Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Mau Menyala dan Penyebabnya

VIVO Tidak Mau Menyala – VIVO merupakan salah satu brand smartphone terkenal yang punya banyak sekali peminat, khususnya di Indonesia. Salah satu asalannya karena HP VIVO dibekali dengan desain bodi yang trendi dan elegan. Bahan yang digunakannya pun juga berkualitas bagus sehingga semakin membuat tampilannya keren. VIVO sendiri sudah menghadirkan banyak tipe HP terbaik, di mana masing-masing ada yang ditargetkan untuk kalangan bawah (low-end), menengah (mid-end) hingga kelas atas atau high-end.

VIVO Tidak Mau Menyala
VIVO Tidak Mau Menyala

Masing-masing tipe HP VIVO dibekali dengan spesifikasi yang berbeda-beda, tergantung kelasnya. Meskipun target kelasnya berbeda-beda, namun performa kinerja yang diberikannya terbilang mumpuni. Khususnya untuk HP VIVO yang dibanderol dengan harga murah, HP tersebut memungkinkan untuk melibas berbagai aktivitas berat yang diperintahkan oleh pengguna. Misalnya saja menjalankan banyak aplikasi sekaligus, menjalankan game berat atau yang lain sebagainya.

Baca Juga:

Namun, ada kalanya HP VIVO mengalami masalah yang membuatnya tidak bisa menjalankan fungsinya secara normal. Salah satu masalah yang bisa dialami oleh pengguna HP VIVO yakni HP yang mati dan tidak mau menyala lagi. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu kesalahan dari pengguna ataupun kerusakan pada HP itu sendiri. Yang terpenting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasi HP VIVO yang mati sendiri dan tidak bisa menyala tersebut. Berikut ini cara mengatasi HP VIVO tidak mau menyala selengkapnya bisa kamu terapkan.

Penyebab HP VIVO Tidak Bisa Dinyalakan

Sebelum lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah HP VIVO yang tidak mau menyala, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut, nantinya kamu bisa lebih mudah untuk melakukan perbaikan. Adapun beberapa penyebab HP VIVO tidak mau menyala selengkapnya, sebagai berikut:

  • HP Mengalami Overheat. Mengoperasikan HP secara terus-terusan bahkan sambil mengecas, hal ini bisa meningkatkan suhu panas pada HP. Pada akhirnya HP mengalami overheat dan menyebabkan hang atau terkadang langsung mati.
  • Baterai Bermasalah. Ini adalah kondisi lanjutan yang akan dialami jika kamu sering menggunakan HP sambil dicas. Membuat baterai bocor atau masalah lainnya sehingga ia tidak bisa lagi mengalirkan daya ke komponen lain dan HP tidak bisa menyala seperti biasa.
  • Stuck di Logo VIVO. Kondisi seperti ini disebut juga dengan istilah Bootloop, di mana HP tidak bisa masuk ke layar Home setelah proses booting. Kondisinya yang hanya stuck di logo seperti ini banyak pula yang menyebutnya HP tidak bisa menyala.
  • Charger Rusak atau Tidak Berfungsi Normal. Baik itu kabel USB atau adaptor charger terkadang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa berfungsi baik dalam pengisian daya. Hal ini lantas membuat HP mati karena kehabisan daya baterai. Selain itu, penggunaan charger non ori atau tidak normal juga bisa berpengaruh terhadap kondisi baterai yang akhirnya membuatnya juga tidak normal.
  • Bug pada Sistem Android. Penyebab lainnya yang sering membuat HP tidak dapat menyala adalah adanya bug pada sistem android. Bug ini sendiri bisa berasal dari ketidaksempurnaan pada sistem android itu sendiri, atau bisa juga karena aktivitas oprek yang dilakukan oleh pengguna.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Mau Menyala Paling Ampuh

VIVO Tidak Bisa Dihidupkan
VIVO Tidak Bisa Dihidupkan

Sekarang lanjut ke cara mudah mengatasi VIVO yang tidak bisa nyala atau dihidupkan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yang pasti semua cara tersebut sangat mudah sehingga kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan melakukannya. Adapun cara memperbaiki masalah HP VIVO tidak mau menyala selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengecas HP Sambil Menekan Tombol Power

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah HP tidak bisa menyala yakni dengan mengecas HP. Mungkin saja HP yang matik dikarenakan baterainya yang sudah habis alias nge-drop. Beberapa hal lain juga bisa menjadi penyebabnya, baik itu karena kondisi baterai bocor, baterai kembung, atau yang lainnya.

Cobalah untuk mencharge HP VIVO selama beberapa waktu, minimal 30 menit atau maksimal 2.5 jam. Apakah saat dicharger indikator pengisian daya muncul dan bergerak secara normal? Jika iya, setelah selesai dicharger cobalah untuk menghidupkan ulang HP dengan menekan tombol Power selama beberapa detik hingga layar menyala.

2. Mengganti Charger dengan Charger Lain

Kemungkinan lainnya HP VIVO tidak mau menyala dikarenakan daya tidak terisi sempurna karena charger rusak atau tidak normal. Cobalah untuk mengganti adaptor atau kabel USB charger dan gunakan untuk mengisi daya baterai HP yang mati. Pastikan juga charger yang digunakan merupakan charger ORI sesuai dengan bawaan tipe HP VIVO tersebut.

Lakukan pengisian daya sekitar 1 hingga 2 jam, kemudian hidupkan lagi HP seperti biasa. HP VIVO biasanya akan menyala kembali karena dayanya sudah terisi sempurna.

3. Mendiamkan HP Selama Beberapa Menit

HP VIVO yang tidak menyala bisa diakibatkan oleh kebiasaan pengguna yang mengoperasikan HP secara terus-menerus tanpa diistirahatkan. Lebih parahnya lagi mereka mengoperasikan HP dalam keadaan HP dicharging atau dicas. Hal ini bisa membuat HP mengalami overheat atau suhunya terlalu panas.

Pada kondisi overheat HP akan mati dengan sendirinya dan tidak mau menyala lagi. Jika sudah seperti ini, kamu coba diamkan HP selama beberapa menit, minimal setengah jam. Kalau sudah kamu nyalakan lagi HP dengan menekan tombol power agak lama.

4. Melakukan Factory Reset HP VIVO

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi HP VIVO tidak bisa dihidupkan, maka kamu bisa coba melakukan factory reset atau hard reset. Cara ini akan mengembalikan HP VIVO ke pengaturan awal pabrik sehingga HP kembali seperti baru dibeli. Dalam hal ini semua data yang ada di memori internal akan dihapus. Jika memang ada data penting di dalamnya, kamu lakukan backup data terlebih dahulu.

Cukup mudah untuk melakukan factory reset HP VIVO semua tipe, yakni:

  • Pertama kamu pastikan HP benar-benar dalam keadaan mati.
  • Sekarang nyalakan dengan tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar.
  • Fastboot Mode akan ditampilkan pada layar HP. Lanjutkan dengan pilih menu Recovery Mode. Gunakan tombol Volume untuk navigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi.
  • Pada halaman Recovery Mode, kamu pilih opsi Wipe Data.
  • Konfirmasi lagi dengan pilih Wipe Data, kemudian masukkan kode atau PIN jika memang sistem memintanya.
  • Tunggu sampai proses penghapusan data selesai. Jika sudah, pilih opsi Reboot System.
  • HP VIVO akan melakukan booting dan HP akan menyala seperti biasa.
  • Selesai.

5. Melakukan Flashing HP VIVO

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi HP VIVO mati total yakni dengan melakukan flash. Cara ini mungkin terbilang agak rumit, karena kamu membutuhkan perangkat tambahan untuk melakukannya, yakni perangkat PC atau laptop.

Sebenarnya ada cara flash VIVO tanpa PC, akan tetapi cara ini terkadang tidak work pada HP yang mati total atau tidak bisa dinyalakan. Untuk melakukan flashing HP VIVO, pastikan kamu menggunakan firmware atau ROM sesuai dengan tipe HP VIVO milikmu. Ini bertujuan untuk meminimalisir risiko kegagalan saat melakukan flashing. Jika memang ini dirasa rumit, maka lebih baik serahkan saja kepada tukang servis yang melakukannya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP VIVO tidak mau menyala yang paling mudah beserta dengan penyebab-penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar bermanfaat juga untuk orang lain.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini