Cara Mengatasi WhatsApp Call Tidak Ada Suara

38
WhatsApp Call Tidak Ada Suara
WhatsApp Call Tidak Ada Suara

WhatsApp Call Tidak Ada Suara – Bagi kalian pengguna smartphone android khususnya, pasti sudah sangat mengenal aplikasi WhatsApp. Ini merupakan salah satu aplikasi paling populer di dunia saat ini, peminatnya juga datang dari pengguna platform lain, iOS misalnya. WhatsApp punya daya tarik tersendiri bagi para pengguna, baik dari segi tampilannya, fitur yang disediakan hingga kegunaan atau fungsi dari aplikasi tersebut. WhatsApp bukan hanya sekedar aplikasi chatting online saja, melainkan lebih dari itu.

WhatsApp Call Tidak Ada Suara
WhatsApp Call Tidak Ada Suara

Di WhatsApp kita tidak hanya bisa chattingan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan. Baik itu panggilan suara maupun panggilan video, semua bisa dilakukan dengan mudah dan nyaman di WhatsApp. Untuk panggilan suara misalnya, kita tidak memerlukan pulsa, melainkan hanya perlu menyambungkan HP ke jaringan internet. Suara yang dihasilkan juga jernih, membuat nyaman saat teleponan. Sementara untuk panggilan video WhatsApp, gambar yang ditampilkan memiliki resolusi yang tinggi sehingga terlihat lebih jelas lawan bicara kita.

Baca Juga:

Perihal melakukan panggilan di WhatsApp, ada kalanya masalah error dijumpai oleh pengguna pada aplikasi WhatsAppnya tersebut. Misalnya saja suara yang tidak keluar saat melakukan panggilan suara maupun panggilan video di WhatsApp. Baik itu suara kita yang tidak dapat didengar oleh penerima, ataupun kita yang tidak bisa mendengar suara orang yang ditelepon. Kedua masalah tersebut berbeda, namun penangannya kurang lebih sama. Mengenai cara memperbaiki WhatsApp call tidak ada suara selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi WhatsApp Call Tidak Ada Suara

Penyebab WhatsApp Call Tidak Ada Suara
Penyebab WhatsApp Call Tidak Ada Suara

Panggilan di WhatsApp yang tidak ada suaranya, hal ini bisa disebabkan oleh beragam faktor. Yang pasti mengetahui beberapa penyebabnya tersebut akan memudahkan kita untuk melakukan perbaikan. Adapun beberapa penyebab WhatsApp tidak keluar suara saat melakukan panggilan selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Koneksi internet yang bermasalah di HP android.
  2. Aplikasi WhatsApp yang error atau terdapat bug.
  3. Izin akses Mikrofon yang tidak diaktifkan di WhatsApp.
  4. Speaker atau Mikrofon yang dalam keadaan nonaktif saat melakukan panggilan WhatsApp.
  5. Aplikasi WhatsApp tidak diperbarui ke versi terbaru.
  6. Adanya error atau bug pada sistem android.
  7. Kerusakan pada komponen mikrofon atau speaker di HP android.

Mengetahui beberapa penyebab di atas, tentunya kita bisa melakukan pencegahan lebih dini agar masalah yang sama tidak terulang lagi. Sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasi permasalahan pada aplikasi WhatsApp tersebut. Adapun cara mengatasi WhatsApp call tidak ada suara selengkapnya, sebagai berikut:

1. Periksa Koneksi Internet di HP Android

Cara yang pertama kamu perlu memeriksa koneksi jaringan internet di HP android. Kita tahu WhatsApp merupakan aplikasi berbasis online, jadi tentunya butuh koneksi internet yang lancar agar ia bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Jika memang koneksi internet di HP sedang lemot, maka kamu bisa mencoba menghubungkannya ke jaringan wifi.

Jika tidak ada jaringan wifi, cobalah untuk merestart jaringan di HP tersebut. Caranya dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP android. Tunggu beberapa saat, kemudian nonaktifkan lagi mode tersebut. Masih tetap lemot, mungkin saja jaringan operator dari kartu SIM yang kamu gunakan memang sedang ada gangguan. Tinggal menunggu sampai semuanya normal atau mengganti kartu SIM lain.

2. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi WhatsApp

File cache di WhatsApp bisa menjadi penyebab error pada aplikasi tersebut. Untuk itu, kamu perlu melakukan pembersihan secara rutin agar tidak terjadi error, termasuk panggilan WA yang tidak keluar suara.

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi atau Apps.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp yang ada di daftar, maka kamu akan dibawa ke halaman Info Aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Kemudian klik tombol Hapus Cache atau Clear Cache.
  • Selesai.

Sekarang coba lakukan panggilan lagi di WhatsApp, apakah masih tidak keluar suara? Jika iya, kamu bisa lanjut menghapus data aplikasi.

  • Caranya masuk ke halaman Info Aplikasi WhatsApp seperti cara di atas.
  • Kemudian pilih Penyimpanan atau Storage.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Data atau Clear Data.
  • Selesai.

Cara ini akan menghapus semua data di WhatsApp. Jadi, pastikan kamu telah melakukan backup data WhatsApp terlebih dahulu sebelum melakukannya.

3. Mengaktifkan Izin Akses pada Mikrofon di WhatsApp

Suara yang tidak keluar saat melakukan panggilan di WhatsApp, bisa jadi dikarenakan izin akses pada mikrofon yang belum diaktifkan. Untuk cara mengaktifkannya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama kamu tekan dan tahan ikon aplikasi WhatsApp di layar utama HP android.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi di atasnya, kemudian kamu pilih opsi Info Aplikasi WhatsApp. Maka halaman informasi WhatsApp akan ditampilkan.
  • Selanjutnya pilih opsi Izin Aplikasi.
  • Kemudian pilih opsi Mikrofon. Lanjutkan dengan klik opsi Izinkan.
  • Selesai.

4. Mengaktifkan Speaker atau Mikrofon saat Panggilan WhatsApp

Suara yang tidak keluar saat WhatsApp call, bisa jadi karena fitur Speaker dan Mikrofon yang tidak diaktifkan. Saat panggilan dengan teman WhatsApp berlangsung, di bagian pojok bawah tampilan terdapat ikon Speaker dan Mikrofon. Pastikan kamu telah mengaktifkan keduanya.

Biasanya dengan cara ini suara pada saat melakukan panggilan di WhatsApp akan keluar. Kamu tidak perlu melakukan apa pun, suara WhatsApp sudah normal kembali.

5. Update Aplikasi ke WhatsApp Terbaru

WhatsApp call yang error bisa dikarenakan aplikasi WhatsApp yang tidak diperbarui ke versi terbaru. Untuk itu, kamu perlu melakukan pembaruan aplikasi agar masalah error tersebut bisa diperbaiki.

Cara untuk update aplikasi WhatsApp bisa dengan mengunjungi halaman Google Playstore, lalu cari aplikasi WhatsApp. Selanjutnya klik tombol Update atau Perbarui yang ada di halaman WhatsApp.

6. Memperbaiki Error pada Sistem Android

Adanya error atau bug pada sistem android bisa juga menjadi penyebab lain suara tidak keluar saat panggilan di WhatsApp. Untuk melakukan perbaikan error pada sistem android ini bisa dengan melakukan update OS Android ke versi terbaru. Kamu bisa mengunjungi halaman Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak, kemudian download dan install pembaruan OS Android jika memang tersedia versi terbaru.

Jika masih tetap, cobalah untuk melakukan reset HP android. Cara ini akan menghapus semua data di memori internal dan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Karena itulah, lakukan pencadangan data terlebih dahulu jika ingin melakukannya.

7. Ganti Komponen Mikrofon dan Speaker

Coba cek apakah memang ada kerusakan pada mikrofon dan speaker HP tersebut. Untuk cek speaker HP, kamu bisa memutar musik di dalamnya. Jika sama tidak ada suara, berarti benar speaker HP sudah rusak. Sementara untuk mengecek mikrofon HP, cobalah untuk melakukan panggilan biasa. Jika sama suaranya tidak keluar, berarti mikrofon HP yang rusak.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi WhatsApp Call tidak ada suara beserta penyebabnya yang harus kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan
Artikel SelanjutnyaCara Cek Followers Instagram Asli atau Palsu Lewat HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini