Cara Mengatasi VIVO Tidak Bisa Save Kontak Baru

VIVO Tidak Bisa Save Kontak – Fungsi utama dari sebuah HP yakni sebagai alat untuk berkomunikasi. Komunikasi ini sendiri terdiri dari 3 jenis, yakni komunikasi dalam bentuk teks, suara serta, video. Dulunya HP hanya bisa digunakan untuk menelpon dan SMS saja. Namun, kehadiran sistem android membuat fungsi HP menjadi semakin fleksibel, termasuk juga bisa melakukan panggilan video. Kita akan seolah sedang berhadapan langsung dengan orang yang divideo call.

VIVO Tidak Bisa Save Kontak
VIVO Tidak Bisa Save Kontak

Berbicara mengenai komunikasi di smartphone android, untuk melakukannya tentu kita butuh nomor kontak dari seseorang yang ingin ditelpon tersebut. Nomor kontak tersebut perlu disimpan di buku kontak pada HP agar kita lebih mudah untuk menghubunginya, baik dalam bentuk SMS, panggilan suara ataupun panggilan video. Akan tetapi, terkadang pada HP android kita tidak bisa menyimpan nomor kontak baru. Sudah dilakukan berulang-ulang namun tetap saja kontak baru tidak bisa disave atau disimpan di HP android.

Baca Juga:

Masalah error tidak bisa save kontak ini sendiri bisa terjadi di tipe atau merek HP apa pun, termasuk pada HP VIVO. Beberapa kondisi nomor tidak bisa disimpan di HP VIVO seperti, memori penuh sehingga gagal menyimpan, menu kontak tidak dapat dijalankan, nomor tidak muncul di aplikasi chatting, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi masalah HP VIVO tidak bisa save kontak baru tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Nomor Baru Tidak Tersimpan di HP VIVO

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan HP VIVO tidak dapat menyimpan kontak baru di dalamnya. Sebaiknya kamu ketahui beberapa penyebabnya ini agar lebih mudah melakukan perbaikan nantinya. Adapun penyebab nomor baru tidak bisa di-save di HP VIVO selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memori Internal Penuh

Memori internal merupakan ruang penyimpanan utama yang disediakan pada sebauh HP. Semua file secara default akan disimpan di memori internal ini, termasuk juga data kontak. Mungkin saja karena memori internal sudah penuh sehingga kamu tidak bisa lagi menyimpan kontak di dalamnya.

Selain itu, untuk penyimpanan kontak di HP ini ada batasannya tersendiri. Di mana batas maksimal penyimpanan nomor kontak di HP maksimal mencapai 1000 kontak. Jika sudah lebih dari angka tersebut, tentunya tidak akan bisa lagi menambahkan kontak di memori internal HP.

2. Ruang Penyimpanan Kartu SIM Penuh

Hampir sama kasusnya dengan penyebab di atas, nomor baru yang tidak bisa disimpan di VIVO mungkin juga karena penyimpanan di SIM Card yang sudah penuh. Untuk batas maksimal penyimpanan kontak di SIM Card ini hanya sampai 250 kontak saja. Jika lebih dari itu, maka kamu tidak bisa lagi menyimpan nomor baru di dalamnya.

3. Nomor dan Nama yang Dimasukkan Tidak Valid

Umumnya nomor HP berjumlah 10 hingga 12 digit angka yang bervariasi. Jika kamu memasukkan kurang atau lebih dari jumlah digit tersebut, maka ini akan dianggap tidak valid. Dengan demikian sistem HP tidak akan mengonfirmasi penyimpanan nomor baru alias ditolak.

Selain itu, nama kontak juga perlu kamu perhatikan saat ingin menyimpannya di HP. Pastikan nama yang dimasukkan sudah benar dan tidak mengandung title atau tambahan nama lainnya. Jangan juga nama yang dimasukkan terlalu panjang, maksimalnya dua suku kata saja.

4. Menu Kontak Error

Tidak bisa menyimpan kontak baru di HP VIVO dikarenakan menu kontak yang terus berhentu atau keluar sendiri? Ini juga salah satu hal yang sering dialami oleh pengguna android, termasuk pengguna HP VIVO.

Mungkin karena terlalu banyak file sampah atau terdapat bug pada aplikasi kontak sehingga membuatnya menjadi error.

5. Error pada Aplikasi Chatting

Jika yang kamu alami nomor kontak tidak muncul di aplikasi pihak ketiga, padahal nomor sudah tersimpan di buku kontak, mungkin saja hal ini diakibatkan oleh aplikasi yang mengalami error. Misalnya saja aplikasi WhatsApp, LINE, Telegram atau yang lainnya yang tidak bisa memunculkan kontak yang baru disimpan.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Save Kontak Baru

VIVO Tidak Bisa Simpan Kontak
VIVO Tidak Bisa Simpan Kontak

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah VIVO tidak bisa save kontak baru di dalamnya. Sebenarnya cukup mudah, ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan dan disesuaikan penyebabnya. Adapun cara mengatasi smartphone VIVO tidak dapat simpan kontak selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP VIVO

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi tidak bisa save kontak di VIVO yang pertama yakni dengan melakukan restart atau reboot HP VIVO. Cara ini akan mampu mengatasi berbagai masalah error ringan pada HP, termasuk masalah tidak bisa save kontak baru.

Dengan melakukan restart HP juga akan menjadi lebih cepat dan responsif performanya, dikarenakan file cache yang menumpuk di RAM akan dihapus sehingga ruangnya lebih lega.

2. Memasukkan Nama dan Nomor yang Valid

Seperti yang dijelaskan di atas, penggunaan nama pada kontak juga bisa menyebabkan kontak tidak bisa tersimpan. Pastikan nama yang dimasukkan tidak terlalu panjang, cukup terdiri dari 1 hingga 2 suku kata saja. Jangan pula memasukkan title atau gelar apa pun pada nama kontak.

Nomor HP yang dimasukkan juga harus valid, di nama nomor harus terdiri dari 10 hingga 12 digit angka. Jangan lebih dari jumlah tersebut, karena di beberapa HP tidak memperbolehkannya, termasuk di HP VIVO.

3. Menghapus atau Memindahkan File

Jika ruang penyimpanan internal di HP sudah penuh, tentu saja penyimpanan file baru tidak akan bisa dilakukan, juga penyimpanan kontak baru. Sebaiknya kamu hapus saja file yang tidak diperlukan di memori internal agar ruang kosongnya lebih besar.

Jika memang semua file di dalamnya dirasa penting, alternatifnya dengan memindahkan file tersebut ke memori eksternal atau microSD. Dengan demikian kamu bisa lagi menyimpan nomor kontak baru di memori internal. Pastikan juga jumlah kontak yang disimpan di telepon tidak melebihi 1000 kontak.

Untuk kamu yang lebih suka menyimpan kontak di SIM Card, pastikan jumlah kontak yang tersimpan tidak melebihi angka 250 kontak. Jika melebihi, sebaiknya kamu hapus saja beberapa kontak yang tidak penting atau memindahkannya ke memori internal atau penyimpanan cloud.

4. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi Kontak

Cara lain untuk mengatasi kontak tidak bisa disimpan di VIVO yakni dengan melakukan penghapusan file cache dan file data pada menu kontak. Cara ini bisa dilakukan jika yang terjadi adalah menu Kontak di HP VIVO keluar dengan sendirinya dan ini terjadi berulang-ulang.

Sebelum menghapus data aplikasi Kontak, sebaiknya kamu pindahkan atau cadangkan dulu data penting yang ada di dalamnya. Jika sudah, selanjutnya lakukan penghapusan cache dan data, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Lainnya.
  • Klik pada opsi Manajer Aplikasi.
  • Klik tombol Lainnya yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Tampilkan Proses Sistem.
  • Selanjutnya pilih aplikasi Kontak, kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Klik pada tombol Hapus Cache.
  • Jika sudah, klik juga pada tombol Hapus Data.

Melakukan cara ini biasanya aplikasi Kontak akan normal lagi sehingga bisa digunakan seperti biasa.

5. Install Ulang atau Update Aplikasi Chatting

Jika yang terjadi error adalah pada aplikasi pihak ketiga, maka perbaikan perlu dilakukan pada aplikasi tersebut. Misalnya saja kontak baru tidak bisa masuk di daftar kontak WhatsApp, maka kamu perlu menginstal ulang atau update aplikasi tersebut ke versi terbaru.

Untuk menginstall ulang atau update ke versi terbaru pada aplikasi chatting bisa kamu lakukan langsung melalui Google Playsotre.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP VIVO tidak bisa save kontak baru beserta juga beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini