Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Menyimpan Kontak

Xiaomi Tidak Bisa Menyimpan Kontak – Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang terkenal dengan produknya yang super murah. Dijual dengan harga murah, namun kualitas yang dihadirkannya cukup mumpuni. HP Xiaomi sangat cepat dan handal saat digunakan untuk menjalankan aktivitas berat, seperti menjalankan banyak aplikasi, main game berat dan aktivitas lainnya. Xiaomi tidak hanya menyasar kalangan menengah ke bawah saja, beberapa produknya ada juga yang dikhususkan untuk target kalangan atas.

Xiaomi Tidak Bisa Menyimpan Kontak
Xiaomi Tidak Bisa Menyimpan Kontak

Layaknya smartphone android lainnya, Xiaomi menyematkan berbagai fitur keren ke dalam produknya. Fitur-fitur ini dihadirkan dengan tujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan smartphone, serta agar mereka juga semakin termanjakan. Salah satu fitur yang disediakan di HP Xiaomi yakni fitur penyimpanan kontak. Fitur seperti ini bisa dibilang merupakan fitur wajib pada setiap perangkat HP. Ini berhubungan dengan fungsi utama HP yakni sebagai alat komunikasi.

Baca Juga:

Berbicara mengenai fitur kontak, terkadang pengguna mengalami masalah pada fitur tersebut di perangkat smartphonenya. Masalah yang dimaksud yakni HP Xiaomi tidak bisa menyimpan kontak baru di dalamnya. Entah apa yang menjadi penyebabnya, tentunya ini akan mengganggu kenyamanan pengguna dalam mengoperasikan smartphone. Masalah tidak bisa simpan kontak baru ini tidak hanya terjadi pada aplikasi Buku Kontak atau Telepon saja, melainkan bisa merambat ke aplikasi lain seperti WA, Telegram dan semacamnya. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi HP Xiaomi tidak bisa menambah kontak baru tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Jenis-jenis Kondisi Kontak Tidak Bisa Disimpan di Xiaomi

Ada beberapa kondisi di mana pengguna tidak bisa menyimpan kontak baru di HP Xiaomi. Dan kondisi ini sendiri bisa disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda pula. Untuk bisa mengatasi masalah ini, kamu harus tahu kondisi kenapa HP Xiaomi tidak bisa menyimpan kontak baru. Adapun kondisi HP Xiaomi tidak bisa simpan nomor kontak baru selengkapnya, sebagai berikut:

  • Tidak tersedia tombol untuk menyimpan. Saat ingin menambahkan kontak baru di HP Xiaomi, ternyata tombol simpan yang seharus ada di bagian bawah tampilan sekarang menghilang. Yang ada hanya tombol Batal, yang artinya jika dipilih maka kontak baru tidak akan ditambahkan atau disimpan.
  • Kontak baru gagal disimpan karena memori penuh. Kontak baru yang ditambahkan terjadi kegagalan saat disimpan. Dalam hal ini di layar muncul notifikasi yang memberitahukan bahwasannya penyimpanan kontak di HP sudah penuh.
  • Kontak tidak muncul di aplikasi pihak ketiga. Saat menambahkan nomor baru di aplikasi pihak ketiga, di sana tidak muncul kontak yang sudah ditambahkan tersebut. Misalnya saja menyimpannya di WhatsApp, namun saat dicari kontak tersebut tidak ditemukan.
  • Menu Kontak terus berhenti. Dan kondisi yang terakhir pengguna tidak bisa menyimpan kontak baru karena menu Kontak di HP yang telah berhenti atau terus berhenti.

Penyebab Xiaomi Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

Sekarang lanjut ke beberapa faktor yang bisa menyebabkan HP Xiaomi tidak bisa simpan kontak baru di dalamnya. Dengan mengetahui beberapa faktornya kamu nantinya akan lebih mudah mengatasi masalah tersebut. Dan juga hal ini bisa dijadikan pencegahan agar masalah tidak bisa simpan kontak tidak terulang lagi. Adapun penyebab tidak bisa tambah kontak di Xiaomi selengkapnya, sebagai beriktu:

1. Melebihi Batas Maksimal Penyimpanan Kontak

Tidak banyak yang tahu bahwasannya ada batasan tersendiri pada sebuah smartphone dalam hal penyimpanan kontak baru. Ada beberapa metode yang disediakan di Xiaomi untuk menyimpan kontak, yakni menyimpan di SIM Card, memori internal dan juga Mi Cloud. Ketiga penyimpanan tersebut memiliki batas yang berbeda-beda untuk hal menyimpan data kontak.

Untuk SIM Card jumlah maksimal kontak yang bisa disimpan mencapai 250 kontak. Sementara untuk penyimpanan di memori internal jumlah maksimalnya bisa mencapai 1000 kontak. Mungkin saja kamu sudah melebihi batas maksimal tersebut sehingga kontak baru tidak bisa lagi ditambahkan.

2. Penggunaan Tema yang Tidak Cocok

Di Xiaomi pengguna dimungkinkan untuk mengganti tema default dengan tema lain yang bisa didownload sendiri. Namun, terkadang ada jenis tema yang tidak kompatibel dengan perangkat Xiaomi saat diterapkan.

Dikarenakan tidak cocok, beberapa fitur di HP justru menghilang. Termasuk juga fitur untuk menyimpan kontak baru yang tidak muncul di layar sehingga pengguna tidak bisa menambahkan kontak baru.

3. Menu Kontak Error

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi Kontak atau Panggilan di HP Xiaomi juga bisa saja mengalami error. Misalnya saja aplikasi Kontak yang terus berhenti atau keluar sendiri. Pada kondisi ini pengguna tentu tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut, termasuk dalam hal menyimpan kontak baru.

4. Nama dan Nomor Kontak Tidak Valid

Untuk yang selanjutnya ini mungkin agak jarang dialami oleh pengguna, namun bisa juga menjadi penyebab kontak tidak dapat disimpan. Nama yang terlalu panjang sehingga perangkat tidak bisa menyimpan kontak baru yang ditambahkan tersebut.

Selain itu, bisa juga karena nomor yang dimasukkan tidak valid, misalnya digit nomor yang terlalu banyak. Umumnya nomor HP terdiri dari 10 hingga 12 digit. Jika melebihi dari ketentuan tersebut tentunya nomor tidak bisa disimpan ke kontak.

5. Aplikasi Pihak Ketiga Error

Dan penyebab yang terakhir adalah aplikasi pihak ketiga yang mengalami error sehingga tidak bisa memunculkan kontak baru. Misalnya saja aplikasi WhatsApp, di mana ketika ditambahkan kontak baru ternyata tidak muncul di daftar kontak WhatsApp.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

Xiaomi Tidak Bisa Simpan Kontak Baru
Xiaomi Tidak Bisa Simpan Kontak Baru

Setelah mengetahui beberapa penyebab Xiaomi tidak dapat menyimpan kontak baru, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah tersebut, di antaranya:

1. Memasukkan Nama dan Nomor yang Valid

Seperti yang dijelaskan di atas, nama kontak yang tidak valid juga bisa menjadi penyebab kontak tidak bisa disimpan. Jangan terlalu panjang memasukkan nama kontak, yang penting kamu bisa mengingatnya.

Selain itu, pastikan nomor yang kamu masukkan sudah benar dan terdiri 10 hingga 12 digit angka.

2. Mengembalikan ke Tema Default

Cara ini khusus dilakukan jika kontak tidak bisa disimpan di Xiaomi terjadi ketika kamu sudah mengganti tema di HP tersebut. Mungkin saja tema yang diterapkan tidak cocok atau tidak kompatibel dengan seri perangkat HP Xiaomi yang kamu punya.

Pada sebuah kasus pengguna tidak bisa menyimpan kontak di Xiaomi dikarenakan tombol Simpan Kontak menghilang. Dan setelah ia mengganti tema Xiaomi ke tema bawaan atau default, akhirnya tombol tersebut muncul lagi dan masalah tidak bisa simpan kontak baru sudah teratasi.

3. Hapus Cache dan Data Kontak

Untuk cara ketiga ini bisa dilakukan jika masalah tidak bisa simpan kontak dikarenakan aplikasi Kontak yang telah berhenti atau force close. Untuk menghapus cache aplikasi Kontak di Xiaomi, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi System Apps, pilih Semua Aplikasi.
  • Sekarang cari dan pilih pada aplikasi Kontak.
  • Setelah itu masuk ke opsi Penyimpanan
  • Dan terakhir klik Hapus Cache.

Jika memang masih tidak bisa, maka kamu bisa menghapus data aplikasi Kontak. Langkah-langkahnya sama dengan di atas, hanya saja pada langkah terakhir kamu pilih Hapus Data. Untuk melakukan penghapusan data, pastikan kamu sudah membackup semua data yang di menu Kontak terlebih dahulu.

4. Menyimpan Kontak ke Mi Cloud

Tidak bisa menyimpan nomor kontak baru karena melebihi batas maksimum kontak? Untuk masalah ini kamu bisa mencoba memindahkan data kontak di HP ke Mi Cloud. Pastikan juga ruang memori Mi Cloud masih tersedia. Jika penuh, tentunya penyimpanan data kontak juga tidak akan bisa berhasil.

5. Install Ulang Aplikasi Pihak Ketiga

Jika masalah kontak tidak tersimpan terjadi pada aplikasi pihak ketiga, maka kamu perlu menginstal ulang aplikasi tersebut. Misalnya kontak baru yang tidak muncul di aplikasi WhatsApp.

Pastikan kamu menginstall ulang aplikasi pihak ketiga tersebut melalui Google Play Store. Sebelum melakukannya kamu perlu melakukan backup atau pencadangan data agar data aplikasi tidak hilang.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mudah mengatasi Xiaomi tidak bisa menyimpan kontak baru yang mudah dan praktis. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini