Bisakah Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa KTP? Ini Jawabannya

7
Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa KTP
Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa KTP

Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa KTP – Shopee merupakan salah satu marketplace yang cukup populer di Indonesia. Yang menjadi daya tarik orang-orang untuk berbelanja online di Shopee adalah karena barang atau produk yang ditawarkan di dalamnya dibanderol dengan harga murah. Selain itu, adanya voucher gratis ongkir membuat aktivitas belanja online di Shopee semakin nyaman dan menyenangkan. Ditambah lagi dengan banyak promo dan diskon spesial dari Shopee dan penjual, semakin membuat orang tertarik untuk berbelanja secara online.

Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa KTP
Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa KTP

Berbelanja online di Shopee, kita bisa menggunakan berbagai metode pembayaran sesuai kebutuhan. Kita tahu, di Shopee sudah disediakan beragam pilihan metode pembayaran. Mulai dari transfer bank, e-wallet, pembayaran via Indomaret dan Alfamart hingga dengan saldo ShopeePay. Untuk yang terakhir ini kita perlu melakukan pengaktifan dan verifikasi agar lebih nyaman dalam penggunaannya. Meskipun sebenarnya ShopeePay tetap bisa kita gunakan walaupun tidak melakukan verifikasi data diri.

Baca Juga:

Perihal verifikasi ShopeePay, kita membutuhkan KTP atau e-KTP sebagai syarat utamanya. Hal ini yang sering membuat pengguna enggan untuk melakukan verifikasi, misalnya karena alasan KTP-nya sudah digunakan untuk verifikasi di akun lain, KTP rusak, KTP hilang atau yang lainnya. Lantas, adakah cara verifikasi akun ShopeePay tanpa KTP atau e-KTP? Jawabannya ada. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk verifikasi ShopeePay tanpa KTP tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Bisakah Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa KTP?

Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang, yang mana mereka sudah tidak bisa lagi melakukan verifikasi akun ShopeePay-nya dengan menggunakan KTP. Alasannya bermacam-macam seperti yang sudah disebutkan di atas. Padahal, pada kebijakan yang telah dibuat, pihak Shopee mewajibkan seluruh penggunanya menggunakan KTP atau identitas diri untuk melakukan mengaktifkan akun Shopee-nya.

Mengenai pertanyaan verifikasi ShopeePay tanpa menggunakan KTP, jawabannya adalah bisa. Dilansir dari halaman Bantuan Shopee, pengguna harus melakukan verifikasi akun ShopeePay-nya menggunakan kartu identitas diri, dalam hal ini adalah KTP atau e-KTP. Namun, jika tidak memiliki KTP dikarenakan masih dalam proses pembuatan, maka bisa menggunakan Surat Keterangan Pengganti Identitas yang biasanya berlaku selama 6 bulan.

Selain KTP dan Surat Keterangan Pengganti Identitas, apakah ada cara lain yang bisa digunakan untuk verifikasi akun ShopeePay? Ada. Kamu bisa memanfaatkan SIM yang biasanya juga tertera data diri lengkap di dalamnya. Intinya di sini, untuk menverifikasi akun ShopeePay kita butuh kartu fisik yang menunjukkan identitas diri.

Sementara untuk Warga Negara Asing atau WNA yang tinggal sementara di Indonesia, bisa menggunakan KITAS atau Kartu Izin Tinggal Terbatas untuk menverifikasi akun ShopeePay miliknya. Jadi sudah jelas, selain KTP kita masih bisa melakukan verifikasi akun ShopeePay yang intinya adalah kita hanya bisa melakukan verifiaksi tersebut menggunakan kartu identitas diri.

Cara Bisakah Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa e-KTP / KTP

Sementara untuk tutorial verifikasi ShopeePay tanpa KTP, sebenarnya sama saja seperti saat melakukan verifikasi menggunakan KTP. Hanya saja foto yang diunggah sebagai persyaratan berbeda dan bisa disesuaikan dengan kartu identitas yang ingin kamu gunakan. Baik itu Surat Keterangan Pengganti Identitas, KITAS (untuk WNA), SIM atau kartu identitas lainnya.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan verifikasi akun ShopeePay tersebut, yakni:

Verifikasi ShopeePay Tanpa KTP
Verifikasi ShopeePay Tanpa KTP
  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Shopee seperti biasa di perangkat smartphone androidmu. Pastikan kamu sudah login ke akun Shopee yang ingin diverifikasi ShopeePay-nya.
  2. Pada halaman utama Shopee, kamu klik menu ShopeePay yang ada di bagian atas tampilan (berada di sebelah ikon Scan atau Koin Shopee).
  3. Jika ini pertama kali kamu lakukan, maka di layar akan ditampilkan informasi Syarat dan Ketentuan penggunaan ShopeePay. Beri tanda centang pada kotak persetujuan, kemudian klik tombol Lanjutkan.
  4. Biasanya kamu akan diminta memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di akun Shopee tersebut. Cek SMS dan masukkan kode OTP yang diterima, kemudian klik Lanjutkan.
  5. Di halaman ShopeePay, selanjutnya kamu klik pada opsi Verifikasi Sekarang.
  6. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman untuk verifikasi akun ShopeePay. Sekarang klik Ambil Foto, lalu unggah foto kartu identitas dan foto selfie sambil memegang kartu identitas yang digunakan.
  7. Kemudian isi data diri sesuai yang tertera di kartu identitas tersebut.
  8. Jika sudah diisi semuanya, selanjutnya beri tanda centang pada kotak persetujuan. Kemudian klik tombol Konfirmasi dan pihak Shopee akan langsung memproses pengajuan verifikasi ShopeePay tersebut.
  9. Selesai.

Kamu tinggal menunggu hingga proses verifikasi selesai dilakukan oleh pihak Shopee. Jika disetujui, maka kamu sudah bisa menggunakan ShopeePay untuk bertransaksi di Shopee. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika sudah melakukan verifikasi tersebut.

Keuntungan Melakukan Verifikasi Akun ShopeePay

Seperti yang disinggung tadi, melakukan verifikasi akun ShopeePay akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapat. Keuntungan ini tentunya tidak akan bisa dinikmati pada akun ShopeePay yang belum diverifikasi. Adapun beberapa keuntungan yang didapat jika sudah berhasil menverifikasi ShopeePay tersebut, di antaranya:

  1. Jumlah Maksimum yang bisa disimpan di akun ShopeePay menjadi lebih besar, yakni mencapai Rp 10 juta.
  2. Kita bisa melakukan transfer saldo ShopeePay ke akun ShopeePay lainnya.
  3. Akun ShopeePay terverifikasi memungkinkan saldo yang ada didalamnya untuk ditarik ke Rekening Bank.
  4. Akan ada banyak Promo dan Diskon spesial yang didapatkan jika akun ShopeePay sudah berhasil diverifikasi.

Dengan adanya beberapa keuntungan yang dijelaskan di atas, tentunya lebih baik kita melakukan verifikasi akun ShopeePay. Kita akan merasa lebih nyaman dan puas berbelanja di Shopee dengan akun terverifikasi tersebut.

Selain itu, agar lebih nyaman lagi bertransaksi menggunakan ShopeePay kamu bisa melakukan upgrade akun ShopeePay ke ShopeePay Plus. Beberapa keuntungan tambahan bisa kamu dapatkan jika melakukan upgrade akun ke ShopeePay Plus ini. Misalnya, kamu akan mendapatkan promo spesial dari Shopee yang memang khusus diberikan pada pemilik akun ShopeePay Plus.

Penutup

Itulah tadi cara verifikasi akun ShopeePay tanpa KTP yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi Browser Tanpa Blokir Internet Positif
Artikel SelanjutnyaDenda Telat Bayar Shopee Pinjam dan Cara Pembayarannya
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini