Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa SMS

VIVO Tidak Bisa SMS – Meskipun eksistensinya sudah semakin tergantikan oleh aplikasi chatting online, nyatanya layanan SMS masih sangat dibutuhkan hingga saat ini. Beberapa orang masih setia menggunakan layanan SMS untuk urusan mengirim dan menerima pesan teks. Selain itu, layanan SMS masih menjadi pilihan utama dalam urusan verifikasi kode OTP dari beberapa platform, seperti Google, Facebook dan platform yang membutuhkan verifikasi pengguna lainnya. Salah satunya adalah layanan SMS diklaim lebih aman dan personal dibandingkan layanan chatting online.

VIVO Tidak Bisa SMS
VIVO Tidak Bisa SMS

Mungkin ini yang menjadi salah satu alasan kenapa pada semua HP bahkan HP keluaran baru masih menyediakan menu Pesan. Salah satunya di HP VIVO, di mana pengguna bisa menikmati layanan SMS dengan mudah dan nyaman melalui menu yang disediakan. Layaknya pada HP lainnya, mengirim SMS di HP VIVO membutuhkan kartu operator seluler atau yang lebih dikenal dengan SIM Card. Selain menu Pesan, masih ada beberapa aplikasi bawaan lain dari VIVO yang pastinya sangat berguna untuk para penggunanya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai layanan SMS, terkadang ada masalah yang dialami oleh penggun VIVO. Masalah yang dimaksud yakni pengguna tidak bisa mengirim maupun menerima SMS di HP VIVO miliknya. Padahal sisa pulsa yang dimiliki masih banyak dan memungkinkan untuk mengirim SMS. Tetapi nyatanya masalah error terjadi pada HP VIVO-nya sehingga tidak bisa mengirim SMS ke nomor lain. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah HP VIVO tidak bisa SMS tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP VIVO Tidak Bisa Kirim dan Terima SMS

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan HP tidak bisa mengirim atau menerima SMS, khususnya di HP VIVO. Mengetahui penyebabnya tersebut tentunya akan mempermudah kamu dalam melakukan perbaikan dan juga pencegahan agar masalah ini tidak dialami lagi. Adapun beberapa penyebab tidak bisa SMS di HP VIVO selengkapnya, sebagai berikut:

1. Nomor SMSC Tidak Diatur dengan Benar

Untuk urusan menerima dan mengirim SMS, provider seluler menyediakan kode khusus yang menjadi jembatan untuk aktivitas tersebut. Kode ini sendiri dikenal dengan nama SMSC atau Nomor Pusat Layanan Singkat. SMSC dari setiap provider berbeda-beda, namun fungsinya tetap sama yakni untuk memperkuat dan meneruskan SMS.

SMSC ini sendiri biasanya akan tersetting secara otomatis saat kartu SIM dipasangkan di perangkat HP. Namun, mungkin dengan sengaja atau tidak pengguna telah mengubah nomor tersebut sehingga layanan SMS tidak bisa dinikmati.

2. Terjadi Gangguan pada Jaringan Operator Seluler

Dikarenakan kondisi atau alasan tertentu, terkadang sinyal dari provider mengalami gangguan yang menyebabkan sinyal tidak stabil, bahkan tidak muncul. Pada kondisi seperti ini jaringan seluler tidak bisa digunakan, termasuk untuk mengirim SMS.

Beberapa hal yang membuat jaringan provider gangguan seperti, cuaca buruk (angin, petir dan badai), pemeliharaan jaringan, perbaikan server, lokasi belum tercover jaringan operator atau yang lainnya.

3. Aplikasi Pesan Bermasalah

Penyebab lainnya mungkin dikarenakan adanya masalah pada aplikasi Pesan yang ada di HP VIVO. Layaknya aplikasi lainnya, aplikasi Pesan juga bisa saja mengalami error sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Ada beberapa dampak yang ditimbulkan ketika aplikasi Pesan sedang error, salah satunya tidak bisa mengirim maupun menerima SMS.

4. Error pada Sistem Android

Dan penyebab yang terakhir dikarenakan masalah pada sistem android yang terjadi error. Biasanya ini diakibatkan oleh dua hal, yakni karena aktivitas pengguna dan juga karena virus atau malware.

Dikarenakan aktivitas pengguna misalnya melakukan oprek sistem android, rooting HP, custom ROM atau yang lain sebagainya.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa SMS Paling Ampuh

VIVO Tidak Bisa Kirim dan Terima SMS
VIVO Tidak Bisa Kirim dan Terima SMS

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah tidak bisa SMS di VIVO yang mudah dan ampuh. Kamu yang masih awam dalam hal ini pun pasti akan mudah melakukannya. Adapun langkah-langkah mengatasi HP VIVO tidak bisa SMS selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memeriksa Nomor Pusat SMS (SMSC)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab tidak bisa kirim SMS di VIVO adalah karena pengaturan Nomor Pusat SMS yang salah. Karena itulah, kamu bisa melakukan pengecekan kode SMSC tersebut dan pastikan nomornya sudah benar. Untuk melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP VIVO.
  • Kemudian pilih opsi Pesan.
  • Selanjutnya klik pada opsi Nomor Pusat SMS.
  • Periksa apakah nomor atau kode SMSC tersebut sudah sesuai dengan yang ditentukan oleh operator seluler yang kamu gunakan. Jika memang tidak sama atau salah, maka kamu bisa menggantinya dengan Nomor Pusat SMS yang benar.

Untuk pengguna HP VIVO dengan dukungan Funtouch OS 2.6 ke bawah, agak berbeda cara pengaturan Nomor Pusat SMS-nya. Berikut langkah-langkahnya, yakni:

  • Pertama buka aplikasi atau menu Pesan.
  • Kemudian klik tombol Menu yang ada di sebelah kiri tombol Beranda.
  • Klik pada opsi Lainnya, lalu pilih Pengaturan. Di sana kamu bisa melihat Nomor Pusat SMS yang digunakan apakah sudah benar atau perlu diganti.

Nomor Pusat SMS atau SMSC untuk setiap provider atau operator seluler berbeda-beda. Berikut ini daftarnya, yakni:

  • Nomor SMSC Telkomsel : +6281100000
  • Nomor SMSC XL : +62818445009
  • Nomor SMSC Indosat IM3 Ooredoo : +62855000000
  • Nomor SMSC Indosat (Mentari) : +62816124
  • Nomor SMSC Axis : +628315000032
  • Nomor SMSC 3 (Three) : +6289644000001
  • Nomor SMSC Smartfren : +628811223344

2. Berpindah Lokasi

Mungkin saja yang menyebabkan SMS tidak terkirim dikarenakan sinyal di lokasi kamu berada saat ini jelek atau tidak stabil. Hal ini bisa dikarenakan lokasimu belum tercover sinyal jaringan atau jauh dari pemancar sinyal.

Untuk itu, solusinya yakni berpindah ke lokasi yang punya sinyal lebih baik. Misalnya saja dekat kota atau perkotaan, dataran yang lebih tinggi atau beberapa tempat lainnya.

3. Menghapus File Cache dan Data Pesan

Kemungkinan lainnya SMS tidak terkirim dikarenakan terjadinya error pada aplikasi Pesan. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan penghapusan file cache atau sampah. Lebih lanjut kamu juga bisa menghapus data aplikasi jika cara tersebut masih belum bisa memperbaikinya.

Untuk langkah-langkah menghapus Cahce dan Data aplikasi Pesan di HP VIVO selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih Pengaturan Lainnya.
  • Lanjut dengan masuk ke opsi Manajer Aplikasi.
  • Klik Lainnya yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Tampilkan Proses Sistem.
  • Sekarang kamu pilih aplikasi Pesan, lalu masuk ke opsi Penyimpanan. Selanjutnya kamu Hapus Cache dan Hapus Data aplikasi Pesan.
  • Biasanya dengan cara ini aplikasi Pesan yang error akan normal lagi.

Sementara untuk kamu pengguna VIVO dengan dukungan FunTouch OS 4.0 ke bawah, cara menghapus cache dan data aplikasi Pesan, sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Pengaturan, kemudian klik pada Pengaturan Lainnya.
  • Pilih opsi Aplikasi, lalu pilih Semua.
  • Cari dan klik aplikasi Pesan, kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Klik Hapus Cache dan Hapus Data.

4. Factory Reset HP VIVO

Cara terakhir untuk mengatasi aplikasi Pesan error sehingga tidak bisa digunakan untuk SMS yakni dengan melakukan factory reset atau reset ke pengaturan awal pabrik. Cara ini akan menghapus semua dan pengaturan di HP VIVO sehingga HP akan kembali seperti baru pertama membeli.

Agar data penting di HP VIVO milikmu tidak hilang, maka perlu melakukan yang namanya backup data atau mencadangkan data.

Penutup

Itulah dari beberapa penyebab dan cara mengatasi HP VIVO tidak bisa SMS yang paling ampuh dan praktis. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini