Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Memutar Video

Xiaomi Tidak Bisa Memutar Video – HP Xiaomi terkenal dengan harga jualnya yang terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan HP dari brand lainnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa HP dari Xiaomi laris manis di pasaran, termasuk di Indonesia. Harga murah tidak hanya diterapkan pada HP low-end dan mid-end saja, HP flagship dari Xiaomi juga dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Meskipun murah, namun performa kinerja dari HP Xiaomi ini terbilang mumpuni dan responsif.

Xiaomi Tidak Bisa Memutar Video
Xiaomi Tidak Bisa Memutar Video

Layaknya HP android dari brand lainnya, HP Xiaomi juga dibekali dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. Fitur-fitur ini dihadirkan untuk memanjakan para pengguna ketika mengoperasikan smartphone Xiaomi. Salah satu fitur yang bisa ditemukan di HP Xiaomi adalah fitur pemutar video. Adanya fitur ini pengguna tidak perlu lagi menginstall aplikasi pemutar video tambahan. Fitur pemutar video dari Xiaomi ini sendiri diberi nama Mi Video yang memungkinkan untuk memutar berbagai format video yang ada saat ini.

Baca Juga:

Akan tetapi, pada kondisi tertentu Mi Video di Xiaomi ini mengalami error sehingga tidak bisa memutar video dengan baik. Video yang ingin diputar tidak bisa terbuka, atau bisa terbuka namun videonya tidak mau berputar alias ngeblank. Masalah seperti ini memang bisa saja dialami oleh pengguna dan cara mengatasinya pun cukup mudah. Di bawah ini sudah dirangkumkan bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa memutar video tersebut.

Penyebab Tidak Bisa Memutar Video di HP Xiaomi

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki masalah Xiaomi tidak bisa memutar video, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Dengan demikian kamu bisa dengan lebih mudah melakukan perbaikan dan mencegahnya agar masalah ini dialami lagi. Adapun beberapa penyebab HP Xiaomi tidak dapat memutar video selengkapnya, sebagai berikut:

  • Terlalu banyak file cache di HP. File cache atau sampah yang terlalu menumpuk di memori internal HP, terkadang menyebabkan HP error. Salah satunya menyebabkan HP tidak memutar video dengan baik.
  • Aplikasi Mi Video error. Fitur pemutar video Xiaomi alias Mi Video bisa saja mengalami error, sehingga ia tidak mampu memutar video yang ingin ditonton oleh pengguna.
  • Format video tidak didukung. Mi Video diklaim mendukung berbagai format video yang ada saat ini. Mungkin karena hal lain sehingga beberapa format video lain tidak support saat diputar di Mi Video yang menyebabkan video tidak tampil.
  • Aplikasi Galeri Xiaomi Error. Pengguna biasanya memutar video dengan mengaksesnya lewat menu Galeri. Ketika diputar, videonya tidak mau jalan yang menandakan telah terjadi masalah pada menu tersebut.
  • File video corrupt. Faktor lain video tidak bisa diputar di Xioami yakni kamu video tersebut mengalami corrupt. File video yang corrupt bisa terjadi pada saat proses download video atau hal lain yang membuatnya seperti ini.
  • Aplikasi pemutar video sudah usang. Menggunakan aplikasi pemutar video dalam versi lawas akan ada banyak error yang dialami, termasuk tidak bisa memutar video dengan baik.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Memutar Video

Tidak Bisa Memutar Videodi HP Xiaomi
Tidak Bisa Memutar Video di HP Xiaomi

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi error pada saat memutar video di HP Xiaomi. Caranya sangat mudah, bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya. Berikut ini cara memperbaiki Xiaomi tidak bisa memutar video selengkapnya, yakni:

1. Restart HP Xiaomi

Cara yang paling mudah untuk mengatasi HP Xiaomi error saat memutar video yakni dengan melakukan restart. Cara satu ini akan mampu mengatasi berbagai masalah error ringan pada HP, termasuk gagal memutar video.

Tidak hanya itu saja, setelah melakukan restart performa kinerja HP akan lebih cepat dan responsif. Ini karena file cache yang munumpuk di memori akan dihapus sehingga ruangnya lebih lega.

2. Mengapus File Cache dan Data Aplikasi Mi Video

Masalah error saat memutar video di Xiaomi mungkin disebabkan oleh aplikasi Mi Video yang bermasalah. Solusinya kamu bisa menghapus file cache dan file data pada apliaksi Mi Video tersebut agar tidak lagi terjadi error. Pertama kamu bisa mencoba menghapus file cachenya dulu, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  2. Kemudian masuk ke opsi Kelola Aplikasi atau Aplikasi Terinstall.
  3. Setelah itu, kamu cari dan pilih aplikasi Mi Video.
  4. Selanjutnya klik Hapus Data yang ada di bawah tampilan.
  5. Kemudian pilih Bersihkan Cache.

Sekarang coba putar videonya lagi seperti biasa. Apakah masih error? Jika ia, maka kamu bisa melanjutkan dengan penghapusan data, caranya:

  1. Lakukan cara yang sama dari langkah 1-3 di atas.
  2. Kemudian kamu klik tombol Hapus Data.
  3. Selanjutnya klik tombol Hapus Semua Data, dan konfirmasi dengan klik OK.
  4. Selesai.

Biasanya aplikasi Mi Video yang error akan kembali normal dan sudah bisa memutar video lagi.

3. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi Galeri

Jika yang kamu alami tidak bisa memutar video melalui menu Galery di Xiaomi, maka cara ini bisa diterapkan. Hampir sama dengan cara kedua di atas, namun kali ini yang perlu dihapus cache dan datanya adalah menu Galeri. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Settings atau Setelan di HP Xiaomi.
  2. Kemudian klik pada opsi Aplikasi Terinstall atau Kelola Aplikasi.
  3. Cari menu Galeri dari daftar aplikasi, dan klik untuk membukanya.
  4. Selanjutnya kamu klik tombol Hapus Data yang ada di bawah tampilan.
  5. Kemudian klik Bersihkan Cache.

Coba lagi untuk memutar video dari menu Galeri. Jika masih tidak bisa, maka bisa lanjut dengan menghapus data. Berikut langkah-langkahnya, yakni:

  1. Lakukan langkah 1-3 seperti di atas.
  2. Pada halaman kelola aplikasi Galeri, kamu klik tombol Hapus Data.
  3. Kemudian pilih opsi Hapus Semua Data.
  4. Konfirmasi penghapusan data dengan klik tombol OK.

Setelah melakukan cara di atas, biasanya menu Galeri yang error akan berjalan normal lagi. Memutar video biasanya tidak akan lagi terjadi error.

4. Mengganti format Video

Kemungkinan lainnya video yang tidak bisa diputar di Xioami karena formatnya yang salah atau tidak support di HP Xiaomi. Solusi terbaiknya yakni dengan mengganti format video dengan format yang umum digunakan. Penggantian format video ini disebut dengan konversi atau convert.

Melakukan convert video bisa dilakukan dengan dua metode, yakni menggunakan aplikasi android dan melalui situs convert video online. Beberapa aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk mengonversi format video, di antaranya:

Sementara jika kamu ingin melakukan konversi format video melalui situs online, berikut ini beberapa pilihannya:

5. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Cara lainnya untuk mengatasi video tidak bisa diputar di Xiaomi yakni dengan mengupdate aplikasi pemutar video ke versi terbaru. Dalam hal ini yang digunakan adalah Mi Video, maka kamu perlu mengupdatenya ke versi yang paling baru.

Mengupdate aplikasi Mi Video bisa kamu lakukan langsung dari Google Play Store. Mengupdate aplikasi tidak hanya bisa mengatasi masalah error dan bug, melainkan juga memungkinkan untuk kamu menikmati fitur baru yang disediakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Xiaomi tidak bisa memutar video yang paling ampuh dan mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini