Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Kirim SMS

Xiaomi Tidak Bisa Kirim SMS – Layanan Short Massage Service atau yang disingkat dengan SMS mungkin sudah mulai ditinggalkan sekarang ini. Banyak pengguna yang lebih tertarik untuk beralih ke aplikasi chatting online untuk urusan berkirim pesan. Aplikasi chatting online lebih kaya fitur yang akan memanjakan penggunanya. Di aplikasi chatting online ini pengguna tidak hanya bisa mengirim pesan teks saja, melainkan juga bisa melampirkan emoticon, stiker, foto, video, pesan suara dan jenis file lainnya.

Xiaomi Tidak Bisa Kirim SMS
Xiaomi Tidak Bisa Kirim SMS

Meskipun demikian, layanan SMS masih sangat berguna bagi beberapa kalangan. Terlebih lagi untuk sistem tertentu, membutuhkan layanan SMS sebagai sarananya. Misalnya saja untuk verifikasi kode, di mana kode ini biasanya akan dikirimkan ke nomor pengguna melalui layanan SMS yang diklaim lebih aman. Namun, layanan SMS tidak selamanya berjalan dengan lancar. Terkadang ada beberapa kendala yang membuat SMS tidak bisa terkirim atau diterima oleh nomor tertentu.

Baca Juga:

SMS tidak bisa dikirim atau diterima ini bisa terjadi pada semua tipe HP, termasuk HP Xiaomi. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan HP Xiaomi tidak dapat mengirimkan SMS. Mengetahui faktor penyebabnya tersebut akan lebih memudahkan kamu saat akan mengatasinya. Adapun beberapa cara untuk mengatasi smartphone Xiaomi tidak bisa kirim SMS selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab SMS Tidak Bisa Kirim di HP Xiaomi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang menyebabkan HP Xiaomi tidak bisa mengirim maupun menerima SMS. Adapun penyebab Xiaomi tidak bisa kirim SMS selengkapnya, sebagai berikut:

  • Tidak mengatur nomor pusat SMSC atau nomor salah. Nomor pusat SMSC merupakan kode unik yang berfungsi untuk memperkuat serta meneruskan pesan SMS. Kode ini sendiri berbeda-beda untuk setiap operator dan biasanya akan tersetting secara default. Namun, terkadang pengguna perlu mengatur nomor pusat SMSC tersebut agar SMS bisa dikirim atau diterima.
  • Aplikasi SMS error. Masalah SMS yang tidak dapat dikirim bukan hanya karena kesalahan nomor pusat SMSC, melainkan juga karena aplikasi Pesan yang error. Misalnya menu Pesan di Xiaomi yang telah berhenti atau terus berhenti. Bisa juga masalah error lainnya yang membuat SMS tidak terkirim.
  • Gangguan jaringan. Penyebab lainnya dikarenakan faktor gangguan pada jaringan operator seluler yang kamu gunakan. Mungkin sedang dilakukan perbaikan jaringan atau kondisi cuaca buruk sehingga jaringan seluler mengalami gangguan.
  • Kesalahan mengatur mode jaringan. Dan penyebab tidak bisa kirim SMS di Xiaomi yang terakhir yakni karena salah mengatur mode jaringan di perangkat. Misalnya saja kamu mengatur jaringan SIM card menjadi 4G Only, di mana beberapa layanan pesan masih menggunakan jaringan 2G atau 3G untuk pengiriman pesan SMS.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Kirim SMS

Xiaomi Tidak Bisa Mengirim SMS
Xiaomi Tidak Bisa Mengirim SMS

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah tidak bisa kirim SMS tersebut. Sangat mudah sebenarnya untuk mengatasi masalah ini, bahkan kamu yang masih awam pun bisa melakukannya. Adapun beberapa cara mudah memperbaiki HP Xioami tidak bisa kirim SMS selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengatur Nomor Pusat Layanan Pesan Singkat (SMSC)

SMSC atau Short Massage Service Center terkadang perlu ditambahkan atau diatur secara manual oleh pengguna. Mungkin karena tindakan tertentu, baik disengaja ataupun tidak membuat nomor layanan SMSC tersebut terhapus atau berganti dengan nomor yang salah. Sehingga mengakibatkan pengiriman SMS tidak bisa dilakukan alias SMS tidak terkirim.

Untuk mengatur nomor pusat layanan SMS di HP Xiaomi terbilang sangat mudah, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setelan di HP Xiaomi.
  2. Pada halaman Pengaturan tersebut kamu cari dan pilih opsi APL.
  3. Kemudian klik pada opsi Setelan Sistem Aplikasi.
  4. Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Pesan.
  5. Pada halaman tersebut kamu klik pada opsi Setelan Tambahan.
  6. Kemudian pilih opsi Pusat Layanan Pesan Singkat atau SMSC.
  7. Selanjutnya kamu tinggal masukkan nomor SMSC sesuai dengan operator seluler yang kamu gunakan.
  8. Jika sudah, sekarang kamu simpan pengaturan tersebut dan cobalah untuk mengirimkan SMS lagi. Biasanya SMS akan langsung terkirim seperti biasanya.
  9. Selesai.

Untuk kode SMSC masing-masing operator seluler berbeda-beda, pastikan kamu memilih nomor yang sesuai dengan kartu SIM yang kamu gunakan. Adapun nomor Pusat Layanan Pesan Singkat beberapa operator jaringan di Indonesia, di antaranya:

  • Nomor SMSC Telkomsel : +6281100000
  • Nomor SMSC XL : +62818445009
  • Nomor SMSC Indosat IM3 Ooredoo : +62855000000
  • Nomor SMSC Indosat (Mentari) : +62816124
  • Nomor SMSC Axis : +628315000032
  • Nomor SMSC 3 (Three) : +6289644000001
  • Nomor SMSC Smartfren : +628811223344

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi Pesan

Cara yang kedua ini bisa diterapkan jika yang terjadi adalah aplikasi Pesan yang terus berhenti atau keluar sendiri (Force Close). Untuk masalah satu ini terjadi karena aplikasi Pesan yang mengalami error. Untuk mengatasinya kamu perlu menghapus file cache atau sampah yang tersimpan di dalamnya.

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Xioami.
  • Kemudian klik pada opsi APL atau Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Pesan.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan, kemudian klik Hapus Cache. Konfirmasi penghapusan file cache dengan klik Oke.
  • Kemudian lanjut untuk menghapus data dengan cara klik Hapus Data. Konfirmasi dengan klik Oke.
  • Selesai

Sekarang kamu bisa coba mengirim lagi pesan atau SMS di HP Xiaomi. Sebelum menghapus data Pesan, pastikan kamu sudah melakukan backup data dulu jika memang ada data pesan yang dianggap penting.

3. Mengubah Mode Jaringa di HP Xiaomi

Salah satu cara agar bisa menikmati jaringan internet dengan lebih cepat dan stabil yakni dengan melakukan lock jaringan 4G LTE Only. Namun, cara satu ini terkadang menimbulkan masalah baru di HP, misalnya saja SIM Card yang dilock jaringan 4G tidak bisa mengirim maupun menerima SMS.

Untuk mengatasinya, kamu perlu mengembalikan pengaturan jaringan SIM Card ke mode otomatis. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setelan.
  • Kemudian masuk ke opsi Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  • Selanjutnya kamu pilih kartu SIM yang error dan dilock jaringan 4G.
  • Kemudian pilih Tipe Jaringan Prioritas.
  • Dan kamu pilih mode jaringan 2G/3G atau Otomatis (4G/3G/2G).
  • Simpan pengaturan tersebut dan coba lakukan pengiriman SMS lagi.

Selain cara di atas, untuk mengatur mode jaringan seluler jika bisa dilakukan menggunakan kode rahasia, yakni:

  • Buka menu Panggilan di HP Xiaomi.
  • Kemudian kamu ketik kode dial *#*#4636*#*# lalu tekan Panggil.
  • Pada tampilan baru, kamu pilih Informasi Jaringan SIM 1 atau SIM 2 sesuai kartu SIM yang ingin diatur mode jaringannya.
  • Cari opsi dropdown Setel Jenis Jaringan yang Disukai, kemudian atur ke mode LTE/TD-SCDMA/UMTS.
  • Sekarang kamu coba lagi mengirim SMS.

Catatan: SMS tidak terkirim tidak hanya dialami karena error pada HP, melainkan juga bisa disebabkan jaringan operator seluler yang bermasalah atau sedang gangguan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Xiaomi tidak bisa kirim SMS beserta beberapa penyebab yang paling umum. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini