Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Ada Sinyal

VIVO Tidak Ada Sinyal – VIVO merupakan salah satu brand smartphone asal China yang cukup populer di pasar mobile dunia, termasuk di Indonesia. HP VIVO dihadirkan dengan mengusung desain bodi yang elegan dan modern, sangat cocok untuk muda-mudi kekinian. Selain desainnya yang modern dan keren, bahan material yang digunakan juga berkualitas bagus sehingga bodinya cukup kuat dan kokoh. Beberapa HP VIVO ada yang dibekali dengan bodi dari bahan plastik dan ada pula dari aluminium.

VIVO Tidak Ada Sinyal
VIVO Tidak Ada Sinyal

Selain desain mewah, HP VIVO juga dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Dukungan spesifikasi ini menghasilkan performa kinerja HP VIVO sangat cepat dan responsif. Meskipun dibekali dengan spesifikasi mumpuni, namun hal ini tidak membuat HP VIVO dijual dengan harga mahal. Justru harga banderol untuk setiap tipenya ditawarkan dengan harga terjangkau. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang tertarik untuk membeli HP android dari brand VIVO.

Baca Juga:

Walaupun demikian, bukan berarti HP VIVO tidak pernah mengalami masalah error atau kerusakan. Salah satunya adalah sinyal di HP VIVO yang hilang atau sering hilang-muncul. Masalah sinyal error pada HP VIVO ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu dari operator jaringan seluler, kerusakan pada komponen dan sistem HP, ataupun kesalahan dari pengguna itu sendiri. Untuk cara mengatasi masalah HP VIVO tidak ada sinyal tersebut bisa dibilang cukup mudah. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Sinyal Hilang di HP Android VIVO

Sebelum membahas cara memperbaiki masalah VIVO tidak ada sinyal atau sinyal hilang, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkannya. Dengan mengetahui penyebabnya, nantinya kamu bisa dengan lebih mudah untuk melakukan perbaikan sekaligus pencegahan. Adapun penyebab HP VIVO kehilangan sinyal selengkapnya, sebagai berikut:

1. HP VIVO Overheat

Overheat atau panas berlebih pada HP VIVO bisa menyebabkan sistemnya error. Tidak menutup kemungkinan HP VIVO yang mengalami overheat ini akan berdampak pada kualitas sinyalnya. Dan yang paling parah sinyal pada HP VIVO menghilang sehingga HP tidak bisa lagi terhubung ke jaringan internet.

2. HP VIVO Mengalami Error

HP VIVO bisa juga mengalami error selain karena overheat. Misalnya saja karena terlalu banyak file cache yang menumpuk, terlalu banyak menjalankan aplikasi dan game secara bersamaan, menjalankan game berat dan lain sebagainya.

HP yang mengalami error seperti biasanya juga bisa berdampak pada sinyalnya sehingga tidak bisa terdeteksi. Alhasil sinyal pada HP VIVO akan menghilang.

3. Lokasi Belum Tercover Jaringan Operator

Beberapa daerah di Indonesia ada yang masih belum tercover oleh jaringan provider seluler tertentu. Jika sinyal di HP hilang atau tidak terdeteksi, kemungkinan lokasimu tersebut belum tercover jaringan dari provider yang kamu gunakan.

Atau bisa juga karena terhalang oleh sesuatu yang membuat kualitas sinyal memburuk bahkan hilang. Misalnya saja terhalang gunung, bukit, gedung tinggi atau yang lainnya.

4. Pengaturan Jaringan yang Salah

Penyebab lain sinyal tidak muncul di HP VIVO yakni karena pengaturan jaringan yang salah. Mungkin kamu sudah melakukan perubahan pengaturan pada jaringan SIM Card yang justru membuat sinyal di HP tidak muncul.

Kesalahan pada pengaturan jaringan seluler ini tidak hanya dikarenakan oleh pengguna, terkadang juga disebabkan oleh virus yang menyusup.

5. Kerusakan pada Hardware atau Software HP

Komponen hardware pada HP punya peranan penting dalam hal menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna. Untuk soal sinyal, ada komponen khusus yang berfungsi untuk itu. Dan kemungkinan saat sinyal hilang ini disebabkan oleh kerusakan pada komponen tersebut.

Selain komponen hardware, sinyal tidak muncul di HP VIVO juga dikarenakan software atau sistem HP yang mengalami masalah error atau sorrupt. Kerusakannya bisa terjadi secara alami atau dikarenakan oleh pengguna. Misalnya saja pengguna yang melakukan custom ROM, rooting HP, modifikasi sistem, virus yang menyusup, instalasi aplikasi atau game dan lain sebagainya.

6. Cuaca Buruk

Sinyal yang hilang atau tidak muncul di HP VIVO tidak hanya disebabkan oleh faktor internal, tetapi juga eksternal. Salah satunya adalah karena terjadinya cuaca buruk, seperti badai, hujan lebat disertai petir atau cuaca buruk lainnya. Kondisi seperti ini bisa memperburuk kualitas sinyal jaringan dari operator seluler.

7. Pemeliharaan atau Perbaikan Sistem oleh Operator Seluler

Dan penyebab yang terakhir sinyal hilang pada HP yakni disebabkan karena sedang dilakukan pemeliharaan sistem atau perbaikan pada jaringan. Hal ini memang sering dilakukan oleh pihak provider dengan tujuan memperbaiki masalah kerusakan serta meningkatkan kualitas jaringan.

Cara Mengatasi Smartphone VIVO Tidak Ada Sinyal

VIVO Tidak Muncul Sinyal
VIVO Tidak Muncul Sinyal

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan sinyal hilang di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi HP VIVO tidak ada sinyal selengkapnya, sebagai berikut:

1. Aktifkan-Nonaktifkan Mode Pesawat

Cara yang paling mudah untuk mengatasi sinyal hilang pada HP VIVO yakni dengan memanfaatkan fitur Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Pertama kamu coba akifkan Mode Pesawat melalui Menu Bar di VIVO.

Tunggu beberapa saat sampai Mode Pesawat benar-benar sudah aktif. Jika sudah, sekarang kamu matikan atau nonaktifkan lagi Mode Pesawat tersebut dengan menekan tombol yang sama seperti tadi. Biasanya secara cara ini sinyal di HP akan direfresh dan muncul seperti semula.

2. Restart HP VIVO

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi sinyal HP yang hilang, cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Cukup lakukan restart HP VIVO dengan cara menekan tombol Power agak lama, kemudian pilih opsi Restart atau Mulai Ulang.

Setelah HP VIVO menyala kembali, HP akan langsung mendeteksi sinyal operator dan memunculkannya di atas layar. Selain memperbaiki sinyal yang error, cara ini juga akan membuat performa kinerja HP menjadi lebih meningkat.

3. Mengatur Mode Jaringan di HP VIVO

Sinyal yang tidak muncul di VIVO juga bisa diatasi dengan cara melakukan penggantian mode jaringan lewat menu Pengaturan atau Settings. Sebelumnya mungkin kamu sudah mengatur mode jaringan di HP ke satu jaringan saja, misalnya 4G LTE Only, 3G Only atau 2G Only. Aktivitas seperti ini biasa dikenal dengan sebutan Lock Jaringan atau Kunci Jaringan.

Di sini kamu bisa mengembalikan pengaturan tersebut ke mode jaringan otomatis. Dengan mode ini HP akan secara otomatis mendeteksi sinyal dan memilih mode jaringan mana yang paling kuat dan stabil. Untuk langkah-langkah pengaturannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan.
  • Kemudian pilih opsi Jaringan Seluler.
  • Pilih kartu SIM yang ingin diubah mode jaringannya.
  • Kemudian atur jaringannya tersebut ke mode Otomatis atau WSDMA/GSM Sambung Otomatis.

4. Berpindah ke Lokasi yang Terjangkau Sinyal Operator

Mungkin saja lokasi kamu berada saat ini tidak tercover oleh jaringan operator seluler yang kamu gunakan, baik itu XL, Telkomsel, Indosat, Axis atau yang lainnya. Untuk masalah ini kamu bisa berpindah ke lokasi yang lebih memungkinkan, seperti daerah dekat kota, daerah yang lebih tinggi atau yang lainnya.

5. Lakukan Factory Reset HP VIVO

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, namun sinyal di VIVO tetap tidak muncul, maka cara satu ini bisa kamu terapkan. Di sini kamu bisa melakukan yang namanya factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Cara ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada HP secara permanen. Jadi, sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan factory reset HP VIVO, yakni:

  • Matikan HP VIVO seperti biasa. Kemudian hidupkan lagi dengan menekan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik sampai muncul tampilan di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke Fastboot Mode. Lanjut dengan klik Recovery Mode. Gunakan tombol Volume untuk navigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Selanjutnya pilih Wipe Data. Lalu konfirmasi lagi dengan klik Wipe Data. Masukkan kata sandi jika memang sistem memintanya.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai. Kemudian pilih Reboot System Now.

6. Lakukan Flash HP VIVO

Selain dengan melakukan hard reset atau factory reset, kamu juga bisa memilih untuk melakukan flashing HP VIVO. Cara ini akan memulihkan sistem android VIVO sehingga HP akan menjadi normal kembali.

Namun, pastikan kamu menggunakan ROM bawaan dari VIVO yang sesuai dengan tipe HP VIVO yang kamu miliki. Jika tidak, kemungkinan masalah error lainnya akan dialami pada HP-mu. Untuk melakukan flashing VIVO bisa dibaca Di Sini atau Di Sini.

7. Ganti Hardware VIVO

Dan cara yang terakhir yakni dengan mengganti komponen hardware VIVO yang mengalami kerusakan dan menjadi penyebab utama sinyal tidak ada atau hilang. Untuk cara ini mungkin kamu harus mempercayakannya kepada teknisi HP. Atau jika memang HP masih ada masa garansi, kamu bisa memanfaatkan garansi tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi HP VIVO tidak ada sinyal yang mudah dan praktis. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini