Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung di HP

151
Wifi Putus Nyambung di HP
Wifi Putus Nyambung di HP

Wifi Putus Nyambung di HP – HP android sudah menjadi salah satu perangkat gadget yang paling banyak diminati saat ini. Bahkan sebagian besar dari mereka tidak bisa terlepas dari penggunaan HP android tersebut. Hal ini dikarenakan HP android memungkinkan untuk mengerjakan berbagai perintah dari pengguna, sehingga aktivitas pengguna bisa lebih dipermudah. Dalam penggunaannya, HP android membutuhkan koneksi internet agar bisa berfungsi secara maksimal. Untuk menghubungkannya ke dinternet, kamu bisa menggunakan kuota data atau sambungan wifi.

Wifi Putus Nyambung di HP
Wifi Putus Nyambung di HP

Menghubungkan HP ke internet menggunakan kuota data bisa dibilang yang paling banyak dipilih oleh pengguna. Pasalnya, pengguna bisa tetap terhubung ke internet di mana pun mereka berada. Sementara jika menggunakan sambungan wifi, pengguna harus berada di tempat yang tercover jaringan wifi saja. Kecuali ia menggunakan Mifi atau Modem Wifi, maka perangkat tersebut bisa dibawa ke mana-mana sehingga pengguna tetap bisa terhubung ke jaringan internet.

Baca Juga:

Berbicara mengenai jaringan wifi, terkadang HP mengalami masalah error pada jaringannya tersebut. Salah satu masalah error yang sering dialami yakni sambungan wifi di HP android yang sering putus nyambung. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi sekali, melainkan berkali-kali yang tidak jarang membuat pengguna merasa kesal. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sambungan wifi di HP android sering putus nyambung. Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara mengatasi wifi putus nyambung di HP android tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyeban Sambungan Wifi Putus Nyambung di HP Android

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi sambungan wifi putus nyambung di smartphone android, terlebih dahulu kamu ketahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Hal ini berguna untuk mencegah HP mengalami putus nyambung koneksi wifinya, serta untuk mempermudah cara mengatasinya. Adapun beberapa penyebab Wifi di HP putus nyambung selengkapnya, sebagai berikut:

  • Sinyal wifi tidak terjangkau. Kita tahu, router yang digunakan untuk pemancar sinyal wifi memiliki batas jangkauan tersendiri. Mungkin kamu sedang berada di tempat yang jaraknya jauh dari router sehingga membuat HP tidak bisa menangkap sinyal wifi secara maksimal.
  • Bug pada sistem android. Pada sistem operasi android bisa saja terjadi bug atau crash. Hal ini bisa berpengaruh pada koneksi wifi di dalam HP.
  • Jaringan wifi bermasalah. Penyebab lainnya karena jaringan wifi atau server pusat yang mengalami masalah, tentunya ini juga berpengaruh pada penggunaan wifi di HP.
  • Router bermasalah. Router merupakan perangkat yang berfungsi untuk memancarkan sinyal wifi. Bisa saja perangkat tersebut mengalami masalah error sehingga membuat sinyal putus nyambung di HP.
  • Efek rooting HP android. Masalah lainnya adalah HP yang diroot sehingga menyebabkan sistem android error, termasuk pada koneksinya.

Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung di HP Android

Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung di HP
Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung di HP

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah sinyal wifi putus nyambung di HP android. Melihat dari beberapa penyebab di atas, kita bisa tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah error tersebut. Adapun cara mudah mengatasi sinyal wifi putus nyambung di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama bisa kamu lakukan untuk mengatasi wifi yang putus nyambung yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cara ini akan memulai ulang sistem android sehingga ia bisa bekerja lebih maksimal dari awal. Penyimpanan sementara di HP akan dihapus, ini akan membuat HP lebih responsive.

Setelah dilakukan restart, selanjutkan kamu hubungkan lagi HP ke jaringan wifi yang ada. Biasanya masalah putus nyambung seperti tadi tidak akan terjadi lagi.

2. Berada Lebih Dekat dengan Router Wifi

Sinyal lemah bisa menyebabkan koneksi wifi di HP menjadi putus nyambung dengan sendirinya. Untuk itu, kamu harus berpindah tempat yang lebih dekat dengan router atau perangkat modem dari wifi. Hal ini akan membuat HP lebih nyaman dalam menangkap sinyal yang dipancarkan oleh perangkat tersebut.

Usahakan kamu menaruh router wifi di area yang lapang dan bisa menjangkau semua ruangan di dalam rumah. Beberapa cara penempatan router wifi yang salah seperti, menaruh di ruangan tertutup (kamar) atau terhalang tembok, berada di dekat televisi, dan terlalu rendah penempatannya.

3. Restart Router Wifi

Cara lainnya untuk mengatasi sinyal wifi yang sering putus nyambung di HP yakni dengan melakukan restart pada perangkat router atau modem. Bisa saja router mengalami masalah error system sehingga perlu dilakukan cara ini. Biasanya setelah dilakukan restart masalah sinyal putus nyambung seperti tadi tidak akan dialami lagi.

Untuk cara melakukan restart router wifi yakni dengan menekan tombol Power (tombol ON/OFF) yang ada di bagian belakang bodinya. Tunggu sampai router mati, kemudian hidupkan lagi dengan cara menekan tombol yang sama.

4. Reset Router Wifi

Jika melakukan restart tetap saja sinyalnya putus nyambung, maka perlu dilakukan tindakan lanjutan yakni dengan melakukan reset router. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error berat pada jaringan wifi, termasuk sinyalnya yang lemah dan putus nyambung.

Untuk melakukan reset router atau modem wifi tentunya berbeda dengan cara di atas. Caranya kamu siapkan dulu tusuk gigi atau alat serupa lainnya, kemudian colokkan alat tersebut ke lubang reset yang ada di bagian belakang bodi router (biasanya ada di dekat tombol ON-OFF dan terdapat tulisan RESET). Pastikan lampu indikator router berkedip dan mati, kemudian hidup lagi beberapa saat setelahnya secara otomatis.

Setelah router berhasil di-reset, kamu bisa mencoba menyambungkan lagi HP ke jaringan wifi tersebut. Biasanya akan meminta password baru untuk bisa tersambung ke jaringan wifi tersebut. Kamu masukkan saja password default atau bisa mengecek password router di halaman admin wifi. Kamu bisa mengaksesnya melalui browser dan masuk menggunakan alamat IP dari router tersebut.

5. Unroot HP Android

Jika masalah wifi yang putus nyambung terjadi setelah HP android dilakukan rooting, bisa dipastikan masalah error tersebut diakibatkan oleh aktivitas ini. Sebagai solusi terbaiknya, kamu perlu melakukan unroot HP android atau mengembalikannya ke pengaturan semula.

Untuk melakukan unroot HP android, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk root HP sebelumnya. Biasanya di dalam aplikasi rooting HP ini disediakan pula fitur untuk melakukan unroot HP. Jika memang tidak tersedia, maka kamu bisa menggunakan aplikasi unroot HP android lain yang bisa didownload melalui Google Playstore. Salah satu aplikasi unroot HP android yang bisa kamu gunakan yakni bernama Super su Root Checker + Unroot.

6.  Lakukan Factory Reset HP Android

Masalah sinyal wifi putus nyambung di HP android bisa juga disebabkan karena HP yang bermasalah, khususnya pada bagian sistemnya. Untuk cara mengatasi masalah ini tentunya dengan melakukan factory reset. Cara ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik sehingga semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen. Untuk itu, sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu jika memang ada data penting di dalamnya.

Untuk cara melakukan factory reset HP android tersebut, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Matikan HP seperti biasa.
  • Hidupkan lagi HP dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik sampai muncul tampilan di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode.
  • Lanjutkan dengan pilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Kemudian pilih Reboot System Now.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mudah mengatasi sinyal wifi putus nyambung di HP android yang ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mudah Memperbaiki Speaker HP Terkena Air
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Tombol Home Tidak Berfungsi di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini