Cara Mengatasi Web Terbuka Sendiri di HP Android

94
Web Terbuka Sendiri di HP
Web Terbuka Sendiri di HP

Web Terbuka Sendiri di HP – Mencari informasi bisa lebih mudah dilakukan melalui browser. Saat ini sudah ada banyak jenis browser yang bisa digunakan secara gratis dan melalui berbagai jenis perangkat, baik itu melalui smartphone, tablet, ataupun PC/laptop. Salah satu browser yang paling banyak digunakan sekarang ini yakni browser Google Chrome. Ini merupakan browser terbaik yang ringan dan kaya fitur buatan raksasa Google. Adanya fitur canggih di dalamnya tidak hanya membuat mudah pengguna saat browsing, melainkan memberikan kenyamanan tersendiri.

Web Terbuka Sendiri di HP
Web Terbuka Sendiri di HP

Melalui browser ini kita bisa mengunjungi berbagai website yang dibutuhkan. Namun, untuk mengaksesnya kamu perlu menghubungkan perangkat yang digunakan ke jaringan internet. Misalnya saja kamu menggunakan smartphone android untuk mengakses, maka penyambungan ke internet bisa menggunakan data seluler ataupun jaringan wifi. Perlu kuota internet jika kamu mengaksesnya menggunakan data seluler. Dan di HP android ini sendiri, kamu bisa menggunakan berbagai jenis browser untuk digunakan mengakses website, mulai dari Google Chrome, Opera, UC Browser, UC Mini, Mozilla Firefox dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai browser di HP, terkadang HP mengakses website dengan sendirinya. Padahal pada kondisi ini pengguna tidak melakukan apa pun, akan tetapi sebuah halaman website tiba-tiba muncul di layar HP. Masalah seperti ini bisa saja terjadi di semua jenis HP android, baik itu HP Samsung, OPPO, Xiaomi, Realme, VIVO, Huawei, Asus, Advan, Lenovo dan merek HP lainnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi web terbuka sendiri di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Website Terbuka Sendiri Tiba-Tiba di HP Android

Penyebab Web Terbuka Sendiri di HP
Penyebab Web Terbuka Sendiri di HP

Mengenai browser yang terbuka sendiri di HP android, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Yang pasti kamu perlu mengetahuinya agar nantinya bisa lebih mudah dalam penanganan masalah tersebut. Adapun beberapa penyebab web terbuka sendiri di HP tersebut, di antaranya:

  • Virus dan malware yang menyerang sistem android yang biasa dikenal dengan sebutan Adware. Ini merupakan virus berbentuk aplikasi yang bisa secara mandiri menginstall dirinya sendiri. Dan dalam kondisi lanjut virus ini bisa menjalankan aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna.
  • Aplikasi ilegal yang diinstall di perangkat android, baik itu aplikasi MOD atau aplikasi yang membutuhkan akses root.
  • Terjadinya error atau bug pada sistem android.

Cara Mengatasi Web Terbuka Sendiri di HP Android

Sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasi masalah website yang terbuka dengan sendirinya di HP android. Caranya cukup mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Adapun cara mengatasi masalah web terbuka sendiri di HP android, sebagai berikut:

1. Menginstall Aplikasi Antivirus

Cara yang pertama bisa kamu terapkan untuk mengatasi web atau browser tampil sendiri di HP android yakni dengan menginstall antivirus. Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu faktor yang menyebabkan masalah satu ini yakni karena virus atau malware. Untuk membasminya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi antivirus di perangkat android.

Saat ini sudah ada banyak jenis aplikasi antivirus yang bisa digunakan, yang mana masing-masing aplikasi memiliki keunggulan tersendiri. Aplikasi antivirus yang sudah dipasang di HP, selanjutnya kamu lakukan scanning untuk mendeteksi dan menemukan virus atau malware yang menyerang sistem android. Jika sudah ketemu, kemudian lakukan karantina atau penghapusan virus.

Beberapa jenis aplikasi antivirus terbaik di android yang paling direkomendasikan untuk kamu gunakan, di antaranya:

2. Uninstall Aplikasi yang Dicurigai

Munculnya browser secara tiba-tiba di HP android biasanya disebabkan oleh Adware yang menyusup ke dalam sistem HP secara tiba-tiba. Adware biasanya menginstall aplikasi secara mandiri dan menjalankannya secara mandiri pula. Lebih sering tampilannya menuju ke sebuah iklan yang berbasis website atau aplikasi lainnya. Aplikasi Adware biasanya juga tersembunyi di HP, kamu bisa menemukannya hanya melalui pengaturan aplikasi.

Solusi terbaiknya yakni dengan menghapus atau uninstall aplikasi yang dicurigai sebagai adware tersebut. Untuk cara menghapusnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi yang dicurigai sebagai adware dan ingin diuninstall.
  • Kemudian klik tombol Uninstall atau Hapus Aplikasi yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Lakukan konfirmasi penghapusan aplikasi dan sekarang aplikasi adware sudah berhasil dihapus.
  • Selesai.

Mungkin kamu bingung menentukan mana aplikasi adware yang menjadi penyebab browser terbuka sendiri di HP. Untuk mempermudah, kamu bisa mengetahuinya dari ciri-ciri yang dimiliki, di antaranya:

  1. Aplikasi adware biasanya memiliki nama yang random, bahkan tidak terbaca layaknya aplikasi biasa lainnya. Terkadang juga namanya kombinasi dari angka dan huruf, serta tanda khusus.
  2. Aplikasi adware juga memiliki icon aplikasi yang tidak jelas, gambarnya pecah karena resolusinya terlalu kecil, dan terkadang duplikat dari icon aplikasi lain.
  3. Aplikasi adware berbeda dari aplikasi pada umumnya dan bahkan kamu tidak merasa pernah menginstallnya.

3. Lakukan Factory Reset HP Android

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi web yang sering muncul di HP yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini akan mereset semua pengaturan yang ada di HP dan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Dengan demikian, semua masalah error yang terjadi di dalamnya akan segera teratasi.

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk melakukan factory reset HP android, yakni melalui menu Settings dan lewat Recovery Mode. Berikut akan dijelaskan cara factory reset HP melalui Recovery Mode, yakni:

  • Pertama kamu matikan HP android seperti biasa. Pastikan sisa daya baterainya minimal 50% atau lebih banyak.
  • Sekarang kamu hidupkan lagi HP android dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Up selama beberapa detik hingga muncul tampilan logo brand di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi dan tombo Power untuk eksekusi pilihan.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Wipe Data / Factory Reset.
  • Kemudian konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe Data All.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.
  • Selanjutnya pilih opsi Reboot System Now.
  • Tunggu sampai HP menyala kembali.
  • Selesai.

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi web yang muncul sendiri di layar HP, maka solusi terakhir yakni dengan melakukan flashing HP android. Cara ini tidak hanya akan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, melainkan juga akan mengganti ROM yang digunakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi web terbuka sendiri di HP android yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Wifi Tidak Bisa ON di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini