Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Screenshot

VIVO Tidak Bisa Screenshot – Ada banyak brand HP yang terkenal di Indonesia, salah satunya adalah brand VIVO. HP dari VIVO cukup menarik minat para pecinta smartphone android dikarenakan harganya yang lumayan murah. Meskipun harganya murah namun kualitas yang dihadirkannya cukup bagus. HP VIVO memiliki performa kinerja yang mumpuni sehingga bisa melibas semua aktivitas berat dengan lancar, termasuk menjalankan game berat.

VIVO Tidak Bisa Screenshot
VIVO Tidak Bisa Screenshot

VIVO menyematkan berbagai fitur canggih di dalamnya guna untuk memudahkan berbagai aktivitas pengguna. Dengan adanya fitur-fitur ini juga akan membantu memaksimalkan fungsi dari HP VIVO tersebut. Salah satu fitur yang disematkan di HP VIVO yakni fitur untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot. Tangkapan layar biasanya dilakukan oleh pengguna untuk menyimpan informasi tertentu tanpa harus susah payah mengetik. Selain itu, cara ini juga digunakan ketika ingin membuat tutorial pada HP android.

Baca Juga:

Namun, terkadang fitur screenshot di HP VIVO mengalami masalah atau error sehingga fitur tersebut tidak berfungsi seperti biasanya. Pengguna melakukan screenshot, namun hasil screenshotnya tidak muncul atau tidak tersimpan di menu Galeri. Masalah error pada HP VIVO seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang mungkin tidak disadari oleh pengguna. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah VIVO tidak bisa screenshot atau tangkapan layar tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP VIVO Tidak Bisa Melakukan Tangkapan Layar

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki masalah tidak bisa screenshot pada HP VIVO, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Mengetahui penyebabnya ini nantinya akan memudahkan kamu untuk melakukan perbaikan. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan HP VIVO tidak bisa melakukan screenshot atau tangkapan layar selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memori Internal Penuh

Faktor pertama yang menyebabkan HP VIVO tidak dapat melakukan screenshot atau tangkapan layar yakni karena ruang penyimpanannya sudah penuh. Secara default hasil screenshot akan tersimpan di memori internal HP. Mungkin karena terlalu banyak file yang disimpan dan aplikasi yang terinstal membuat ruang memori internal menjadi penuh.

Ketika ruang memori internal pada HP VIVO sudah penuh, tentunya kamu tidak bisa lagi menambahkan file ke dalamnya, termasuk file hasil tangkapan layar atau screenshot.

2. Terlalu Banyak Cache yang Tersimpan

Selain ruang penyimpanan yang sudah penuh, penyebab lainnya kenapa HP VIVO tidak bisa melakukan screenshot yakni karena ruang RAM yang penuh. RAM sendiri berfungsi sebagai ruang penyimpanan sementara dan file tersebut akan dihapus secara otomatis ketika HP direstart atau dimatikan.

Data aplikasi yang dijalankan pada HP akan disimpan pada RAM, termasuk juga ketika kamu melakukan tangkapan layar atau screenshot. Jika RAM penuh, tentunya melakukan screenshot tidak akan bisa dilakukan.

3. HP Mengalami Hang atau Sistem Crash

Penyebab lainnya yakni HP yang mengalami hang atau macet sehingga tidak bisa melakukan screenshot. HP yang hang ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, HP overheat atau terlalu panas, banyak aplikasi yang dijalankan bersamaan, menginstal aplikasi berat, dan lain sebagainya.

Selain hang, sistem yang mengalami crash juga bisa menjadi salah satu penyebab VIVO tidak bisa melakukan screenshot  atau menangkap gambar layar.

4. Permbatasan dari Sistem atau Aplikasi

Mungkin karena hal keamanan, beberapa aplikasi memberlakukan pembatasan untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar. Pembatasan screenshot ini biasanya berlaku untuk tampilan yang memuat data sensitif dan personal seperti, data transfer rekening, kontak pribadi pengguna, dan juga data yang bersifat penting lainnya.

Selain pada aplikasi, beberapa brand juga mulai memberlakukan pembatasan yang sama sebagai cara melindungi data privasi dari pengguna. Jadi, jangan panik jika HP tidak bisa screenshot, mungkin karena adanya pembatasan dari sistem dan aplikasi ini.

5. Bug pada Sistem Android

Sistem android bisa saja mengalami error sehingga tidak bisa melakukan perintah yang diberikan oleh pengguna, termasuk dalam hal screenshot. Bug yang terdapat pada sistem android ini bisa diakibatkan oleh dua faktor, yakni karena ulah pengguna itu sendiri dan karena sistem itu sendiri.

6. Izin Aplikasi yang Tidak Diaktifkan

Jika yang kamu alami adalah tidak bisa screenshot menggunakan aplikasi screenshot, kemungkinan izin pada aplikasi tersebut belum diaktifkan. Memang secara default aplikasi pihak ketiga akan meminta izin akses ketika akan digunakan. Mungkin saja kamu tidak sengaja menolak permintaan izin akses dari aplikasi screenshot tersebut.

Kondisi seperti ini tentunya akan membuat aplikasi screenshot tidak bisa berfungsi sebagaimana biasanya.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Screenshot

VIVO Tidak Bisa Melakukan Screenshot
VIVO Tidak Bisa Melakukan Tangkapan Layar

Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi masalah smartphone VIVO tidak bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot. Bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan melakukannya. Adapun cara mengatasi HP VIVO tidak dapat melakukan screenshot selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP VIVO

Cara yang pertama dan paling mudah untuk mengatasi tidak bisa screenshot di VIVO yakni dengan melakukan restart. Cara ini diklaim ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error ringan pada HP, termasuk error tidak bisa screenshot.

Selain itu, merestart HP juga akan menghapus semua file cache yang tersimpan di dalamnya. Hal ini tentu juga berkaitan dengan penyebab tidak bisa screenshot yakni karena ruang di RAM dipenuhi oleh cache atau sampah.

2. Memindah atau Menghapus Data di Memori Internal

HP yang gagal melakukan screenshot juga dikarenakan memori internal yang sudah penuh. Karena itulah kamu perlu memindahkan beberapa file ke memori eksternal atau media penyimpanan lainnya. Sementara jika ada file yang tidak berguna namun tetap tersimpan, sebaiknya kamu hapus saja file tersebut agar ruang di memori internal lebih lega.

Untuk memindahkan file dari memori internal ke memori eksternal atau media lainnya sangat mudah. Kamu bisa langsung mengakses menu File Berkas atau Penyimpanan untuk melakukannya.

3. Mematikan HP Secara Paksa

Jika masalah tidak bisa screenshot di HP VIVO ini disebabkan karena HP mengalami crash atau hang, maka yang harus kamu lakukan adalah mematikan HP secara paksa. Cara ini akan membuat semua aktivitas di HP dihentikan dan akan dimulai ulang saat HP dinyalakan.

Untuk mematikan HP secara paksa karena terjadi hang atau crash yakni dengan menekan tombol Power selama beberapa detik. Kamu bisa melepaskan tekanan pada tombol tersebut jika layar HP Sudah mati. Untuk HP yang dibekali baterai removable, bisa dengan cara membuka baterai tersebut untuk mematikan HP secara paksa.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lain untuk mengatasi HP VIVO tidak bisa screen capture yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Semua HP VIVO memang sudah dibekali dengan fitur screenshot bawaan. Namun, terkadang fitur screenshot bawaan tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Di sini kamu bisa menginstal aplikasi screenshot lain dari Google Play Store. Ada banyak pilihan aplikasi screenshot terbaik yang bisa kamu pilih, di antaranya:

5. Mengaktifkan Izin Akses dari Aplikasi

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi screenshot, namun selalu gagal melakukan screenshot, mungkin hal ini dikarenakan izin akses yang dinonaktifkan. Pastikan saat pertama kali menjalankan aplikasi screenshot tersebut, kamu langsung memberikan izin akses pada perangkat android.

Untuk mengeceknya bisa melalui menu Pengaturan >> Pengaturan Lainnya >> Aplikasi >> Semua >> pilih aplikasi screenshot >> Izin >> pastikan semua izin akses sudah diaktifkan.

6. Melakukan Factory Reset

Mungkin saja HP VIVO tidak bisa melakukan screenshot dikarenakan sistem android yang mengalami error atau terdapat bug. Untuk masalah satu ini, cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Untuk cara factory reset HP VIVO sendiri, yakni:

  • Matikan HP VIVO seperti biasa.
  • Hidupkan lagi HP VIVO dengan cara menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke Fastboot Mode. Lanjutkan dengan pilih opsi Recovery Mode. Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Pilih Wipe Data, kemudian konfirmasi lagi dengan pilih Wipe Data.
  • Tunggu sampai proses factory reset selesai. Beberapa tipe HP VIVO mengharuskan pengguna untuk memasukkan PIN yang digunakan sebagai keamanan HP.
  • Jika sudah, selanjutnya pilih Reboot System.
  • Tunggu sampai HP menyala dan kamu bisa menggunakan HP kembali.

Sebelum melakukan factory reset sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu jika memang ada data penting di memori internal. Ini karena factory reset akan menghapus semua data di memori internal secara permanen.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP VIVO tidak bisa screenshot beserta beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini