Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Download Aplikasi

VIVO Tidak Bisa Download Aplikasi – Salah satu keunggulan smartphone android dibandingkan OS lainnya yakni kemudahan pengguna dalam menginstal aplikasi baru di dalamnya. Pada smartphone android terdapat Google Play Store yang merupakan gudangnya aplikasi dan game android. Hampir semua aplikasi disediakan secara gratis, namun ada pula beberapa jenis aplikasi yang bersifat premium alias berbayar. Selain dari Google Play Store, pegguna juga memungkinkan untuk mengunduh aplikasi dari situs penyedia aplikasi android lainnya.

VIVO Tidak Bisa Download Aplikasi
VIVO Tidak Bisa Download Aplikasi

Untuk mengunduh aplikasi dan game dari situs di internet, sebaiknya kamu perlu berhati-hati. Pastikan kamu mendownloadnya melalui situs yang sudah terpercaya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja tidak sengaja mengunduh dan memasang aplikasi yang sudah terisi virus atau malware. Ada banyak dampak negatif yang akan dialami pengguna, mulai dari kerusakan pada sistem android, kerusakan hardware, pencurian data pribadi dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Mendownload aplikasi di HP android terkadang terjadi error, salah satunya download yang tidak berjalan alias gagal. Masalah seperti ini bisa terjadi saat pengguna mendownload aplikasi dari Google Play Store atau situs penyedia aplikasi lain di internet. Dan masalah tidak bisa download aplikasi ini juga bisa terjadi di semua tipe HP, termasuk HP VIVO. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP VIVO tidak bisa download aplikasi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Download Aplikasi

VIVO Tidak Bisa Unduh Aplikasi
VIVO Tidak Bisa Unduh Aplikasi

Ada beberapa trik atau cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tidak dapat mengunduh aplikasi baru di HP VIVO. Caranya terbilang mudah, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan melakukannya. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi HP VIVO tidak bisa download aplikasi baru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart atau Matikan HP VIVO

Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah error saat download aplikasi di VIVO yakni dengan melakukan restart. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error ringan pada HP, termasuk gagal download aplikasi di Google Play Store atau platform lain.

Selain dengan cara restart, kamu juga bisa mematikan HP VIVO untuk mengatasi masalah ini. Lebih efektif lagi dengan membuka baterai HP (khusus baterai removable), SIM Card dan juga SD Card. Jika sudah, pasang lagi komponen tadi dan hidupkan HP. Sekarang kamu bisa coba lagi mendownload aplikasi yang gagal tadi.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara lainnya yakni dengan mengaktifkan atau menghidupkan AirPlane Mode di HP VIVO. AirPlane Mode atau Mode Pesawat jika diaktifkan maka akan membuat jaringan HP ikut mati. Ini berguna untuk merestart jaringan pada HP yang juga bisa menjadi penyebab HP tidak bisa download aplikasi atau jenis file lainnya.

Tunggu beberapa saat, kemudian kamu matikan lagi Mode Pesawat tersebut. Aktifkan data seluler atau Wifi pada HP, kemudian lakukan download ulang aplikasi. Biasanya dengan cara ini masalah tidak bisa download APK tadi akan teratasi.

3. Memberi Izin Akses Penuh Pada Browser

Cara ini khusus dilakukan jika masalah tidak dapat unduh aplikasi terjadi pada browser. Beberapa jenis aplikasi memang tidak tersedia di Google Play Store sehingga kamu perlu mendownloadnya melalui situs penyedia aplikasi di internet melalui browser. Mungkin saja masalah tidak bisa download aplikasi android ini dikarenakan browser belum diberi akses penuh.

Browser membutuhkan izin akses ke beberapa fitur atau sistem di android agar bisa melakukan proses download dari internet. Salah satunya adalah izin akses ke Penyimpanan atau Memori. Untuk memberikan izin akses tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di VIVO.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih Pengaturan Lainnya.
  • Pada bagian Pengelola Aplikasi, kamu pilih Aplikasi lalu klik Semua.
  • Cari dan pilih browser yang kamu gunakan untuk download aplikasi tetapi gagal tadi.
  • Klik pada opsi Izin. Pastikan kamu sudah mengaktifkan izin akses pada semua menu seperti, Penyimpanan atau yang lainnya.
  • Sekarang kamu coba lagi untuk mengunduh aplikasi lewat browser tersebut. Biasanya masalah tidak bisa download akan langsung teratasi.

4. Cek Ruang Memori HP

Penyebab lainnya HP VIVO tidak bisa mengunduh aplikasi baru yakni karena ruang penyimpanan di HP yang sudah penuh. Mungkin saja ruang memori internal HP sudah penuh dan kamu mengatur lokasi download default ke memori internal tersebut. Sudah pasti pengunduhan aplikasi tidak akan bisa dilakukan karena ruang penyimpanannya sudah habis.

Solusinya yakni dengan mengubah lokasi download default ke memori eksternal atau MicroSD. Jika di HP tidak terdapat MicroSD, maka cara terbaiknya yakni menghapus file atau aplikasi yang tidak digunakan. Pastikan ruang kosong yang tersisa sudah cukup untuk menampung file aplikasi baru di HP tersebut.

5. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi

Masalah tidak bisa mendownload aplikasi di HP VIVO mungkin juga dikarenakan terlalu banyak file cache dan data yang menumpuk pada aplikasi yang digunakan untuk mendownload. Ini bisa terjadi pada semua aplikasi, baik itu Google Play Store, V-AppStore ataupun browser.

Sebaiknya kamu lakukan penghapusan file cache dan file data aplikasi tersebut agar masalah tidak bisa download aplikasi bisa teratasi. Di sini saya berikan contoh untuk menghapus file cache dan file data pada Google Play Store, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  2. Kemudian scroll ke bawah lalu pilih Pengaturan Lainnya.
  3. Selanjutnya masuk ke opsi Manajer Aplikasi dan pilih Semua.
  4. Sekarang kamu cari dan pilih Google Play Store.
  5. Pada halaman ini kamu klik pada opsi Penyimpanan.
  6. Untuk menghapus cache, kamu klik pada tombol Hapus Cache.
  7. Selanjutnya lakukan penghapusan data dengan klik tombol Hapus Data. Konfirmasi penghapusan data dengan klik tombol OK.
  8. Selesai.

Catatan: Jika yang mengalami error saat download aplikasi adalah browser, maka kamu bisa menghapus cache dan data dari browser tersebut. Langkah-langkahnya tidak beda jauh dengan yang dijelaskan tadi.

6. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Cara lain untuk mengatasi gagal download aplikasi di Google Play Store atau browser yakni dengan melakukan update ke versi terbaru. Aplikasi versi lama biasanya memiliki banyak bug sehingga menyebabkan fungsi dan kinerjanya terganggu. Untuk melakukan update Google Play Store di VIVO selengkapnya, yakni:

  1. Pertama kamu buka Google Play Store seperti biasa.
  2. Kemudian klik Foto Profil akun yang ada di pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya kamu pilih opsi Setelan atau Settings.
  4. Klik pada opsi Tentang, kemudian pilih Versi Play Store. Jika memang tersedia versi terbaru, maka kamu bisa langsung lakukan pembaruan atau update. Jika tidak ada, biasanya akan muncul notifikasi yang memberitahukan bahwasannya HP sudah menggunakan Play Store versi terbaru.
  5. Selesai.

Sementara jika yang terjadi error saat download aplikasi lewat browser, maka yang perlu diupdate ke versi terbaru adalah browser tersebut. Untuk cara updatenya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu buka Google Play Store.
  2. Kemudian cari browser yang ingin diupdate ke versi terbaru.
  3. Jika memang ada versi terbaru, biasanya akan tersedia tombol Update atau Perbarui di sana. Klik tombol tersebut untuk mengupdate aplikasi browser ke versi terbaru.
  4. Selesai.

7. Hapus Aplikasi Antivirus

Cara mengatasi VIVO tidak bisa download aplikasi yang terakhir yakni dengan menghapus atau uninstall aplikasi antivirus yang kamu gunakan. Beberapa antivirus biasanya memberikan proteksi pada smartphone agar tidak kemasukan virus atau malware. Termasuk saat kamu download aplikasi dari luar Google Play Store, antivirus secara otomatis mencegahnya sehingga proses download tidak bisa dijalankan.

Untuk itum kamu perlu mematikan proteksi dari antivirus tersebut untuk menjalankan proses download. Jika memang tidak mempan, maka kamu perlu melakukan uninstal atau penghapusan antivirus. Beberapa jenis aplikasi antivirus yang biasanya memberikan proteksi semacam ini seperti, Avast Mobile Antivirus, AVG Antivirus, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah memperbaiki masalah HP VIVO tidak bisa download aplikasi yang mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini