Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Nyala Paling Ampuh

Xiaomi Tidak Bisa Nyala – Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone asal China yang cukup terkenal saat ini, khususnya di Indonesia. Produk HP dari Xiaomi terkenal dengan harganya yang sangat murah jika dibandingkan dengan HP dari brand lainnya. Inilah yang menjadi daya tarik utama bagi para pengguna, khususnya dari kalangan menengah ke bawah. Karena harga produknya yang gila-gilaan tersebut, Xiaomi sering disebut dengan brand perusak harga pasar. Parahnya lagi, karena kegilaan Xiaomi ini memaksa brand besar sekelas Samsung menghadirkan HP dengan harga murah pula agar tidak kalah pamor.

Xiaomi Tidak Bisa Nyala
Xiaomi Tidak Bisa Nyala

Harga murah yang diberikan oleh Xiaomi mungkin bisa dibilang setara dengan produk HP yang dihadirkannya. Beberapa pengamat smartphone banyak yang berpendapat HP dari Xiaomi masih banyak kekurangan untuk soal hardware dan software. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pengguna yang mengalami masalah kerusakan pada smartphone Xioami mereka. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi adalah HP Xiaomi yang tidak bisa menyala, bahkan mati total.

Baca Juga:

Masalah HP Xiaomi yang tidak dapat menyala seperti ini tentunya sangat menyebalkan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan HP Xiaomi tidak menyala, baik itu faktor dari HP itu sendiri atau faktor pengguna. Apa pun penyebabnya, yang terpenting di sini adalah bagaimana cara untuk memperbaiki masalah tersebut. Tidak perlu terburu-buru ke tukang servis HP, kamu bisa mencoba memperbaiki HP Xiaomi tidak bisa nyala sendiri terlebih dahulu.

Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Nyala yang Paling Umum

Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa faktor yang menyebabkan HP Xiaomi tidak mau menyala. Dan HP yang tidak bisa menyala ini juga memiliki kondisi yang berbeda-beda, di antaranya:

  • Layar HP mati tetapi saat dicharger masih bisa mengisi daya.
  • Layar HP mati dan saat dicharger hanya bergetar, serta tidak muncul tampilan mengisi daya. Dalam hal ini biasanya lampu LED HP masih menyala dan berkedip.
  • HP mati total dan tidak mengeluarkan tampilan apa pun saat dicharge (tidak masuk).
  • HP hanya berhenti di logo Robot Xiaomi, tidak mau ke Home.

Beberapa kondisi di atas yang cukup sering dialami oleh pengguna Xiaomi. Dan beberapa kondisi tersebut tentunya beda-beda penyebabnya, di antaranya:

  • HP mengalami overheat. Overheat atau terlalu panas akan menyebabkan HP hang bahkan mati dengan sendirinya. Biasanya ini terjadi ketika pengguna mengoperasikannya dalam waktu lama, bahkan ada beberapa yang sambil mengecas HP.
  • HP kehabisan baterai. Mungkin karena terlalu asyik bermain HP sampai tidak menghiraukan daya baterainya. Baterai HP sampai kosong dan ngedrop, dalam kondisi ini HP biasanya tidak mau menyala.
  • HP terjatuh. Baik terjatuh ke air atau permukaan yang padat, kedua kondisi ini bisa menyebabkan HP mati total.
  • Kerusakan pada komponen HP. HP Xiaomi terdiri dari komponen hardware yang saling terhubung. Jika ada salah satu komponen mengalami kerusakan, maka ini akan menganggu kinerja HP. Bahkan lebih parahnya HP tidak bisa dinyalakan lagi. Misalnya saja kerusakan pada baterai HP.
  • Penggunaan charger tidak ori. Ini mungkin yang sering dilakukan banyak pengguna Xiaomi. Di mana jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka akan membuat komponen HP tidak normal khususnya baterai. Pada tingkat lanjut HP tidak akan berfungsi sebagaimana biasanya, bahkan bisa saja mati total.
  • System android error. Dan penyebab terakhir yang terjadi pada sistem atau software android, di mana jika terjadi error atau bug akan menyebabkan HP tidak berfungsi bahkan mati total.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Nyala

Xiaomi Tidak Bisa Dinyalakan
Xiaomi Tidak Bisa Dinyalakan

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara mudah mengatasi smartphone Xiaomi tidak bisa dihidupkan, di antaranya:

1. Menekan Tombol Power Agak Lama

Cara yang pertama untuk mengatasi HP Xioami yang mati adalah dengan menekan tombol Power selama beberapa waktu. Cara ini bisa dilakukan jika HP mati sendiri ketika kamu mengoperasikannya. Mungkin dalam hal ini HP mengalami overheat atau terlalu panas atau bisa juga karena HP ngedrop karena kehabisan baterai.

Untuk mengatasinya kamu colokkan charger pada HP dan pastikan HP mengisi daya. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu tekan tombol Power pada HP Xiaomi agak lama sampai HP bergetar dan masuk ke booting. Biasanya HP akan menyala lagi dan biarkan sampai baterai terisi penuh.

2. Mengisi Daya Baterai

Trik yang kedua yakni dengan men-charging HP sampai baterainya penuh. Lakukan pengisian daya tersebut selama kurang lebih 1 hingga 2 jam, tergantung dari tipe HP Xiaomi yang kamu punya. Jika sudah penuh, coba nyalakan HP dengan menekan tombol Power selama beberapa detik sampai HP menyala.

Cara ini bisa kamu lakukan jika HP mati namun masih bisa mengisi daya. Kondisi seperti ini mungkin terjadi karena baterai HP habis. Bisa juga karena terlalu sering menggunakan charger tidak ori sehingga membuat baterai dan komponen HP error.

3. Mendiamkan HP Xiaomi

Jika kedua cara di atas masih belum berhasil mengatasi HP Xiaomi yang mati total, maka cara ketiga ini bisa dijadikan alternatif. Cara ini bisa dilakukan untuk HP yang mati dan masih bisa mengisi saat dicharging. Namun, menekan lama tombol Power tidak bisa membuatnya nyala.

Caranya kamu lepaskan semua komponen yang bisa dilepas pada HP Xiaomi, seperti baterai, kartu SIM, dan juga SD Card. Untuk HP Xiaomi dengan baterai tanam, kamu perlu melepas casing belakang HP terlebih dahulu dan cukup melepaskan kabel baterai yang tertancap pada socket.

Jika sudah dilepas semua, kamu biarkan HP beberapa saat, bisa 10 menit hingga 1 atau 2 jam tergantung kebutuhan. Sekarang kamu pasang kembali komponen HP yang dilepas tadi, kemudian coba nyalakan lagi HP dengan menekan tombol Power. Biasanya HP Xiaomi akan menyala dan normal lagi.

4. Mengganti Charger HP

HP yang tidak bisa menyala mungkin dikarenakan charger HP yang kamu gunakan tidak berfungsi alias rusak. Untuk masalah satu ini kamu bisa mencoba charging HP Xiaomi dengan menggunakan charger lain. Pastikan charger yang kamu gunakan adalah charger ori sesuai tipe HP Xiaomi yang kamu miliki.

Lakukan charging selama 2 hingga 3 jam, menyesuaikan kondisi HP. Jika baterai sudah penuh, sekarang lepaskan charger dan nyalakan lagi HP Xiaomi. Cara ini bisa kamu terapkan jika HP mati total namun masih bisa mengisi daya baterai.

5. Mengganti Baterai HP

Kemungkinan lainnya HP Xiaomi mati dan tidak dapat menyala dikarenakan baterai yang mengalami error atau kerusakan. Baterai HP sama dengan komponen lainnya, di mana ia juga bisa saja rusak. Tanda-tanda baterai HP yang bermasalah adalah saat dicharging baterai cepat sekali penuh dan saat digunakan sebentar HP akan langsung mati karena kehabisan daya. Beberapa tanda lain juga sering terjadi dan tidak diketahui apa yang menyebabkannya.

Solusi terbaiknya adalah dengan mengganti baterai Xiaomi dengan baterai baru. Pastikan kamu menggunakan baterai yang sama dan sesuai dengan tipe HP Xiaomi tersebut. Jika memang benar masalah utamanya ada pada baterai, dengan cara ini HP akan langsung menyala kembali.

6. Factory Reset HP Xiaomi

Untuk cara yang ke-6 ini khusus dilakukan jika HP hanya stuck di logo Mi dan tidak mau masuk ke Home. Untuk melakukan reset HP Xiaomi tersebut, yakni:

  • Matikan HP Xiaomi yang berhenti di tampilan logo Mi selama dengan menekan tombol Power selama beberapa saat.
  • Kemudian nyalakan lagi dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan sampai HP bergetar dan muncul tampilan di layar.
  • Kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode. Selanjutnya arahkan pilihan ke opsi Wipe & Reset. Untuk menavigasi pilihan kamu bisa gunakan tombol Volume dan untuk eksekusi gunakan tombol Power.
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe All Data, kemudian pilih Yes. Tunggu sampai proses reset selesai.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu pilih opsi Reboot System Now. Nantinya HP akan menyala kembali.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa nyala beserta beberapa faktor yang menyebabkannya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini