Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Instal Aplikasi

VIVO Tidak Bisa Instal Aplikasi – Salah satu brand smartphone asal Tiongkok yang namanya cukup dikenal di kancah internasional. Khususnya di Indonesia, HP VIVO menjadi salah satu brand terfavorit yang disukai oleh banyak kalangan. Salah satu alasannya adalah karena HP dari brand VIVO ini dibanderol dengan harga yang cukup murah. Meskipun masih kalah dari Xiaomi dalam soal harga, namun hal ini tidak berbeda jauh. HP dari VIVO masih cukup ramah di kantong, dikarenakan sasarannya memang untuk kelas menengah ke bawah. Meskipun memang ada beberapa seri HP VIVO yang khusus menyasara kalangan atas.

VIVO Tidak Bisa Instal Aplikasi
VIVO Tidak Bisa Instal Aplikasi

Selain soal harga, HP VIVO juga banyak dipilih dikarenakan desainnya yang mewah dan kekinian. Desain bodi yang dihadirkan sangat trendy, cocok dengan kaum muda-mudi yang suka dengan hal-hal unik dan kekinian. VIVO juga membekali smartphone androidnya tersebut dengan berbagai fitur canggih yang tentunya akan memanjakan para pengguna. Fitur-fitur ini juga berguna untuk membantu memudahkan aktivitas harian pengguna, khususnya mereka yang kesehariannya tidak bisa terlepas dari yang namanya penggunaan smartphone.

Baca Juga:

Akan tetapi, yang namanya produk elektronik memang tidak pernah terlepas dari yang namanya kerusakan. Sama halnya di HP VIVO, terkadang ada beberapa masalah error yang dialami oleh penggunanya. Salah satu masalah pada HP VIVO yakni pengguna tidak bisa menginstall aplikasi di dalamnya. Tidak perlu khawatir, karena masalah seperti ini bisa ditangani dengan mudah dan cepat. Berikut ini cara mudah mengatasi HP VIVO tidak bisa instal aplikasi yang bisa coba kamu terapkan.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Instal Aplikasi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pengguna tidak bisa memasang aplikasi baru di HP VIVO miliknya. Kamu perlu mengetahui beberapa penyebab tersebut agar lebih mudah dalam melakukan perbaikan dan sekaligus mencegah masalah semacam ini terulang lagi. Adapun beberapa penyebab smartphone VIVO tidak bisa pasang aplikasi baru selengkapnya, sebagai berikut:

  • Tidak mengaktifkan izin instal aplikasi dari luar Google Playstore. Jika kamu ingin memasang aplikasi atau game baru dari hasil download di internet, maka wajib mengaktifkan izin instal aplikasi tidak dikenal. Ini soal keamanan, di mana penginstalan dari luar Google Play Store atau V-Appstore terkadang berdampak negatif pada sistem HP.
  • Ruang memori internal penuh. Ruang penyimpanan internal pada HP VIVO yang sudah penuh, tentunya tidak akan lagi bisa menginstal aplikasi dan game baru di dalamnya.
  • Aplikasi Error. Jika masalah tidak bisa instal aplikasi ini kamu alami pada Google Playstore, maka kemungkinan Google Playstore tersebutlah yang error.
  • Rooting HP VIVO. Melakukan root HP memungkinkan pengguna dengan mudah meng-oprek sistem android. Namun, terkadang hal ini bisa menyebabkan error pada HP, termasuk dalam hal penginstalan aplikasi dan game baru.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Instal Aplikasi dan Game Baru

VIVO Tidak Bisa Pasang Aplikasi
VIVO Tidak Bisa Pasang Aplikasi

Sangat mudah sebenarnya untuk mengatasi masalah aplikasi tidak bisa diinstal di HP VIVO. Bahkan bagi kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya tanpa kendala. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi HP VIVO tidak bisa instal aplikasi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Izin Instal Aplikasi Tidak Dikenal

Apakah masalah tidak bisa menginstal aplikasi di HP VIVO ini terjadi saat kamu mencoba menginstal aplikasi dari luar Google Play Store? Jika benar, mungkin masala utamanya adalah kamu belum mengaktifkan izin akses instal aplikasi yang tidak dikenal. Memang terkadang ada aplikasi atau game yang tidak bisa ditemukan di Google Play Store. Dan untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mendownload file APK aplikasi di internet.

Akan tetapi, pada HP VIVO terdapat sistem keamanan otomatis yang tidak memperbolehkan pengguna memasang atau menginstal aplikasi dari luar Google Play Store dan V-Appstore. Jika tetap ingin menginstalnya, maka kamu perlu mematikan fitur keamanan tersebut. Untuk cara memberikan izin instal aplikasi tidak dikenal di VIVO, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Pengaturan Lainnya.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi.
  • Kemudian klik pada opsi Menginstal Aplikasi yang Tidak Dikenal. Kamu tinggal mengaktifkan izin instal aplikasi tidak dikenal tersebut agar penginstalan aplikasi dari luar Google Play Store dan V-Appstore bisa dilakukan.
  • Setelah berhasil, sekarang kamu coba lagi lakukan penginstalan aplikasi yang gagal dilakukan sebelumnya.

Cara di atas bisa diterapkan di HP VIVO keluaran terbaru. Sementara untuk kamu pengguna VIVO lama dengan dukungan FunTouch OS 3.2 ke bawah, berikut ini cara melakukannya:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Kemudian klik pada opsi Pengaturan Lainnya.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Keamanan.
  • Dan terakhir tinggal kamu aktifkan izin instal Sumber Tidak Dikenal.

2. Menghapus Aplikasi atau Data yang Tidak Diperlukan

Cara yang kedua yakni dengan menguninstal aplikasi atau game yang tidak diperlukan, serta bisa juga menghapus file yang tidak penting dari memori internal HP. Cara ini bertujuan untuk memperluas ruang kosong di memori internal. Ketika memori internal sudah penuh, kemungkinan besar pengguna tidak bisa lagi menginstal aplikasi dan game baru di dalamnya.

Untuk itu, periksa dulu apakah ruang memori internal sudah penuh atau tidak. Jika memang penuh, maka lakukan penghapusan aplikasi atau data di dalamnya. Kalau sudah, kamu coba lagi lakukan penginstalan aplikasi yang gagal tadi.

3. Menghapus File Cache dan Data Google Play Store atau V-Appstore

Jika yang kamu alami ini terjadi saat ingin menginstal aplikasi di Google Play Store atau V-Appstore, maka cara satu ini bisa diterapkan. File cache yang menumpuk terkadang memang membuat aplikasi di android error, termasuk pada Google Play Store dan V-Appstore.

 Selain itu, mungkin karena ada data corrupt atau bug sehingga ini juga menyebabkannya error. Untuk cara hapus file cache dan data Google Play Store dan V-Appstore ini sebenarnya hampir sama langkah-langkahnya. Di sini saya contohkan penghapusan file cache dan data di Google Play Store, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Pengaturan Lainnya.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Manajer Aplikasi, lalu pilih Semua.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Google Play Store.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan, kemudian klik Hapus Cache.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Data.

Jika sudah berhasil dihapus, sekarang kamu coba lagi memasang aplikasi baru di VIVO melalui Google Play Store atau V-Appstore.

4. Lakukan Flash Firmware HP VIVO

HP VIVO yang tidak bisa menginstal aplikasi baru yang terakhir yakni dengan melakukan flash atau pembaruan firmware. Cara ini bisa dibilang sebagai cara terakhir untuk mengatasi masalah tidak bisa memasang aplikasi baru. Namun, sebelumnya kamu bisa mencoba melakukan pengecekan sistem terlebih dahulu sebelum melakukan flash firmware. Berikut ini langkah-langkah pengecekannya, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP VIVO.
  • Kemudian ketik kode dial *#*#001#*#* lalu tekan Panggil.
  • Di layar nantinya akan muncul tampilan. Fokus pada tulisan “is_root”, jika jumlahnya 1 berarti kamu perlu melakukan flash firmware.

Untuk melakukan flash firmware HP VIVO, sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu jika memang ada data penting yang tersimpan di memori internal. Jika masih belum tahu cara flash firmware, kamu baca di sini.

Catatan: Untuk melakukan flash firmware, pastikan kamu menggunakan firmware yang sesuai dengan tipe HP VIVO milikmu agar tidak terjadi error saat pemasangannya nanti.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP VIVO tidak bisa instal aplikasi dan game baru. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini