Cara Mengatasi Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan

27
Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan
Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan

Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan – WhatsApp banyak dipilih oleh para pengguna smartphone, khususnya pengguna HP android. Tidak lain karena aplikasi chatting online satu ini mudah untuk digunakan dan praktis untuk berkirim pesan. Kita hanya perlu menghubungkan perangkat HP android ke jaringan internet. Dengan demikian aplikasi WhatsApp sudah bisa digunakan dengan mudah untuk chattingan dengan teman atau orang lain. Tentunya WhatsApp tidak membutuhkan pulsa layaknya layanan SMS, bahkan pesan yang bisa dikirim di WhatsApp bisa dibilang unlimited alias tidak ada batasan.

Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan
Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan

Chattingan di WhatsApp semakin seru dengan adanya fitur berkirim emoji dan stiker. Keduanya sudah disediakan di aplikasi WhatsApp, sehingga kamu tidak perlu menambahkannya secara manual. Gunakan emoji atau stiker WA tersebut saat chattingan guna untuk mengekspresikan dirimu. Yang menarik lagi, di sini kamu juga bisa membuat stiker WhatsApp sendiri menggunakan foto selfie. Mengeditnya bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan di android, kemudian stiker yang sudah dibuat bisa diunggah ke WhatsApp.

Baca Juga:

Selain itu, di WhatsApp kita juga memungkinkan untuk saling berkirim file media, seperti foto dan video. Namun, tentunya ada batasan ukuran yang harus diperhatikan oleh pengguna ketika mengirim file media tersebut, khususnya untuk file video. WhatsApp menerapkan durasi dan ukuran maksimal untuk satu video yang bisa dikirim melalui aplikasi tersebut. Berbicara soal video WhatsApp, ada kondisi di mana video tidak dapat diputar di WhatsApp dan muncul notifikasi “Terjadi Kesalahan”. Lantas, bagaimana cara mengatasi video WA tidak bisa diputar terjadi kesalahan tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Video WhatsApp Tidak Bisa Diputar di HP Android

Penyebab Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan
Penyebab Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja faktor yang menjadi penyebab video tidak bisa diputar di WA tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya ini kamu tentunya akan lebih mudah melakukan perbaikan. Dan sekaligus juga akan mencegah masalah error yang sama terulang kembali. Mengenai penyebab video error saat diputar di WhatsApp, di antaranya:

  1. Koneksi internet bermasalah atau bahkan terputus di perangkat HP android.
  2. Aplikasi WhatsApp mengalami error atau bug.
  3. Aplikasi WhatsApp dalam versi lawas alias tidak diperbarui ke versi terbaru.
  4. Izin penggunaan data di latar belakang WhatsApp tidak diaktifkan.
  5. Ruang penyimpanan di HP android hampir penuh/penuh.
  6. Terdapat error atau bug pada sistem android.

Cara Mengatasi Video WA Tidak Bisa Diputar Terjadi Kesalahan

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki video WA tidak bisa diputar terjadi kesalahan tersebut. Cara mengatasinya terbilang sangat mudah, bahkan kamu yang masih pemula pun tidak akan kesulitan untuk menerapkannya.

1. Merestart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi video yang tidak dapat diputar di aplikasi WhatsApp yakni dengan melakukan restart. Masalah seperti ini bisa saja disebabkan karena adanya error pada sistem android. Baik itu diakibatkan data cache yang menumpuk, data sistem corrupt atau yang lain sebagainya.

Dengan melakukan restart HP biasanya berbagai masalah error ringan pada HP akan teratasi. Termasuk juga masalah tidak bisa memutar video di WhatsApp tersebut. Selain itu, cara ini juga akan mempercepat kinerja HP sehingga lebih responsive.

2. Periksa Koneksi Internet pada HP

Video WhatsApp yang muncul notifikasi terjadi kesalahan saat diputar, ini bisa juga disebabkan karena koneksi internet yang lemot atau bahkan terputus. Apalagi kamu belum mengaktifkan fitur Download Video Otomatis di WhatsApp, tentunya perlu tindakan manual untuk mendownload dan memutarnya.

Cobalah untuk membuka aplikasi online lain di HP, cek apakah koneksinya memang bermasalah atau justru tidak. Jika memang koneksi jaringan di HP lemot atau bahkan tidak terhubung, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu nonaktifkan lagi Mode Pesawat tersebut. Biasanya koneksi jaringan di HP akan kembali normal dan video sudah bisa didownload dan diputar.

3. Menghapus File Cache WhatsApp

Selain cara di atas, cara lainnya untuk memperbaiki video tidak dapat diplay di WhatsApp yakni dengan menghapus file cachenya. File cache digunakan untuk mempercepat loading aplikasi WhatsApp saat dijalankan di momen kedua. Namun, file cache yang terlalu lama tersimpan biasanya akan menyebabkan error pada aplikasi, termasuk error pada video yang diterima di dalamnya.

Untuk menghapus file cache dari aplikasi WhatsApp tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP Android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Apps.
  • Lanjutkan dengan mencari dan memilih aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian klik pada opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Lalu klik tombol Hapus Cache atau Clear Cache.

4. Update Aplikasi WhatsApp ke Versi Terbaru

Menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama biasanya akan ditemui banyak bug atau error di dalamnya. Karena itulah, sebaiknya kamu rutin melakukan update aplikasi WhatsApp tersebut, mengingat sang developer WhatsApp memang selalu rutin memberikan update versi terbaru untuk aplikasi tersebut.

Caranya cukup dengan mengunjungi halaman Google Playstore, kemudian cari aplikasi WhatsApp melalui kolom Pencarian. Jika sudah ketemu, kunjungi halaman detail aplikasi WhatsApp lalu klik Update atau Perbarui.

5. Menghapus File Data Aplikasi WhatsApp

Menghapus file cache mungkin belum cukup ampuh untuk mengatasi masalah error pada video WA yang tidak bisa dijalankan. Untuk itu, kamu bisa lanjut menghapus data pada aplikasi WhatsApp tersebut. Namun, sebelumnya kamu perlu melakukan pencadangan data WA terlebih dahulu agar data chat WA-mu bisa dikembalikan nantinya.

Untuk melakukan penghapusan data pada aplikasi WhatsApp tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Apps.
  • Selanjutnya kamu cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Lalu klik pada opsi Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Lanjutkan dengan masuk ke opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Kemudian klik pada opsi Hapus Data atau Clear Data.

Catatan: Setelah dihapus data, aplikasi WhatsApp akan kembali kosong layaknya kamu pertama kali menginstallnya. Biasanya kamu akan diminta login ulang ke akun WhatsApp dengan memasukkan nomor HP terdaftar.

6. Aktifkan Izin Penggunaan Data di Latar Belakang untuk WhatsApp

Izin penggunaan data di background bagi aplikasi WhatsApp sangat penting perannya. Tanpa mengaktifkan izin tersebut, maka akan membuat WhatsApp tidak bisa menjalankan fungsinya dengan sempurna. Misalnya saja tidak bisa menampilkan notifikasi saat ada chat baru yang masuk, file media yang diterima tidak akan diunduh otomatis dan lain sebagainya.

Untuk cara mengaktifkan izin penggunaan data di latar belakang untuk WhatsApp tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi.
  • Selanjutnya klik pada opsi Penggunaan Data.
  • Lalu pilih opsi Penggunaan Data Seluler.
  • Di sana akan ditampilkan data aplikasi yang membutuhkan izin penggunaan data di latar belakang. Kamu pilih saja aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pada bagian opsi “Izinkan penggunaan data latar belakang”, kamu aktifkan dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan.

Selain mengaktifkan izinnya, kamu juga perlu mengaktifkan fitur download file video otomatis di WhatsApp. untuk cara mengaktifkannya sendiri, yakni:

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  • Kemudian klik menu Tiga Titik di pojok kanan atas tampilan.
  • Selanjutnya klik Setelan.
  • Lanjutkan dengan pilih Penyimpanan dan Data.
  • Kemudian pada bagian opsi Unduh Otomatis Media, kamu klik opsi Saat Menggunakan Data Seluler lalu beri centang pada opsi Video. Lakukan hal yang sama pada opsi Saat Terhubung ke Wi-Fi.

7. Periksa Ruang Penyimpanan di HP

Dan yang terakhir yakni dengan memeriksa ruang penyimpanan internal di HP android. Pastikan ruang penyimpanan kosong masih tersedia, agar bisa menyimpan file video dari WhatsApp. Jika ruang memori telah penuh, tentu saja video tidak akan bisa disimpan dan sekaligus tidak dapat diputar.

Pindahkan foto, video atau file berukuran besar lainnya ke penyimpanan lain, misalnya saja ke memori eksternal atau microSD. Selain itu, jika memang ada file yang tidak diperlukan, sebaiknya kamu lakukan penghapusan saja.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi video WA tidak bisa diputar terjadi kesalahan yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call
Artikel SelanjutnyaCara Kirim Video Besar Durasi Panjang WA Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini