Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan

40
WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan
WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan

WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan – Semenjak kehadirannya, WhatsApp langsung menarik minat banyak pengguna smartphone. Tidak lain karena kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaannya yang membuat banyak orang tertarik. WhatsApp juga dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah dipahami, bahkan bagi pengguna awam. Selain itu, membuat akun WhatsApp gratis bagi semua orang, kita hanya perlu menyiapkan nomor HP untuk didaftarkan sebagai akun WhatsApp tersebut. Aplikasinya pun gratis, kita bisa mengunduhnya melalui Google Playstore atau situs penyedia aplikasi android lain di internet.

WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan
WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Aplikasi WhatsApp bukan hanya sekedar aplikasi chatting online di biasa. Di WhatsApp tersebut kita bisa mengirim file media dan file dokumen, pastinya sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, menambahkan emoji atau stiker juga memungkinkan untuk dilakukan sebagai pengungkapan ekspresi diri. Emoji dan stiker ini sudah disediakan secara default di WhatsApp, tinggal kamu gunakan saja. Dan juga, ada tambahan fitur menarik lainnya di WhatsApp yang pastinya semakin membuat betah para penggunanya. Misalnya saja fitur Status WhatsApp, yang mana pengguna memungkinkan mengunggah foto, video atau teks di halaman tersebut dan bertahan selama 24 jam.

Baca Juga:

Melalui aplikasi WhatsApp pengguna juga memungkinkan untuk melakukan panggilan, baik itu panggilan suara maupun panggilan video. Yang pasti keduanya bisa dilakukan secara gratis di WhatsApp, asalkan HP pengguna sudah terhubung ke jaringan internet. Perihal panggilan di WhatsApp, pada kondisi tertentu hal tersebut tidak bisa dilakukan. Sudah mencoba berkali-kali, namun pengguna tidak bisa melakukan panggilan suara maupun panggilan video di WhatsApp tersebut. Mengenai cara mengatasi WA tidak bisa melakukan panggilan selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Penyebab WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan
Penyebab WA Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tidak bisa melakukan panggilan suara maupun panggilan video di WhatsApp. Mengetahui penyebabnya tersebut tentunya akan memudahkan kita untuk mengatasinya. Adapun beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa digunakan melakukan panggilan selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Koneksi jaringan internet di HP bermasalah alias error.
  2. Pembatasan izin akses pada Mikrofon, Kamera dan fitur lainnya di WhatsApp.
  3. Aplikasi yang digunakan merupakan WhatsApp versi lawas alias belum diupdate.
  4. Terdapat error atau bug pada aplikasi WhatsApp.
  5. Nomor WhatsApp telah diblokir oleh teman yang ingin ditelepon.
  6. Terdapat error atau bug pada sistem android.
  7. Sedang terjadi gangguan pada server WhatsApp

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan WhatsApp tidak dapat melakukan panggilan di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Berikut cara memperbaiki WA tidak bisa melakukan panggilan selengkapnya, yakni:

1. Aktifkan Mode Pesawat pada HP Android

Cara yang pertama yakni dengan memeriksa koneksi jaringan internet pada HP android. Kamu bisa mencoba melakukan browsing di aplikasi browser, lihat apakah koneksinya normal atau bermasalah. Jika memang koneksi di HP bermasalah alias tidak terhubung, maka bisa mencoba memanfaatkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode.

Kamu aktifkan saja Mode Pesawat di HP android tersebut dan tunggu beberapa saat. Kemudian nonaktifkan lagi Mode Pesawat, sekarang kamu coba lagi lakukan panggilan di WhatsApp. Biasanya WhatsApp sudah normal kembali dan bisa melakukan panggilan seperti biasa.

2. Lakukan Restart pada HP Android

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan restart atau mulai ulang pada HP android untuk mengatasi WhatsApp error ini. Error semacam ini bisa disebabkan oleh file cache yang menumpuk di RAM, sehingga akan mempengaruhi kinerja dan fungsi aplikasi di HP. Dengan melakukan restart maka file cache yang tersimpan tersebut akan dihapus secara permanen.

Tidak hanya itu saja, beberapa masalah error ringan pada HP android diklaim bisa diperbaiki dengan melakukan restart tersebut. Dengan cara ini WhatsApp sudah bisa digunakan untuk melakukan panggilan, baik itu panggilan suara ataupun panggilan video.

3. Mengaktifkan Izin Akses pada WhatsApp

Bisa jadi aplikasi WA yang tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan disebabkan karena izin akses pada fitur tertentu yang tidak diaktifkan. Misalnya saja izin akses pada Kamera dan Mikrofon untuk WhatsApp yang nonaktif.

Tidak sulit untuk mengaktifkan izin akses WA tersebut, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian klik opsi Aplikasi atau Apps.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi WhatsApp, maka akan dibawa ke halaman Info Aplikasi WhtsApp.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Izin Aplikasi. Kemudian pilih opsi Kamera, lalu pilih Izinkan. Klik juga pada opsi Mikrofon, lalu pilih Izinkan. Lakukan langkah yang sama untuk semua izin akses yang disediakan.
  • Selesai.

Setelah diaktifkan semua izin akses untuk WhatsApp, sekarang kamu bisa mencoba lagi melakukan panggilan WhatsApp.

4. Perbarui Aplikasi WhatsApp ke Versi Baru

Cara lainnya jika WhatsApp masih belum bisa digunakan untuk melakukan panggilan, yakni dengan memperbarui aplikasi. Seperti yang kita tahu, menggunakan aplikasi versi lama biasanya akan ada banyak error atau bug yang ditemukan, termasuk juga di aplikasi WhatsApp.

Untuk cara mengatasinya bisa dengan melakukan update atau pembaruan aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Caranya dengan membuka halaman Google Playstore di HP android, lalu cari WhatsApp melalui Pencarian. Pada halaman detail WhatsApp, kamu klik tombol Update atau Perbarui.

5. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi WhatsApp

WhatsApp yang tidak bisa digunakan untuk menelpon juga bisa diakibatkan oleh adanya error atau bug pada aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan penghapusan file cache yang menumpuk di dalamnya. Jika masih tetap, maka bisa dilanjutkan dengan menghapus data aplikasi WhatsApp.

Untuk cara menghapus file cache yang tersimpan di WhatsApp tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Apps.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp, sekarang kamu akan dibawa ke halaman Info Aplikasi WhatsApp.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Kemudian klik tombol Hapus Cache atau Clear Cache.

Sekarang coba lakukan panggilan di WhatsApp lagi, apakah sudah bisa? Jika masih belum, maka bisa lanjut menghapus file data aplikasi WhatsApp.

  • Caranya masuk ke halaman Info Aplikasi WhatsApp seperti yang dijelaskan di atas.
  • Lalu pilih opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Klik Hapus Data atau Clear Data.
  • Lalu konfirmasi penghapusan.

Selain cara di atas, bisa jadi panggilan yang tidak bisa dilakukan di atas dikarenakan nomormu sudah diblokir. Untuk mengetahui nomor WA-mu diblokir teman, bisa dilihat dari Foto Profil teman yang hilang atau tidak berubah dalam waktu lama. Saat coba dikirim chat, maka akan muncul centang satu dan tidak berubah hingga waktu lama.

Dan juga panggilan yang tidak bisa dilakukan di WhatsApp bisa karena sedang terjadi gangguan pada server pusat. Kamu bisa menanyakan kepada teman atau pengguna WhatsApp lain tentang hal ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi WA tidak bisa melakukan panggilan suara maupun panggilan video yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Kirim Video Besar Durasi Panjang WA Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi WhatsApp Call Tidak Ada Suara
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini