Urutan Versi Android Terbaru dari Awal Sampai Sekarang

Urutan Versi Android Terbaru – Android menjelma menjadi salah satu Sistem Operasi Mobile yang sangat populer sekarang ini. Hampir semua brand smartphone menggunakan OS Android sebagai sistem operasinya. OS Android sendiri merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan dirancang khusus untuk perangkat ponsel pintar dan komputer tablet. Android sendiri bersifat Open Source, sehingga siapa pun boleh mengembangakn dan memodifikasinya.

Urutan Versi Android Terbaru
Urutan Versi Android Terbaru

Alasan kuat banyak vendor ponsel pintar atau smartphone mengadopsi OS Android adalah karena sifatnya yang terbuka tersebut. Bukan hanya para vendor, para pengembang aplikasi juga banyak yang menciptakan aplikasi khusus yang bisa berjalan di OS Android tersebut. Sekarang ini OS Android tidak hanya bisa ditemukan di perangkat smartphone dan tablet saja, melainkan juga pada perangkat Televisi ada yang berbasis android.

Baca Juga:

Awal mulanya OS Android dikembangkan oleh Android Inc dengan bantuan finansial dari Google. Namun, pada tahun 2005 lalu Google secara resmi membeli Android tersebut dan terus dilakukan pengembangan hingga sekarang ini. Sudah ada banyak versi OS Android yang hadir, yang terbaru adalah Android 11 yang dirilis secara resmi pada tahun 2020 lalu. Bagi kamu yang ingin tahu urutan versi androdi terbaru secara lengkap, maka bisa membaca ulasan ini sampai selesai.

Urutan Versi Android Terbaru dari Awal Sampai Sekarang

Sebagian besar pengguna tahunya Android merupakan Operating System yang dikembangkan oleh Android. Padahal tidak, OS Android muali dikembangkan sejak tahun 2003 tepatnya dibulan Oktober. Berada dibawah naungan perusahaan Android Inc, perusahaan ini didirikan oleh Andy Rubin bersama ketiga temannya yakni, Nick Sears, Rich Miner, dan juga Chris White.

Hingga tapada tahun 2005 Android dibeli oleh Google dan pada tahun 2008 dirilis pertama kali pada HTC Dream sebagai sistem operasi Android. Sudah banyak versi dari Android ini dari awal berdirinya hingga sekarang ini, di antaranya:

1. Android v1.0 (Astro/Alpha) dan Android v1.1 (Bender/Beta)

Inilah OS Android pertama yang dirilis untuk HTC Dream pertama kali. Memang belum pernah dirilis untuk kebutuhan komersil, akan tetapi ini menjadi cikal bakal Android yang terkenal sekarang ini.

Diluncurkan pertama kali di tahun 2008 lalu, Andy Rubin masih mengambil andil untuk pengembangannya.

2. Androdi v1.5 Cupcake

Di urutan kedua ada OS Android versi 1.5 yang sudah mulai menggunakan nama dessert, yakni Cupcake. Inilah versi pertama OS Android yang menggunakan nama makanan manis dan terus menjadi tren.

Android versi 1.5 Cupcake ini sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2009 lalu, tepatnya di tanggal 30 April.

3. Androdi v1.6 Donut

Meneruskan nama makanan manis untuk seri OS Android lanjutan, kali ini Google memilih nama Donut untuk versi 1.6 ini. Android 1.6 ini sendiri diperkenalkan pada tanggal 15 September 2009 dengan menyematkan beberapa fitur baru.

Salah satu perkembangan yang paling terlihat dari versi Android ini yakni dukungan untuk layar HP yang lebih lebar.

4. Android 2.0 & 2.1 Eclair

Di versi Android 2.0 dan 2.1 Eclair ini beberapa bug yang ditemukan di versi sebelumnya sudah diperbaiki. Dan nama yang digunakan juga masih menggunakan nama dessert atau makanan manis.

Android 2.0 & 2.1 Eclair ini sendiri punya beberapa fitur menarik di dalamnya. Salah satunya adalah dukungan fitur Bluetooth yang mulai populer kala itu.

5. Android 2.2 Froyo (Frozen Yogurt)

Untuk versi Android Froyo ini sendiri dirilis pada bulan Mei 2010 lalu dan mulai dilirik oleh banyak brand smartphone kala itu. Sayangnya, fitur yang disematkan di Android 2.2 Froyo masih kurang menarik minat dan kalah dengan Symbian.

Meski begitu, beberapa dukungan fitur dihadirkan di versi Android ini, mulai dari fitur USB tathering, Wifi hotspot, performa ditingkatkan hingga peningkatan fitur keamanan.

6. Android 2.3 Gingerbread

Belum genap 1 tahun sejak perilisan Android Froyo, Google sudah meluncurkan lagi versi android terbaru yakni Android 2.3 Gingerbread. Android versi satu ini dirilis pada bulan Desember 2010 lalu.

Android 2.3 Gingerbread hadir dengan tampilan antarmuka yang sangat bagus, membuat beberapa brand smartphone mulai mengadopsinya. Salah satunya adalah Samsung yang menyematkan Android 2.3 Gingerbread ini di smartphone Samsung Galaxy Series.

7. Android 3.0 & 3.2 Honeycomb

Tidak seperti versi OS Android lainnya, Android 3.0 & 3.2 Honeycomb justru dikhususkan untuk perangkat tablet. Dirilis secara resmi pada bulan Mei 2010 lalu, beberapa brand juga sudah mulai memilih OS Android ini untuk perangkat tablet mereka.

Salah satu brand besar yang memilihnya yakni Samsung yang mengadopsikan Android 3.0 & 3.2 Honeycomb ini perangkat Samsung Galaxy Tab Series.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Beberapa hal yang paling tampak peningkatannya dari Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini adalah urusan animasi. Di mana animasi yang ditampilkan tampak lebih halus, simpel dan nyaman digunakan.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich sendiri dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 lalu dan beberapa pembaruan dihadirkan dalam OS Android versi ini.

9. Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean

Peningkatan signifikan sangat terasa di OS Android versi ini. Mulai dari dukungan interface yang lebih halus dan nyaman dimata, grafis yang menakjubkan hingga dukungan teknologi Vsync dan masih banyak lagi yang lainnya.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini sendiri secara resmi diperkenalkan ke muka publik pada bulan Juni 2012 lalu.

10. Android 4.4 Kitkat

Kala itu Android 4.4 Kitkat menjadi versi android pertama yang paling banyak digunakan oleh vendor smartphone. Beberapa tipe smartphone baru mengadopsi Android 4.4 Kitkat ini. Tidak lain karena fitur yang disediakan di dalamnya cukup lengkap.

Android 4.4 Kitkat memberikan berbagai optimasi yang sangat baik, sehingga bukan hanya ponsel berspesifikasi tinggi saja yang bisa menggunakannya, melainkan juga HP dengan spek standar bahkan rendah.

11. Android 5.0 & 5.1 Lollipop

Kejayaan Android mulai terlihat pada era Android 5.0 & 5.1 Lollipop ini. Meneruskan kesuksesan Androd Kitkat, Android 5.0 & 5.1 Lollipop mulai menyasar smartphone kelas atas.

Versi android satu bahkan diklaim sebagai pionir dihadirkannya smartphone flagship dengan dukungan spesifikasi yang tinggi.

12. Android 6.0 Marshmallow

Kalau versi Android 5.0 & 5.1 Lollipop ini diperkenalkan pada tahun 2015 lalu. Di OS Android ini fitur keamanan Fingerprint Sensor mulai dihadirkan di beberapa smartphone flagship. Smartphone juga bisa berkerja lebih optimal dengan dukungan OS Android tersebut.

Tidak hanya digunakan sebagai kunci layar, fitur Fingerprint Sensor ini juga difungsikan sebagai otentikasi Google Play Store.

13. Android 7.0 & 7.1 Nougat

Salah satu fitur paling menonjol ditemukan di versi Android 7.0 & 7.1 Nougat ini adalah fitur Splitscreen. Fitur ini memungkinkan kamu membagi layar smartphone menjadi 2 bagian yang berbeda.

Android 7.0 & 7.1 Nougat ini sendiri dirilis pada tahun 2016 lalu dan beberapa smartphone lama masih menggunakannya hingga sekarang ini.

14. Android 8.0 & 8.1 Oreo

Android Oreo hadir dengan kemampuan multitasking yang semakin ditingkatkan. Diperkenalkan pada bulan Agustus 2017 lalu, Android 8.0 & 8.1 menjadi versi Android kedua yang menggunakan nama brand ternama setelah Android Kitkat.

Android 8.0 & 8.1 Oreo juga termasuk salah satu OS Android yang masih digunakan smartphone terbaru saat ini.

15. Android 9.0 Pie

Di versi android ini salah satu peningkatan yang paling terlihat adalah fitur gesture yang disematkan di dalamnya. Ini menggantikan fungsi dari tombol fisik Recent App, Home dan Back sebagai navigasi.

Antarmuka yang ditampilkan juga tampak lebih halus  dan jernih sehingga membuat nyaman pengguna mengoperasikannya.

16. Android 10 (Android Q)

Pada versi Android ini Google sudah berhenti menggunakan nama makanan manis untuk OS-nya tersebut. Dirilis secara resmi pada bulan Maret 2019 lalu, awalnya OS ini hanya bisa ditemukan di beberapa perangkat saja.

Salah satu fitur paling menonjol ditemukan di OS versi ini yakni fitur Dark Mode. Tidak hanya membuat nyaman pengguna saat mengoperasikan smartphone di ruangan minim cahaya, fitur ini juga mampu mengoptimalkan performa baterai HP.

17. Android 11

Dan yang terakhir adalah Android 11 yang secara resmi dirilis pada tahun 2020 lalu. Mungkin masih jarang smartphone yang mendukung versi Android ini sebagai sitem operasi yang diadopsinya.

Beberapa peningkatan dihadirkan di Android 11, mulai dari fitur keamanan yang semakin canggih, tambahan fitur screen recorder, notifikasi, picture in picture, hingga fitur screenshot panjang. Android 11 menjadi versi Android kedua yang tidak menyematkan nama makanan manis sebagai namanya setelah Android 10 atau Android Q.

Penutup

Itulah tadi urutan versi android terbaru dari awal pengembangannya hingga yang terbaru di tahun 2021 ini. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini