Trik Membuat Smartphone Awet Jarang Disadari

18
Trik Membuat Smartphone Awet
Trik Membuat Smartphone Awet

Trik Membuat Smartphone Awet – Di era modern seperti sekarang ini, hampir semua orang punya yang namanya smartphone android. Perangkat elektronik canggih satu ini dihadirkan oleh banyak vendor dengan berbagai varian atau tipe. Mulai dari HP android yang khusus ditujukan untuk kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas. Setiap varian tersebut tentunya dibanderol dengan harga yang berbeda-beda, serta spesifikasinya pun juga berbeda.

Trik Membuat Smartphone Awet
Trik Membuat Smartphone Awet

Smartphone android terkenal dengan fitur-fiturnya yang sangat kaya sehingga mampu memudahkan aktivitas harian pengguna. Tidak hanya itu, HP android juga bisa menjadi sarana hiburan terbaik saat gabut atau bosan. Meski demikian, bukan berarti HP android tidak pernah mengalami masalah dalam penggunaannya. Beberapa kondisi kerusakan atau error sering dialmi pengguna pada HP androidnya.

Baca Juga:

Agar smartphone tidak mengalami masalah kerusakan atau error, perlu adanya tindakan yang harus dilakukan oleh si pemilik. Tindakan tersebut mungkin tidak disadari oleh pengguna, padahal dampak yang diberikan pada smartphone sangat baik. Daripada berlama-lama, simak ulasan berikut ini mengenai trik membuat smartphone awet yang tidak banyak pengguna sadari.

Trik Membuat Smartphone Awet Jarang Disadari

Trik Membuat HP Awet
Trik Membuat HP Awet

Merawat sebuah smartphone tidak hanya bisa dilakukan pada kompone fisik atau hardware-nya saja, melainkan juga bagian software-nya juga perlu dirawat. Meski demikian, tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara merawat HP android yang benar supaya awet. Berikut ini trik merawat smartphone agar awet yang bisa kamu terapkan, yakni:

1. Melapisi Layar dengan Tempered Glass

Salah satu trik membuat smartphone awet yang pertama adalah dengan melindungi bagian layar HP dengan tempered glass. Memang hampir semua HP android keluaran terbaru saat ini sudah dibekali dengan fitur pelindung layar. Hanya saja, dukungan tersebut dirasa masih kurang. Layar tetap saja berisiko mengalami pecah atau tergores oleh benda tajam.

Karena itu, penting untuk memberikan perlindungan tambahan pada layar dengan tempered glass. Sekarang ini sudah ada banyak sekali tempered glass yang dijual bebas di pasaran. Harganya bervariasi tergantung kualitas yang dimilikinya.

2. Menggunakan Case HP

Selain tempered glass, kamu juga perlu melindungi bodi HP android dengan case. Case HP ini juga banyak sekali pilihannya, yang mana bisa didapatkan di berbagai toko aksesoris HP. Namun, membeli case HP tidak boleh sembarangan. Pilihlah case HP yang dibuat dari bahan solid serta kuat sehingga mampu memberi perlindungan yang lebih terhadap bodi HP android.

Pastikan juga kamu memilih phone case yang sesuai dengan tipe HP androidmu, agar komponen fisiknya bisa digunakan dengan nyaman. Kenyamanan dalam menggunakan HP juga tidak boleh dilupakan supaya lebih maksimal dalam penggunaannya nanti.

3. Mengecas HP Secara Wajar dan Tepat

Cara membuat HP android lebih awet berikutnya adalah dengan melakukan chaging HP secara wajar dan tepat. Lakukan pengecasan HP ketika daya baterainya sudah tersisa minimal 20%. Mengecas HP juga tidak boleh terlalu lama, lepaskan charge dari HP jika baterai sudah mencapai angka 100%.

Kebanyakan pengguna tetap menggunakan HP androidnya meski daya baterai tersisa 20% ke bawah. Bahkan beberapa dari mereka sampai membiarkan HP lowbat atau ngedrop. Selain itu, ada pula pengguna yang mengecas HP hingga waktu semalaman. Kebiasaan seperti ini tidak hanya memperpendek usia baterai, tetapi juga bagian sistemnya. Sistem HP android akan mengalami error sehingga membuatnya kurang maksimal saat digunakan.

4. Sesekali Mengistirahatkan HP Android

Sama halnya seperti manusia, HP android juga perlu yang namanya istirahat. Jika terus digunakan tanpa istirahat, yang ada lama-lama HP akan mengalami kerusakan atau error. Entah itu kerusakan pada komponen fisik ataupun pada software-nya. Cara mengistirahatkan HP yang benar adalah dengan membuatnya dalam kondisi mati total. Diamkan HP dalam keadaan mati hingga beberapa menit. Atau jika memang HP dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari, maka kamu bisa mematikannya saat waktu tidur di malam hari.

Lagi pula, jika HP android tidak pernah dimatikan maka akan membuat file cache menumpuk. Penumpukan file cache ini bisa berakibat error pada sistem android, misalnya aplikasi dan game tidak bisa dibuka, HP ngelag atau hang dan lain sebagainya.

5. Menghapus File Foto dan Video yang Tidak Penting

Trik membuat smartphone android awet berikutnya adalah dengan menghapus foto dan video yang tidak diperlukan. Foto dan video yang tersimpan di memori akan membuat ruang penyimpanan tersebut semakin penuh. Belum lagi dukungan kamera HP yang semakin berkualitas membuat ukuran hasil jepretannya semakin besar pula.

Jika ini dibiarkan tentu akan membuat ruang memori internal akan cepat penuh. Dan apabila hal tersebut terjadi, maka berbagai error akan dialami oleh HP android. Misalnya HP mengalami lag, hang, bahkan lemot. Bahkan saat membuka suatu aplikasi dan game ringan pun performa HP sangat lambat.

6. Uninstall Aplikasi dan Game yang Tidak Diperlukan

Dan Cara terakhir untuk membuat HP android awet adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi dan game yang tidak diperlukan. Sama halnya seperti foto dan video, aplikasi yang terinstall di HP akan memakan banyak ruang di memori internal dan juga RAM. Belum lagi aplikasi dan game yang rutin meminta update, yang mana secara otomatis membuat ukurannya semakin membengkak.

Ruang memori internal dan RAM yang penuh akan membuat performa HP menurun. Bahkan lebih parahnya, HP akan mengalami error seperti sering ngelag, hang, aplikasi keluar sendiri dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa trik membuat smartphone awet yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi di atas agar juga bermanfaat untuk orang lain.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Online Terbaik
Artikel SelanjutnyaCara Membuat Video SlideShow di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini