Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Connect Wifi

VIVO Tidak Bisa Connect Wifi – Internet bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan paling penting di era modern seperti sekarang ini. Sebagian besar masyarakat tidak bisa terlepas dari yang namanya internet, di mana rutinitas yang mereka lakukan sehari-hari pasti membutuhkan koneksi internet tersebut. Khususnya untuk mereka yang bekerja di bidang online, seperti gamer, selebgram, youtuber, blogger, atau yang sejenisnya. Selain itu, para muda-mudi sekarang ini juga sangat membutuhkan koneksi internet untuk tetap eksis.

VIVO Tidak Bisa Connect Wifi
VIVO Tidak Bisa Connect Wifi

Meningkatnya penggunaan internet juga tidak terlepas dari produksi smartphone yang semakin hari semakin meningkat. Lihat saja, smartphone android khususnya seperti tidak akan gunanya jika tanpa terhubung ke jaringan internet. Hampir semua aktivitas yang dilakukan di HP tersebut membutuhkan koneksi internet agar berfungsi maksimal. Ada banyak sekali brand smartphone yang ada sekarang ini dan menghadirkan berbagai tipe smartphone dengan keunggulannya masing-masing. Salah satunya adalah brand VIVO yang terkenal dengan HP besutannya yang berdesain keren dan elegan.

Baca Juga:

HP VIVO semuanya sudah mendukung fitur Wifi, di mana pengguna bisa dengan mudah menghubungkan perangkat tersebut ke jaringan Wifi yang tersedia. Beberapa peningkatan juga disematkan guna untuk memaksimalkan penggunaan Wifi tersebut. Namun, terkadang ada kondisi di mana HP VIVO tidak bisa disambungkan ke jaringan Wifi. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang terkadang juga tidak disadari oleh pengguna. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP VIVO tidak bisa connect Wifi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP VIVO Tidak Bisa Disambungkan ke Wifi

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan HP VIVO khususnya tidak dapat tersambung ke jaringan Wifi yang ada. Padahal di HP lainnya bisa terhubung, hanya di HP VIVO milikmu saja yang tidak bisa. Adapun beberapa penyebab tidak bisa menyambungkan HP VIVO ke Wifi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Ruang RAM Penuh

Penyebab pertama HP VIVO tidak mau tersambung ke Wifi adalah karena ruang RAM yang sudah terpenuhi oleh cahce atau sampah. Cahce ini sendiri berguna untuk mempercepat loading aplikasi yang dijalankan di momen kedua. Namun, meskipun bermanfaat terkadang hal ini bisa menyebabkan HP error, termasuk tidak bisa dihubungkan ke jaringan Wifi.

Bisa juga karena terlalu banyak aplikasi yang dijalankan sehingga membuat ruang RAM menjadi penuh.

2. Terlalu Banyak Perangkat yang Tersambung ke Wifi

Masalah HP tidak mau tersambung ke Wifi bukan karena error saja, melainkan karena perangkat yang terhubung ke Wifi sudah melebihi batas. Jaringan Wifi punya limit perangkat yang terhubung, di mana ini menyesuaikan dengan kecepatan dari Wifi.

Untuk jaringan Wifi dengan kecepatan 10 Mbps, biasanya bisa menampung sebanyak 5 hingga 10 perangkat. Lebih dari itu, perangkat yang ingin terhubung lagi akan cukup sulit, bahkan tidak bisa tersambung.

3. Router Mengalami Error

Masalah lainnya bisa juga terjadi pada perangkat router Wifi atau yang dikenal juga dengan sebutan modem. Mungkin saja perangkat sudah lama tidak direstart sehingga tidak bisa memancarkan gelombang koneksi dengan baik, atau bisa juga karena hal lainnya.

4. Penggunaan OS Android Versi Lawas

Setiap brand HP biasanya akan secara rutin memberikan update sistem operasi pada setiap produk besutannya. Ini bertujuan untuk mengatasi bug dan meningkatkan performa dari produk smartphonenya tersebut.

Jika HP VIVO milikmu tidak bisa tersambung ke Wifi, coba cek versi sistem operasi android yang kamu gunakan. Apakah sudah menggunakan OS Android versi terbaru?

5. Jaringan Wifi di HP Error

Jaringan Wifi pada HP VIVO bisa saja mengalami error sehingga membuatnya tidak bisa menghubungkan perangkat HP ke jaringan Wifi yang ada. Ini sama kasusnya dengan jaringan seluler yang terkadang mengalami error sehingga tidak bisa mendeteksi sinyal jaringan dari provider.

6. Software atau Perangkat Lunak Terdapat Bug atau Error

Penyebab yang terakhir kenapa HP VIVO tidak bisa terhubung ke Wifi yakni karena adanya bug pada software atau sistem HP. Hal ini bisa dikarenakan pengguna telah melakukan oprek android atau karena hal lainnya.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Conncect Wifi

VIVO Tidak Bisa Terhubung ke Wifi
VIVO Tidak Bisa Terhubung ke Wifi

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara memperbaiki masalah HP VIVO yang tidak bisa konek ke Wifi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yang pasti semua cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Adapun cara mengatasi smartphone VIVO tidak bisa connect Wifi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP VIVO

Cara yang pertama untuk mengatasi HP tidak mau konek Wifi yakni dengan melakukan restart. Tekan tombol Power agak lama, kemudian pilih menu Restart yang muncul pada layar. Ketika HP menyala kembali, sekarang kamu coba hubungkan lagi ke jaringan Wifi.

Selain bisa konek ke Wifi lagi, cara ini juga bermanfaat untuk mempercepat performa kinerja HP sehingga lebih responsif.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode

Selain melakukan restart, HP yang tidak bisa disambungkan ke Wifi juga bisa diatasi dengan cara menghidupkan Mode Pesawat. Caranya cukup dengan swipe layar dari atas ke bawah hingga muncul tampilan menu bar. Kemudian ketuk pada ikon Mode Pesawat atau AirPlane Mode.

Tunggu beberapa saat sampai menu tersebut aktif. Jika sudah, sekarang matikan atau nonaktifkan lagi Mode Pesawat tersebut. Selanjutnya kamu coba kembali hubungkan HP VIVO ke jaringan Wifi. Biasanya dengan cara ini jaringan Wifi pada HP normal kembali dan bisa terhubung.

3. Restart atau Reset Router Wifi

Jika yang menjadi masalah adalah router Wifi, maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan restart router. Caranya cukup dengan menekan tombol Power yang ada di bagian belakang router hingga router mati. Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan lagi perangkat router tersebut. Biasanya router akan normal kembali dengan melakukan cara ini.

Jika memang masih tetap tidak bisa terhubung, maka kamu bisa melakukan langkah lanjutan yakni dengan melakukan reset router. Caranya dengan mencolokkan tusuk gigi atau semacamnya pada lubang kecil yang ada di bagian belakang router. Biasanya terdapat tulisan RESET di bagian bawah lubang tersebut.

4. Update Sistem Operasi Android ke Versi Terbaru

HP VIVO yang masih menggunakan Sistem Operasi Android versi lama biasanya akan mengalami banyak error, termasuk saat ingin menghubungkannya ke Wifi. Sebaiknya kamu lakukan pembaruan atau update OS Android ke versi teranyar.

Lakukan pengecekan terlebih dahulu apakah HP sudah menggunakan versi OS Android terbaru atau tidak. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan.
  • Kemudian pilih Pengaturan Lainnya.
  • Klik pada opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Lalu klik pada Pembaruan Sistem. Jika memang terdapat versi terbaru yang belum dipasang, maka kamu bisa melakukan pemasangan atau pembaruan.

5. Hapus Data pada Wifi

Cara lainnya untuk mengatasi VIVO tidak bisa terhubung ke Wifi yakni dengan melakukan penghapusan data pada menu sistem Wifi. Untuk langkah-langkah melakukannya, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Kemudian pilih Pengaturan Lainnya.
  • Klik pada opsi Manajer Aplikasi.
  • Klik Lainnya yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan, kemudian pilih opsi Tampilkan Proses Sistem.
  • Cari dan pilih aplikasi Wifi, kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Klik tombol Hapus Data.

Setelah datanya berhasil dihapus, sekarang kamu coba hidupkan lagi jaringan Wifi di HP VIVO dan sambungkan ke Wifi tadi.

6. Melakukan Factory Reset VIVO

Cara ini akan mengembalikan HP VIVO ke setelan awal pabrik, artinya HP akan kembali seperti pertama kali kamu membelinya. Semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen. Jadi, kamu bisa melakukan backup data terlebih dahulu jika memang terdapat data penting yang tersimpan di memori internal.

Untuk langkah-langkah melakukan factory reset HP VIVO selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu matikan HP VIVO.
  • Hidupkan lagi dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume atas hingga layar menyala.
  • Pilih menu Recovery Mode yang ada di halaman Fastboot Mode. Gunakan tombol Volume untuk memilih dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Selanjutnya pilih Wipe Data, kemudian konfirmasi lagi dengan pilih Wipe Data.
  • Jika sudah, selanjutnya pilih Reboot System.

HP akan menyala kembali dan kamu bisa menyambungkannya lagi ke jaringan Wifi yang tersedia.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP VIVO tidak bisa connect Wifi beserta penyebabnya yang perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini