SIM yang kamu gunakan sudah sesuai dengan kode atau nomor di atas. Jika memang berbeda, bisa dipastikan inilah yang menjadi penyebab utama HP Xiaomi tidak bisa mengirim dan menerima SMS. Adapun langkah-langkah untuk mengatur nomor pusat layanan SMS di HP Xiaomi, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setelan di HP Xiaomi.
  2. Kemudian masuk ke opsi APL.
  3. Selanjutnya kamu klik pada Setelan Sistem Aplikasi.
  4. Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Pesan.
  5. Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Setelan Tambahan.
  6. Untuk mengatur nomor SMSC, kamu klik pada opsi Pusat Layanan Pesan Singkat / SMSC. Sekarang masukkan nomor SMSC sesuai milik operator seluler yang kamu gunakan.
  7. Simpan pengaturan tersebut. Nantinya SMS akan langsung bisa diterima di HP Xiaomi.
  8. Selesai.

3. Hapus File Cache dan Data Aplikasi Pesan

Mungkin yang menjadi masalah utamanya adalah aplikasi Pesan yang mengalami error sehingga SMS tidak dapat diterima. Sebaiknya kamu lakukan penghapusan file cache atau sampah yang tersimpan di aplikasi tersebut. Lebih lanjut kamu juga bisa sekaligus menghapus file data aplikasi jika memang masih terjadi error.

Untuk langkah-langkah menghapus file cache dan data aplikasi Pesan di Xiaomi, yakni:

  • Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setelan.
  • Kemudian klik pada opsi APL atau Aplikasi Terinstal.
  • Sekarang kamu cari aplikasi Pesan.
  • Klik pada menu Penyimpanan.
  • Kemudian klik Hapus Cache, dan konfirmasi penghapusan cache dengan klik Oke. Apakah SMS sudah bisa diterima?
  • Kalau belum, kamu bisa lanjut klik tombol Hapus Data. Konfirmasi penghapusan data dengan klik Oke.
  • Biasanya aplikasi Pesan tidak akan mengalami error lagi setelah menerapkan cara ini.
  • Selesai.

Catatan: Menghapus data aplikasi Pesan akan menghapus semua riwayat SMS dan pengaturan yang ada di dalamnya. Jika memang ada SMS penting, maka kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa terima SMS beserta beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini