Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

64
Xiaomi Tidak Bisa Disentuh
Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Xiaomi Tidak Bisa Disentuh – Xiaomi terkenal dengan produk smartphone androidnya yang dibanderol dengan harga cukup murah, jika dibandingkan dengan HP dari merek lainnya. Meskipun murah, namun Xiaomi membekali produk smartphone androidnya tersebut dengan spesifikasi mumpuni. Hal ini tentunya membuat performa HP Xiaomi menjadi cukup cepat dan responsive, mengoperasikannya akan terasa nyaman. Baik itu, untuk keperluan bermain game, berselancar di dunia maya, streaming video, dan aktivitas lainnya.

Xiaomi Tidak Bisa Disentuh
Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Tidak hanya itu saja, beberapa dukungan fitur canggih juga disematkan pada perangkat smartphone Xiaomi. Fitur-fitur ini yang akan membantu memudahkan berbagai aktivitas pengguna, yang tentunya juga meningkatkan mobilitas mereka di kehidupan sehari-hari. Sudah ada banyak seri HP android dari Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia khususnya. Beberapa ada yang dibanderol dengan hanya murah dan ada pula yang harganya lumayan tinggi. Khususnya untuk HP Xiaomi keluaran terbaru, dukungan spesifikasi terkini disematkan guna untuk memuaskan pengguna dan menyesuaikan dengan tren masa kini.

Baca Juga:

Lain dari itu, ada kalanya HP Xiaomi mengalami error sehingga akan menganggu performa kinerjanya. Misalnya saja error pada layar sentuh HP Xiaomi, dalam hal ini layar sentuhnya tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, bahkan tidak merespon sama sekali saat disentuh. Masalah seperti ini cukup membuat panik para pengguna, khususnya mereka yang masih awam dalam hal ini. Menurut mereka HP-nya tersebut sudah rusak dan tidak dapat dibetulkan lagi. Nyatanya layar sentuh HP Xioami yang tidak merespon ini masih bisa diperbaiki agar normal kembali. Berikut cara mengatasi Xiaomi tidak bisa disentuh selengkapnya bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Xiaomi Tidak Merespon saat Disentuh
Xiaomi Tidak Merespon saat Disentuh

Layar HP Xioami yang tidak bisa disentuh dan tidak ada respon seperti ini disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari karena layar HP tertekan benda berat, HP terjatuh, layar HP pecah, hingga masalah software yang membuatnya error. Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Adapun cara mudah mengatasi Xiaomi tidak bisa disentuh yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan Paksa HP Xiaomi

Cara yang pertama untuk memperbaiki masalah layar HP Xiaomi yang tidak bisa disentuh pertama yakni dengan mematikannya secara paksa. Bisa jadi layar HP yang tidak merespon tersebut dikarenakan hang atau macet. Baik itu, akibat terlalu banyak aplikasi yang berjalan, kesalahan multitasking, error pada sistem android, bug pada aplikasi, HP overheat atau panas berlebih dan lain sebagainya.

Untuk mematikan HP Xiaomi secara paksa bisa dilakukan dengan sangat mudah, yakni dengan menekan tombol Power selama beberapa detik hingga layar mati. Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan lagi HP seperti biasa dengan menekan tombol Power selama beberapa detik. Biasanya saat HP sudah menyala, layar HP sudah bisa berfungsi normal kembali.

2. Membersihkan Permukaan LCD HP Xiaomi

Cara lainnya yakni dengan melakukan pembersihan pada permukaan layar HP Xiaomi yang kotor atau berdebu. Debu dan kotoran yang menempel di layar ini bisa jadi mempengaruhi kualitas respon layar saat disentuh jari. Atau bahkan hal ini dapat menyebabkan layar tidak bisa disentuh sama sekali.

Untuk membersihkan layar HP Xiaomi bisa dengan menggunakan kain lap halus, seperti kain microfiber. Sementara untuk menghilangkan noda atau kotoran yang membandel, bisa menggunakan minyak kayu putih atau cairan khusus pembersih noda di kaca. Lakukan secara perlahan, jangan terlalu menekan layar HP karena ditakutkan akan merusak bagian dalam layar.

3. Melepaskan Pelindung Layar HP Xiaomi

Kebanyakan pengguna memberikan perlindungan tambahan pada layar HP-nya dengan menambahkan pelindung layar atau tempered glass. Bisa jadi karena pelindung layar yang digunakan tidak cocok dengan ukuran layar HP, sehingga mengakibatkan sensitivitasnya terganggu atau bahkan tidak merespon.

Atau juga karena jenis layar HP yang memang tidak cocok dipasangi pelindung layar, seperti layar EDGE. Untuk mengatasinya kamu perlu melepaskan pelindung layar tersebut. Harus berhati-hati saat melepas tempered glass dari layar HP agar tidak berdampak pada kerusakan layar atau komponen HP lainnya. Bersihkan juga permukaan layar saat pelindungnya sudah dilepaskan. Dengan begitu sensitivitas layar akan normal kembali dan bisa disentuh seperti biasa.

4. Matikan HP dan Lepaskan Komponen Eksternalnya

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan mematikan HP Xiaomi secara paksa. Kemudian lepaskan beberapa komponen eksternalnya, seperti baterai, SIM Card dan juga microSD-nya. Khusus untuk HP Xiaomi dengan dukungan baterai tanam, maka tidak perlu dilepas juga, cukup SIM Card dan memori eksternalnya.

Diamkan selama beberapa waktu, baik 30 menit hingga 1 jam. Jika sudah, pasang kembali komponen eksternal yang dilepas tadi, lalu hidupkan HP seperti biasa. Biasanya layar HP yang tidak merespon saat disentuh akan normal kembali.

5. Cek Kondisi Layar HP

Layar HP Xiaomi yang tidak merespon saat disentuh bisa disebabkan oleh 2 hal, yakni error pada sistem android atau kerusakan pada layar LCD itu sendiri. Jika kerusakan hanya karena adanya error sistem, maka layar masih bisa diperbaiki dengan mudah. Namun, jika kerusakan ada pada LCD HP, maka tidak ada cara lain dengan menggantinya.

Untuk mengecek kondisi layar LCD HP tersebut bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang bisa digunakan yakni bernama MultiTouch Tester yang dikembangkan oleh 511plus. Install dan jalankan aplikasi tersebut, kemudian lakukan tester.

Jika saat dites ternyata kondisi layar HP normal, maka kemungkinan layar yang tidak bisa disentuh dikarenakan error sistem android. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan reset atau mengembalikan ke pengaturan awal pabrik. Untuk cara mereset HP Xiaomi tersebut, yakni:

  • Pertama matikan HP Xiaomi secara paksa dengan menekan tombol Power selama beberapa detik hingga layar mati.
  • Kemudian hidupkan lagi HP dengan menekan kombinasi tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga muncul logo Mi di layar.
  • Lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut jika sudah muncul logo tersebut. Dan nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode.
  • Pada halaman tersebut, kamu arahkan pilihan ke menu Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk memilih menu.
  • Kemudian pilih opsi Wipe All Data, lalu lakukan confirm.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, kemudian pilih menu Reboot System Now.
  • Tinggal menunggu hingga HP masuk ke layar menu utama kembali.
  • Selesai.

Dan jika saat dites ternyata memang error terdapat pada komponen layar, maka cara mengatasinya dengan membongkar HP. Periksa kabel konektor LCD dan kabel fleksibelnya, pastikan menancap dengan benar. Jika masih tetap error, berarti kamu perlu melakukan penggantian layar LCD.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara ampuh mengatasi Xiaomi tidak bisa disentuh yang mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus
Artikel SelanjutnyaCara Bayar Iconnet PLN Lewat OVO di Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini