Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

17
WhatsApp Tidak Bisa Video Call
WhatsApp Tidak Bisa Video Call

WhatsApp Tidak Bisa Video Call – Aplikasi WhatsApp bisa dibilang sebagai salah satu paling populer di kalangan pengguna android. Dikembangkan oleh perusahaan Facebook Inc, WhatsApp berhasil menarik minat banyak pengguna smartphone dari seluruh dunia. Selain hadir untuk perangkat android, WhatsApp juga memungkinkan untuk dipasang di perangkat iPhone. Penggunaannya terbilang mudah dan praktis, WhatsApp bahkan sangat ramah dengan para pemula. Termasuk aplikasi gratis, aplikasi WhatsApp ini bisa kamu download dan install melalui Google Playstore.

WhatsApp Tidak Bisa Video Call
WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Bukan hanya sebagai aplikasi chatting online saja, aplikasi WhatsApp juga menyediakan fitur lain di dalamnya. Kamu bisa menggunakan WhatsApp untuk melakukan panggilan dengan pengguna lain, baik itu panggilan suara maupun panggilan video atau video call. Melakukan panggilan suara melalui WhatsApp, audio yang dikeluarkan terbilang jernih dan jelas. Disediakan pula fitur speaker yang akan memperjelas dan mengeraskan suara yang dikeluarkan. Sementara untuk aktivitas video call, kualitas video yang ditampilkan cukup jernih dan detail. Ini tentunya juga tergantung dengan kualitas jaringan internet digunakan di perangkat smartphone.

Baca Juga:

Untuk urusan video call, perangkat smartphone tentunya harus sudah dibekali dengan kamera depan atau kamera selfie. Meski demikian, pada HP yang dibekali dengan kamera depan dan belakang juga memungkinkan melakukan panggilan video di WhatsApp dengan kedua kamera secara bergantian. Jadi, kamu bisa memutar balikkan kamera yang digunakan, yakni depan dan belakang. Mengenai video call di WhatsApp, ada kalanya hal tersebut tidak bisa dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp tidak bisa video call tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Video Call
Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Aplikasi WhatsApp di HP android yang tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan video, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mengetahui faktor penyebabnya tersebut akan mempermudah cara untuk melakukan perbaikannya. Beberapa penyebab tidak bisa video call di WhatsApp tersebut, di antaranya:

  1. Koneksi internet yang bermasalah atau terputus di HP android.
  2. Aplikasi WhatsApp error atau terdapat bug di dalamnya.
  3. Izin akses WhatsApp yang dibatasi, baik izin akses ke Microphone ataupun Kamera.
  4. Aplikasi WhatsApp tidak diupdate ke versi terbaru.
  5. Nomor WhatsAppmu telah diblokir oleh seseorang yang ingin divideo call.
  6. Adanya error atau bug pada sistem android.
  7. Terjadi gangguan pada server pusat WhatsApp.

Penting untuk mengetahui beberapa penyebab di atas agar kamu lebih mudah dalam melakukan pengatasiannya. Adapun cara mudah mengatasi WhatsApp tidak bisa video call selengkapnya, sebagai berikut:

1. Periksa Koneksi Internet di HP Android

Cara yang pertama perlu kamu lakukan yakni memeriksa koneksi internet yang digunakan di perangkat smartphone android. Dikarenakan WhatsApp termasuk aplikasi online, jadi penggunaannya tentu membutuhkan koneksi internet yang lancar. Jika terjadi gangguan pada koneksi jaringan HP, sudah pasti WA tidak bisa digunakan untuk apa pun, termasuk video call.

Cobalah untuk mengetes koneksi HP dengan membuka browser, kemudian lakukan searching di sana. Jika memang sama tidak bisa mengakses internet, berarti memang benar koneksi internet di HP sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan salah satu cara di bawah ini.

  1. Lakukan restart HP android.
  2. Mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP android, kemudian menonaktifkannya kembali.
  3. Putuskan sambungan internet di HP (mematikan wifi / putuskan data), kemudian sambungkan kembali.

2. Berikan Izin Akses pada Aplikasi WhatsApp

Untuk melakukan panggilan video, aplikasi WhatsApp membutuhkan akses ke beberapa komponen atau fitur di HP, misalnya saja akses ke microphone dan kamera. Untuk jaga-jaga, kamu bisa memberikan izin akses ke semua fitur yang dibutuhkan oleh WhatsApp agar bisa menjalankan fungsinya dengan sempurna.

Untuk memberikan izin akses komponen dan fitur ke aplikasi WhatsApp tersebut, yakni:

  1. Pertama buka menu Pengaturan atau Settings di perangkat smartphone.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Apps.
  3. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp, maka kamu akan dibawa ke halaman Info Aplikasi WhatsApp.
  4. Selanjutnya klik pada opsi Izin Aplikasi.
  5. Di sana akan ditampilkan beberapa opsi izin akses untuk aplikasi WhatsApp tersebut. Kamu aktifkan izin akses ke semua komponen dan fitur yang dibutuhkan dengan cara menggeser tombol slidernya ke arah kanan, terkhusus pada fitur Kamera dan Microphone.
  6. Selesai.

Jika sudah diaktifkan izin aksesnya, sekarang kamu bisa mencoba kembali melakukan video call. Dengan begini biasanya error saat melakukan video call di WA tidak akan ditemukan lagi.

3. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Masalah tidak bisa video call di WA juga bisa disebabkan karena penggunaan aplikasi versi lawas di perangkat HP android. Seperti yang kita tahu, akan ada banyak bug atau error yang ditemukan pada aplikasi versi lama, bukan hanya WhatsApp. Untuk mengatasinya, paling ampuh dengan melakukan update atau pembaruan aplikasi ke versi terbaru.

Untuk cara mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi terbaru tersebut, yakni:

  1. Buka aplikasi Google Playstore di perangkat smartphone android.
  2. Kemudian klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  3. Selanjutnya pilih opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  4. Lanjutkan dengan klik pada menu Kelola.
  5. Lalu klik pada tab Update Tersedia.
  6. Di bawahnya kamu klik pada aplikasi WhatsApp, kemudian klik tombol Update atau Perbarui.
  7. Selesai.

Selain cara di atas, kamu bisa melakukan penghapusan aplikasi WhatsApp lalu instal ulang aplikasi tersebut. Namun, jika ingin menggunakan cara ini, kamu perlu melakukan pencadangan data WhatsApp terlebih dahulu. Dikarenakan cara tersebut akan menghapus semua data WhatsApp.

4. Menghapus Cache dan Data Aplikasi WhatsApp

Jika dengan cara di atas WA masih tidak bisa digunakan untuk video call, maka kamu bisa mencoba cara satu ini. Di sini kamu akan menghapus file cache yang tersimpan di aplikasi WhatsApp, di mana file ini memang sering menjadi penyebab error pada aplikasi android.

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Apps.
  3. Lanjutkan dengan cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Pada halaman Info Aplikasi WhatsApp, kamu klik opsi Penyimpanan atau Storage.
  5. Lalu klik tombol Hapus Cache atau Clear Cache.

Sementara jika menghapus cache aplikasi WhatsApp error saat video call tetap dialami, maka bisa lanjut menghapus data aplikasi.

  1. Caranya masuk ke halaman Info Aplikasi WhatsApp seperti cara di atas.
  2. Kemudian klik pada opsi Penyimpanan atau Storage.
  3. Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Data atau Clear Data.
  4. Dan konfirmasi penghapusan data WhatsApp dengan klik Hapus.

Menghapus data aplikasi WhatsApp akan membuatnya kembali kosong seperti awal menginstallnya. Untuk itu, kamu perlu mencadangkan data WhatsApp terlebih dahulu agar tidak kehilangan data penting di dalamnya.

5. Memperbaiki Bug pada Sistem Android

Penyebab lain WA tidak bisa melakukan video call yakni karena adanya bug atau error pada sistem android. Untuk mengatasinya bisa dengan beberapa cara, di antaranya:

  1. Mengupdate OS Android ke versi terbaru. Kunjungi halaman Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak. Jika memang tersedia versi terbaru, maka kamu lakukan download dan instal pembaruan.
  2. Melakukan reset HP android yang tentunya akan menghapus semua data dan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik.
  3. Melakukan flashing HP android yang tidak hanya mereset HP, melainkan juga memperbarui firmware atau ROM yang digunakannya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi WhatsApp tidak bisa video call yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Tanggal WhatsApp Tidak Akurat di Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini