Cara Mengatasi HP VIVO Tiba-tiba Mati

VIVO Tiba-tiba Mati – VIVO termasuk salah satu brand smartphone ternama yang cukup rajin menghadirkan tipe HP terbaru. Sudah ada banyak tipe HP VIVO yang dirilis di pasaran, baik pasar lokal maupun global. Khususnya di Indonesia, kita bisa menemukan dengan mudah berbagai tipe HP VIVO di toko-toko smartphone. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi, menyesuaikan spesifikasi dari tipe HP VIVO yang kamu pilih. Yang pasti semua HP dari VIVO ini kualitasnya sangat bagus dan punya performa kinerja yang mumpuni.

VIVO Tiba-tiba Mati
VIVO Tiba-tiba Mati

VIVO menyematkan berbagai fitur canggih pada setiap produk smartphone besutannya. Dengan adanya fitur-fitur ini diharapkan akan semakin memanjakan pengguna sehingga mereka merasa puas dengan apa yang diberikan oleh VIVO. Terlebih lagi VIVO memberikan spesifikasi mumpuni pada semua HP besutannya, termasuk untuk HP low-end yang dibesutnya. Performanya tidak kalah dengan HP Mid-end yang ada di pasaran, di mana berbagai aktivitas bisa dilibas dengan mudah dan lancar.

Baca Juga:

Akan tetapi, yang namanya barang elektronik terkadang ada saja masalah yang dialami, termasuk pada HP VIVO. Salah satu masalah yang dialami oleh pengguna HP VIVO adalah HP-nya yang mendadak mati alias dan tidak mau menyala. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu dari pengguna ataupun dari sistem dan hardware HP itu sendiri. Yang terpenting di sini adalah bagaimana cara mengatasi masalah HP VIVO tiba-tiba mati tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP VIVO Mati Secara Tiba-tiba

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat HP VIVO mengalami masalah error dan membuatnya mati secara tiba-tiba. Adapun penyebab HP VIVO tiba-tiba mati tersebut, di antaranya:

  • HP Mengalami Overheat. Suhu pada HP yang terlalu tinggi bisa membuat sistem di dalamnya mengalami error dan akhirnya dalam kondisi terparah membuat HP mati seketika. Biasanya ini terjadi saat HP menjalankan aktivitas berat atau pengguna mengoperasikannya sambil HP dicas.
  • Baterai HP Habis atau drop. Penyebab lainnya yakni karena baterai HP habis atau nge-drop. Mungkin karena saking asyiknya memainkan HP sehingga kamu tidak sadar kalau daya baterainya habis.
  • Penggunaan charger tidak ORI. Charger yang tidak ori bisa menyebabkan baterai HP mengalami error. Dan mungkin juga ini yang menjadi faktor utama HP tiba-tiba mati karena kondisi baterai yang sudah tidak normal.
  • Baterai Bocor. Selain nge-drop, baterai juga bisa mengalami yang namanya kebocoran. Pada kondisi ini baterai tidak akan bisa diisi daya. Kalaupun bisa terisi, namun dayanya tidak akan awet dan terkadang HP akan langsung mati meskipun pada indikator baterai dayanya masih penuh.
  • Virus atau Malware. Banyak faktor yang membuat HP terserang oleh virus atau malware. Yang pasti ketika virus dan malware ini masuk akan membuat sistem android error. Salah satunya membuatnya mati secara tiba-tiba.
  • Pemasangan Aplikasi dari Luar Playsotre. Inilah kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna android. Mereka sering menginstal aplikasi dan game dari luar Google Play Store, biasanya menginstal aplikasi dan game berbasis MOD atau modifikasi. Padahal aplikasi dan game MOD ini bisa saja berisikan virus dan malware sehingga membuat sistem dan komponen HP menjadi rusak.
  • Bug pada Sistem Android. Sistem android bisa saja mengalami bug atau error sehingga membuat fungsinya tidak normal, salah satunya membuat HP mati secara tiba-tiba. Bisa juga karena kamu tidak mengupdate OS Android ke versi terbaru sehingga terdapat banyak bug di dalamnya.

Cara Mengatasi HP VIVO Tiba-tiba Mati yang Paling Ampuh

VIVO Mati Secara Tiba-tiba
VIVO Mati Secara Tiba-tiba

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah smartphone VIVO yang tiba-tiba mati tanpa diketahui penyebabnya tersebut. Caranya sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan melakukannya. Adapun cara memperbaiki masalah HP VIVO tiba-tiba mati selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mendiamkan HP Selama Beberapa Saat

Cara yang paling mudah untuk mengatasi HP VIVO yang tiba-tiba layar mati adalah dengan mengistirahatkan HP. Mungkin saja HP terlalu banyak menjalankan perintah sehingga membuatnya kewalahan dan mengalami error. Ini juga bisa terjadi karena HP mengalami overheat atau suhunya terlalu tinggi.

Mendiamkan HP bisa juga dengan melepas semua komponen eksternal yang terpasang, seperti baterai (khusus baterai removable), SIM Card, dan MicroSD. Diamkan HP setidaknya 1 hingga 3 jam, kemudian kamu bisa menghidupkannya kembali.

2. Charging HP Hingga Penuh

Cara lainnya yakni dengan mengecas HP VIVO hingga penuh, setidaknya 1 hingga 2 jam-an. Untuk mencharging HP, pastikan kamu menggunakan charger ORI atau bawaan dari tipe HP VIVO tersebut. Menggunakan charger lain akan berpengaruh pada baterai HP yang akhirnya bisa membuatnya error.

Jika memang tidak bisa dicharging, cobalah untuk menggunakan charger ORI lainnya. Kemungkinan HP yang mati karena baterainya habis dan charger yang digunakan sudah rusak, baik itu kabel atau adaptornya. Jika baterai HP sudah penuh, sekarang kamu bisa menghidupkan HP VIVO kembali.

3. Mengganti Baterai HP

HP VIVO yang mati dan tidak mau menyala mungkin dikarenakan baterainya yang bocor atau bahkan rusak. Kalau begitu cobalah untuk mengganti baterai HP VIVO tersebut dengan baterai lain yang sesuai dengan tipenya. Disarankan untuk menggunakan baterai ORI yang sesuai dengan tipe HP VIVO tersebut.

Jika memang HP bisa menyala normal kembali, berarti benar kerusakan ada pada baterainya tersebut.

4. Hapus Aplikasi dan Game

Penghapusan atau uninstal aplikasi dan game yang dimaksud di sini adalah aplikasi dan game yang tidak diinstal langsung dari Google Play Store. Misalnya saja aplikasi dan game MOD yang biasanya didownload dari situs lain yang ada di internet.

Aplikasi dan game MOD kebanyakan telah disisipi virus atau malware dengan tujuan tersebut. Virus dan malware yang telah masuk ke HP biasanya akan merusak software dan hardware HP sehingga membuatnya tidak normal, termasuk mengalami masalah mati secara tiba-tiba.

5. Update OS Android ke Versi Terbaru

Penggunaan Sistem Operasi Android versi lama terkadang terdapat error atau bug di dalamnya. Inilah alasannya kenapa kamu perlu mengupdate OS Android di ponsel ke versi terbaru setiap ada update-an yang tersedia.

Di sini kamu bisa melakukan pengecekan secara manual untuk mengetahui apakah ada versi teranyar dari OS Android di VIVO milikmu atau tidak. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pembaruan Sistem. Jika memang ada versi OS Android terbaru, maka kamu bisa langsung melakukan update atau pembaruan.

6. Melakukan Reset HP VIVO

Cara lain untuk mengatasi HP VIVO selalu mati secara tiba-tiba yakni dengan melakukan hard reset atau Factory Reset. Cara ini bisa dilakukan dengan dua metode, yakni lewat menu Pengaturan dan melalui menu Recovery Mode. Di sini saya jelaskan cara reset HP VIVO semua tipe melalui menu Recovery Mode, yakni:

  • Pertama kamu matikan HP VIVO seperti biasa.
  • Kemudian nyalakan lagi dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas hingga keluar logo di layar HP.
  • Nantinya akan ditampilkan halaman Fastboot Mode. Pada halaman ini kamu pilih menu Recovery Mode. Gunakan tombol Volume untuk navigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe Data yang terdapat pada Recovery Mode.
  • Konfirmasi dengan pilih lagi Wipe Data. Pada beberapa tipe HP VIVO pengguna akan diminta memasukkan kode atau PIN.
  • Jika sudah, selanjutnya pilih Reboot System.

Factory reset VIVO akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu jika terdapat data penting yang tersimpan di dalamnya.

7. Melakukan Flashing HP VIVO

Dan cara yang terakhir untuk memperbaiki masalah HP VIVO tiba-tiba mati yakni dengan melakukan flash HP VIVO. Cara ini mungkin agak sedikit rumit, namun cukup ampuh mengatasi berbagai masalah pada HP android, termasuk masalah HP mati tiba-tiba.

Ada dua metode yang bisa dilakukan yakni flash VIVO menggunakan PC dan tanpa PC. Untuk cara flash VIVO tanpa PC bisa dilihat pada halaman ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah HP VIVO tiba-tiba mati yang paling mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini