Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA

Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA – WhatsApp hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal mengirim dan menerima pesan atau chat. Chattingan di WhatsApp banyak dipilih dikarenakan pengguna tidak dikenai biaya kirim pesan seperti layanan SMS. Hanya saja pengguna diharuskan memiliki kuota internet agar bisa menikmati chattingan gratis di WhatsApp. Selain itu, chattingan lewat WhatsApp diklaim lebih seru karena pengguna juga bisa mengirim file media dan stiker lucu.

Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA
Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA

WhatsApp tidak hanya berguna untuk chattingan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara dan panggilan video. Pastinya semua aktivitas tersebut bisa dilakukan secara gratis, hanya perlu data internet agar bisa terhubung. Sama seperti layanan SMS, di WhatsApp pengguna juga memungkinkan untuk mengatur nada dering atau nada notifikasi ketika ada chat atau penggilan yang masuk. Nada dering atau nada notifikasi WA tersebut bisa disetting langsung melalui halaman Pengaturan yang ada di WhatsApp.

Baca Juga:

Terkadang pengaturan nada dering dan nada notifikasi WhatsApp terjadi kegagalan dan tidak diketahui apa penyebabnya. Masalah seperti ini bisa dialami di semua jenis perangkat smartphone, salah satu di HP Xioami. Saat ingin mengganti nada dering atau ringtone WA, hal ini tidak bisa dilakukan. Beberapa masalahnya seperti, pilihan nada dering tidak muncul, gagal saat mengganti nada dering, nada dering tidak berubah meskipun sudah dipilih, dan beberapa masalah lainnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi Xiaomi tidak bisa ganti nada dering WA tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp di Xioami Semua Tipe

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki masalah tidak bisa ganti nada dering WhatsApp di Xiaomi, terlebih dahulu kamu harus tahu tata cara penggantiannya. Mungkin saja kegagalan mengganti nada dering WhatsApp di Xiaomi tersebut dikarenakan kamu salah melakukannya. Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti nada dering WhatsApp di HP Xiaomi selengkapnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  2. Kemudian klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  3. Ada beberapa opsi yang muncul, di sini kamu pilih opsi Setelan atau Settings.
  4. Pada halaman setelan tersebut kamu pilih opsi Notifikasi atau Notification.
  5. Selanjutnya pilih notifikasi yang ingin diganti nada deringnya, baik itu Nada untuk Pesan, Grup atau Panggilan.
  6. Nantinya akan muncul layar pop up di bawah tampilan. Jika ingin menggunakan nada bawaan Xiaomi kamu pilih Tema atau Themes, lalu cari dan pilih nada dering yang ingin digunakan.
  7. Sementara jika kamu ingin menggunakan nada dering dari ringtone yang kamu download dari internet, maka pilih File Manager. Kemudian cara ringtone yang sudah kamu download tadi dan pilih sebagai nada dering.
  8. Sekarang kamu sudah berhasil mengganti nada dering WhatsApp di HP Xiaomi. Lakukan restart HP jika memang nada belum berubah.
  9. Selesai.

Catatan: Cara di atas berlaku untuk HP Xiaomi All Tipe. Nada dering bawaan Xiaomi bisa kamu cek di menu Tema atau Template. Sementara nada dering yang didownload sendiri bisa dicari langsung di menu File Manager.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA

Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WhatsApp
Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WhatsApp

Jika memang cara di atas sudah kamu lakukan dengan benar, namun nada dering WA di Xiaomi tetap tidak bisa diganti, maka perlu beberapa tindakan untuk mengatasinya. Adapun cara mudah memperbaiki masalah Xiaomi tidak bisa ganti nada dering WA atau WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus File Cache WhatsApp

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah di WhatsApp termasuk masalah tidak bisa mengubah nada dering yakni dengan menghapus file cache atau sampah. Terkadang file cache aplikasi yang menumpuk membuatnya menjadi error, termasuk aplikasi WhatsApp. Untuk cara penghapusan file cache aplikasi WhatsApp tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Settings atau Setelan.
  • Kemudian pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Pilih opsi Penyimpanan, kemudian klik pada opsi Hapus Cache.
  • Selesai.

Setelah dihapus cache, sekarang kamu coba lakukan lagi penggantian nada dering WhatsApp. Biasanya dengan cara ini aplikasi WA akan normal lagi.

2. Mengaktifkan Izin Notifikasi WhatsApp

Penyebab nada WA tidak bunyi atau tidak muncul di Xiaomi mungkin dikarenakan kamu mematikan perizinan notifikasi suara dan getar pada aplikasi tersebut. Solusinya yakni kamu perlu mengatifkan lagi izin notifikasi suara pada aplikasi WhatsApp, caranya sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.
  • Pada halaman Kelola APL, kamu cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Scroll ke bawah, kemudian kamu klik pada opsi Notifikasi.
  • Selanjutnya kamu aktifkan izin pada opsi Notifikasi Layar Kunci, Suara, dan Getaran. Caranya cukup dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan.
  • Selesai.

Dengan cara ini notifikasi nada dering WhatsApp akan aktif dan berfungsi secara normal.

3. Menghapus Data Aplikasi WhatsApp

Jika kedua cara di atas masih belum ampuh untuk mengatasi masalah penggantian nada dering WA, cara ketiga ini bisa dijadikan alternatif. Di sini kamu harus menghapus semua data yang ada di WhatsApp. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan backup data WhatsApp sebelum melakukannya. Aplikasi akan kosong seperti saat kamu pertama kali menginstallnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian klik tombol Hapus Data. Konfirmasi penghapusan data WhatsApp dengan pilih OK.
  • Selesai.

Setelah selesai menghapus data WhatsApp, selanjutnya kamu buka lagi aplikasi tersebut dan masuk lagi menggunakan nomor WhatsApp yang kamu punya. Restore data WhatsApp jika memang diperlukan, kemudian lakukan lagi penggantian nada dering WA. Biasanya setelah pengahapusan data, masalah error di WA akan teratasi.

4. Update Aplikasi WhatApp ke Versi Terbaru

Mungkin saja masalah tidak bisa mengganti ringtone WhatsApp di Xiaomi dikarenakan aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan sudah usang alias versi lawas. Cara untuk mengatasinya yakni dengan memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka Googe Play Store di HP Xiaomi.
  • Klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan, kemudian pili opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  • Masuk ke opsi Update Tersedia, kemudian cari aplikasi WhatsApp.
  • Klik tombol Update atau Perbarui yang ada di sebelah kanan aplikasi WhatsApp.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.

Selain cara di atas, ada trik lain untuk mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi baru yakni dengan menguninstall aplikasi WA terlebih dahulu. Kemudian lakukan install ulang aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi Xiaomi tidak bisa ganti nada dering WA yang paling mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini