Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa di Cas

VIVO Tidak Bisa di Cas – Dari sederet brand smartphone yang ada saat ini, VIVO menjadi salah satu yang cukup populer di kalangan pecinta smartphone android. VIVO menghadirkan berbagai tipe smartphone yang ditawarkan dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang berbanderol murah hingga mahal. Tentunya harga banderolnya ini sesuai dengan spesifikasi yang diusung oleh smartphone VIVO. HP VIVO murah bukan berarti spesifikasi yang dibawanya murahan. HP tersebut tetap saja mumpuni dalam hal performa kinerja, berbagai aktivitas berat bisa dilibas dengan lancar.

VIVO Tidak Bisa di Cas
VIVO Tidak Bisa di Cas

Berbicara mengenai spesifikasi HP VIVO, baterai merupakan komponen utama yang punya peran cukup penting. Diibaratkan sebagai nyawa dari HP, tanpa adanya baterai HP tidak akan bisa hidup dan dioperasikan seperti biasa. Saat ini ada dua jenis baterai yang digunakan pada smartphone, khususnya VIVO yakni baterai removable (bisa dilepas) dan non-removable (baterai tanam). Namun, kebanyakan HP VIVO keluaran terbaru sudah menggunakan jenis baterai tanam. Salah satu alasannya pengguna baterai jenis ini akan membuat bodi HP lebih tipis dan ringkas.

Baca Juga:

Agar bisa mengalirkan energi listrik ke komponen pada HP, baterai membutuhkan pengisian daya atau charging. Pada keadaan normal baterai bisa dicas dengan cara menancapkan chager ke port yang ada di HP. Namun, terkadang ada masalah yang terjadi pada HP sehingga baterai tidak bisa dicharging. Masalah seperti ini bisa terjadi pada semua tipe HP, termasuk juga HP VIVO. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP VIVO tidak bisa di cas tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP VIVO Tidak Bisa Dicharging atau Dicas

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan HP tidak bisa dicas, termasuk juga di HP VIVO. Faktor tersebut bisa datang dari pengguna, komponen hardware HP dan juga software atau sistem HP. Apa pun penyebabnya, yang terpenting di sini adalah bagaimana cara untuk memperbaiki masalah tersebut. Adapun penyebab smartphone VIVO tidak dapat di-cas selengkapnya, sebagai berikut:

  • Kabel charger rusak atau putus.
  • Konektor pada kabel charger rusak (bengkok, patah, berkarat, dll).
  • Adaptor charger rusak.
  • Port charging pada HP rusak (jarum/kuningan patah, berkarat, dll). Bisa juga karena port charging tersebut kotor.
  • Kebiasan buruk pengguna yang memainkan HP sambil dicas, sehingga lama-kelamaan membuat baterai jebol.
  • Penggunaan charger tidak ORI, di mana hal ini bisa saja menyebabkan kerusakan pada komponen HP, khususnya baterai.
  • Baterai HP rusak atau mati dikarenakan faktor usia atau hal lainnya.
  • Sistem android error atau bermasalah.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa di Cas Paling Mudah

VIVO Tidak Bisa Dicharge
VIVO Tidak Bisa Dicharge

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP tidak bisa dicas di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah tersebut. Sangat mudah untuk memperbaiki masalah HP VIVO tidak bisa di charger, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan melakukannya. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi masalah smartphone VIVO tidak bisa di cas selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP VIVO

Cara yang paling mudah untuk mengatasi HP tidak bisa dicas yang pertama yakni dengan melakukan restart. Dengan cara ini berbagai masalah error ringan pada HP bisa diatasi, termasuk HP yang tidak mengecas.

Mungkin saja HP yang tidak mau mengecas tersebut dikarenakan kamu terlalu lama mengoperasikannya atau terlalu banyak menjalankan aplikasi. Di mana hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi baterai HP.

2. Ganti Charger HP VIVO

Cara di atas masih belum bisa mengatasi HP VIVO yang tidak mau dicas? Kalau begitu kamu bisa coba cara kedua ini. Kamu bisa mencoba mencharging HP VIVO tersebut menggunakan charger lain. Pertama coba dulu mengganti kabel charger dengan kabel charger lain. Jika ternyata mengisi, berarti kerusakan ada pada kabel chargernya tersebut.

Jika tetap tidak mengisi, coba kamu ganti adaptor chargernya dengan adaptor charger lain. Apakah sudah bisa mengecas? Jika iya, berarti adaptor charger tadi yang rusak dan butuh diganti dengan adaptor charger lain. Namun perlu diingat, pastikan kamu membeli adaptor atau kabel charger ORI sesuai bawaan dari HP VIVO milikmu tersebut.

3. Membersihkan Port Charging pada HP VIVO

Mengganti charger baru, namun tetap saja HP VIVO tidak dapat dicas. Kemungkinan yang bermasalah bukanlah charger, melainkan charging port pada HP VIVO tersebut. Periksa port tersebut, apakah ada jarum yang patah atau bengkok? Jika iya, berarti memang inilah yang menjadi penyebab utamanya. Kamu perlu membongkar HP dan memperbaiki atau mengganti komponen pada port charging tersebut.

Jika ternyata jarum pada port charging baik-baik saja, kemungkinan penyebab lainnya adalah port kotor. Cobalah untuk membersihkan port charging pada HP tersebut menggunakan cotton bud atau sejenisnya. Pastikan kamu membersihkannya secara hati-hati agar tidak merusak komponen pada port charging tersebut. Jika sudah, kamu bisa mencoba mencharging lagi HP VIVO.

4. Cek Stop Kontak

Selain charger dan port charging HP, kamu juga bisa memeriksa stop kontak yang digunakan untuk mencharging HP. Mungkin saja masalah HP tidak bisa dicas ini dikarenakan stop kontak yang mengalami konslet sehingga tidak bisa mengalirkan listrik.

Mudahnya cobalah untuk menggunakan stop kontak lain untuk mengecas HP VIVO. Jika memang HP sudah bisa mengecas seperti biasa, berarti benar stop kontak tadi yang sudah rusak dan perlu diganti.

5. Mengganti Baterai HP

HP VIVO yang tidak bisa dicharging bisa juga dikarenakan baterai yang rusak. Beberapa hal yang menjadi faktor penyebabnya yakni usia baterai, penggunaan baterai, kebiasaan buruk pengguna dan lain sebagainya. Ciri-ciri baterai HP yang rusak di antaranya:

  • Daya tidak bertambah meski dicas dalam waktu lama.
  • HP mati dan tidak mau menyala.
  • HP tiba-tiba mati saat charger dilepas.
  • Kondisi baterai mengembung.
  • Tidak ada aliran listrik sama sekali pada baterai.

Untuk mengganti baterai HP VIVO, pastikan kamu membeli baterai ORI sesuai bawaan dari tipe HP VIVO milikmu tersebut. Khususnya untuk jenis baterai tanam, sebaiknya kamu lebih berhati-hati saat melepas baterai lama dan memasangkan baterai baru.

6. Update OS Android ke Versi Terbaru

Selain pada hardware, HP yang tidak bisa dicas juga bisa disebabkan karena terjadinya error pada software HP. Misalnya saja terdapat bug pada sistem android sehingga mengganggu aktivitas charging. Bug pada sistem android bisa terjadi karena HP belum diupdate ke OS Android versi terbaru.

Sebaiknya kamu lakukan update OS Android agar HP kembali normal. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Pembaruan Sistem.
  • Kamu cek apakah ada update OS Android terbaru yang belum terpasang atau tidak.
  • Jika memang ada, maka bisa langsung melakukan update OS Android.

Catatan: Selain dengan update OS Android, cara lain untuk mengatasi bug pada sistem adalah dengan melakukan factory reset HP VIVO.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi HP VIVO tidak bisa di cas yang paling mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini