Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa ON di HP Android

15
Wifi Tidak Bisa ON
Wifi Tidak Bisa ON

Wifi Tidak Bisa ON – Kebutuhan akan internet semakin meningkat di jaman serba digital seperti sekarang ini. Internet telah hadir untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna, baik itu dalam hal bekerja, mencari informasi, kegiatan belajar mengajar hingga untuk sekedar hiburn. Internet sendiri bisa diakses dengan mudah melalui berbagai jenis perangkat, salah satunya adalah smartphone android. Perangkat satu ini memang sangat membutuhkan yang namanya koneksi internet, dikarenakan hampir semua aktivitas di dalamnya pasti menggunakan koneksi internet tersebut.

Wifi Tidak Bisa ON
Wifi Tidak Bisa ON

Untuk soal mengakses internet di smartphone android, salah satunya yang bisa dilakukan yakni dengan menghubungkannya ke jaringan wifi. Semua jenis dan tipe smartphone pasti sudah dibekali dengan fitur Wifi ini, baik itu smartphone keluaran baru ataupun keluaran lama. Berbeda dengan penggunaan data seluler, pengguna perlu menghubungkan HP ke jaringan wifi dengan cara memasukkan SSID dan juga passwordnya. Meskipun begitu, ada beberapa jenis jaringan wifi yang bebas diakses meskipun tanpa memasukkan password.

Baca Juga:

Berbicara jaringan wifi untuk smartphone android, terkadang HP mengalami masalah error saat penyambungannya. Salah satu masalah yang cukup sering dialami pengguna yakni fitur Wifi di HP tidak bisa dinyalakan. Sudah menekan tombol Wifi melalui status bar, akan tetapi tetap saja jaringan wifi di HP dalam keadaan OFF atau mati. Lantas, bagaimana cara mengatasi wifi tidak bisa ON di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Wifi Tidak Bisa ON di Smartphone Android

Penyebab Wifi Tidak Bisa ON
Penyebab Wifi Tidak Bisa ON

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi masalah wifi tidak mau nyala, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Ada beberapa faktor yang membuat jaringan wifi di HP android tidak bisa di-ON-kan. Mengetahui beberapa penyebabnya ini tentunya akan mempermudah kamu untuk mengatasinya. Adapun beberapa penyebab wifi tidak dapat menyala di HP androdi selengkapnya, sebagai berikut:

  • Sistem android bug atau error sehingga tidak bisa menjalankan fungsi jaringannya.
  • HP mengalami overheat atau suhu terlalu tinggi.
  • Efek dari aplikasi tertentu.
  • Aktivitas rooting HP android.
  • Virus atau malware yang menyerang sistem android.
  • Kerusakan pada komponen HP yang berhubungan dengan jaringannya.
  • Router wifi yang bermasalah.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa ON di HP Android

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi HP android tidak bisa terhubung ke wifi. Adapun cara mengatasi wifi tidak bisa ON di smartphone android tersebut, di antaranya:

1. Aktifkan Mode Pesawat di HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi wifi tidak dapat dinyalakan di HP android yakni dengan mengakifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Kamu bisa melakukan swipe layar dari atas ke bawah untuk memunculkan status bar. Kemudian klik pada ikon Mode Pesawat untuk mengaktifkannya.

Jika sudah aktif, sekarang Anda non-aktifkan atau matikan lagi Mode Pesawat tersebut dengan cara yang sama, yakni menekan ikonnya lewat status bar. Cara ini akan merestart jaringan yang ada di HP android. Setelah berhasil dimatikan, sekarang coba kamu hidupkan lagi jaringan wifinya. Biasa wifi di HP akan kembali normal dan bisa dinyalakan seperti biasa.

2. Lakukan Restart HP Android

Selain cara di atas, alternatif lainnya untuk mengatasi masalah wifi tidak bisa menyala di android yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang HP. Cara ini juga diklaim ampuh untuk mengatasi masalah pada jaringan wifi di HP tersebut. Setelah HP nyala kembali, kamu bisa menghidupkan jaringan wifinya.

Cara ini tidak hanya bisa mengatasi masalah error pada jaringan wifi di HP, melainkan juga berbagai jenis error ringan lainnya. Selain itu, melakukan restart HP juga akan mempercepat performa kinerjanya sehingga lebih responsive saat diberikan perintah.

3. Mematikan HP dan Melepas Komponen Eksternalnya

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi wifi yang tidak bisa ON, maka kamu bisa mencoba menerapkan cara satu ini. Kamu perlu mematikan HP android dan mendiamkannya beberapa saat hingga suhunya kembali stabil dan normal. Tidak hanya mematikan HP, kamu juga perlu melepas beberapa komponen eksternal seperti, SIM card, SD card, dan juga baterainya (khusus untuk HP dengan baterai bisa dilepas).

Istirahatkan HP selama beberapa saat, sekitar 30 menit hingga 1 jam. Jika sudah, sekarang kamu pasang lagi beberapa komponen eksternal yang sudah dilepas tadi. Kemudian nyalakan lagi jaringan wifinya, biasanya akan kembali normal seperti semula.

4. Mencoba Menghidupkan Wifi Lewat Pengaturan

Jaringan wifi yang tidak ON ini terjadi saat pengguna menghidupkannya melalui status bar. Sebagai alternatifnya, kamu bisa mencoba menghidupkan jaringan wifinya tersebut melalui menu Pengaturan atau Settings. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi wifi yang tidak bisa dinyalakan, yang mana statusnya tetap dalam keadaan OFF.

Untuk langkah-langkah menghidupkan wifi di HP melalui menu Pengaturan tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi.
  • Selanjutnya pilih opsi Wifi.
  • Sekarang kamu hidupkan jaringan wifi di HP dengan menggeser tombol Slidernya hingga menjadi ON atau Aktif.
  • Selesai.

5. Lakukan Unroot HP Android

Wifi yang tidak bisa dinyalakan tersebut terjadi setelah melakukan rooting HP android? Jika benar, bisa jadi ini merupakan efek dari aktivitas tersebut. Melakukan rooting HP android akan membuat sistem keamanannya rentan terhadap virus, malware dan hacker. Mungkin saja virus dan malware telah masuk ke sistem dan menyebabkan masalah wifi tidak bisa ON tersebut.

Solusinya, kamu bisa melakukan unroot HP android agar kembali normal. Untuk melakukan unroot HP android, kamu bisa menggunakan aplikasi rooting yang sebelumnya digunakan. Biasanya di dalamnya juga terdapat fitur untuk unroot HP. Jika tidak, kamu bisa menggunakan aplikasi unroot HP android yang bernama SuperSu.

6. Hapus Aplikasi yang Dicurigai

Pernah menginstall aplikasi dari luar Google Playstore di android? Bisa jadi aplikasi tersebut sebagai penyebab errornya jaringan wifi di HP. Apalagi jika aplikasi yang diinstall merupakan aplikasi yang sudah dimodifikasi atau aplikasi MOD. Terlebih lagi aplikasi ini membutuhkan akses root, yang mengharuskan kamu melakukan rooting HP android.

Jika benar adanya, kamu harus melakukan penghapusan atau uninstall pada aplikasi semacam ini. Caranya cukup dengan tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin dihapus tersebut, kemudian pilih Uninstall atau Hapus Instalasi. Atau bisa juga melakukan uninstall aplikasi melalui menu Pengaturan >> Aplikasi >> klik pada aplikasi yang ingin dihapus >> Hapus Instalasi.

7.  Lakukan Reset HP Android

Cara terakhir yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah jaringan wifi di HP tidak bisa ON yakni dengan melakukan reset. Kemungkinan wifi yang tidak bisa dinyalakan tersebut dikarenakan adanya error pada sistem android. Melakukan reset akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, sehingga semua masalah error akan teratasi.

Untuk cara melakukan reset HP android tersebut, salah satunya bisa dilakukan lewat menu Pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Kemudian klik opsi Reset.
  • Dan terakhir klik Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

Selain beberapa cara di atas, kemungkinan juga wifi yang tidak bisa dinyalakan di HP karena pengguna custom ROM. Untuk masalah ini kamu perlu melakukan flashing HP android untuk menormalkannya kembali. Atau bisa juga karena adanya kerusakan pada komponen jaringan di HP, sehingga perlu melakukan pembongkaran dan penggantian.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi wifi tidak bisa ON di HP android yang mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Keyboard Android Hilang Sendiri
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Web Terbuka Sendiri di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini