Cara Mengatasi Tombol Power HP Rusak dan Penyebabnya

60
Tombol Power HP Rusak
Tombol Power HP Rusak

Tombol Power HP Rusak – Pada HP android dibekali dengan berbagai komponen hardware yang memiliki fungsi masing-masing. Misalnya saja komponen LCD atau layar yang berfungsi untuk menampilkan konten gambar, ada pula baterai yang berfungsi sebagai penyimpan daya dan menyalurkan arus listrik ke komponen lain. Serta juga bodi HP yang berfungsi untuk melindungi komponen dalam HP agar tidak mudah rusak atau terlepas sehingga HP tidak bisa berfungsi secara normal lagi. Dan masih banyak lagi kompone hardware di HP yang pastinya fungsinya sangat penting.

Tombol Power HP Rusak
Tombol Power HP Rusak

Di HP android disediakan beberapa jenis tombol yang juga punya fungsi tersendiri. Mulai dari tombol Power, tombol Volume, dan juga tombol Navigasi (Recent App, Home, Back). Namun, di sebagian besar HP keluaran terbaru saat ini tombol Navigasi dalam bentuk fisik sudah diganti menjadi tombol yang tertanam di layar alias tombol virtual. Ketiga jenis tombol tersebut tentunya sangat penting peranannya. Apabila ada salah satu tombol yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi, maka hal ini akan mengganggu kenyamanan pengguna dan HP tidak bisa dioperasikan secara normal.

Baca Juga:

Misalnya saja kerusakan terjadi pada tombol Power HP yang fungsi utamanya untuk menghidupkan dan mematikan HP android. Hal seperti ini memang bisa terjadi di merek dan tipe HP apa saja, termasuk HP flagship. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi tombol power HP rusak atau tidak berfungsi tersebut. Bahkan kamu yang masih terbilang awam pun tidak akan kesulitan untuk menerapkan cara tersebut. Untuk informasi selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Tombol Power Rusak di HP Android

Penyebab Tombol Power HP Rusak
Penyebab Tombol Power HP Rusak

Sebelum lanjut kamu perlu tahu dulu apa saja faktor yang bisa menyebabkan tombol Power pada HP Android mengalami kerusakan atau tidak berfungsi. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa lebih mudah untuk mengatasinya nanti. Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan tombol Power di HP android rusak, di antaranya:

  • Faktor Usia. Tidak hanya manusia, HP juga memiliki batas usia tersendiri yang nantinya berpengaruh terhadap fungsi komponennya, termasuk pada tombol Powernya. Karena sudah terlalu sering ditekan sehingga membuatnya rusak atau tidak berfungsi normal lagi.
  • Kotoran atau debu. Selain itu, penyebab lainnya yang bisa membuta tombol Power HP tidak berfungsi dikarenakan banyak debu atau kotoran yang masuk ke dalamnya. Aplagi jika HP tidak diberikan pelindung , tentunya risiko seperti ini akan semakin besar dialami.
  • HP terjatuh atau terbanting. HP yang tidak sengaja terjatuh atau terbanting, tentunya hal ini akan menyebabkan masalah serius pada komponen HP, termasuk pada tombol Powernya.
  • Kabel penghubung tombol Power terputus. Untuk penyebab satu ini memang memang tidak bisa diketahui dengan mudah, kita perlu melakukan pembongkaran. Selain karena kabelnya terputus, juga karena masalah kerusakan pada komponen lain penyusun tombol Power tersebut.
  • Masalah Sistem Android. Dan penyebab yang terakhir yakni karena adanya permasalahan pada sistem software android yang menyebabkan error pada tombol Power.

Cara Mengatasi Tombol Power HP Rusak yang Paling Ampuh

Sekarang kita lanjut pembahasan cara untuk mengatasi masalah tombol Power di HP Android yang rusak. Memang lebih mudah untuk mengatasi kerusakan tersebut dengan membawa HP ke tukang servis. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu.

Adapun beberapa cara mengatasi tombol Power HP rusak yang paling ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membersihkan Debu atau Kotoran di Tombol Power

Cara yang pertama bisa kamu terapkan yakni dengan mencoba membersihkan debu atau kotoran yang menempel di dalam tombol Power. Cara ini bisa diterapkan jika pada pinggiran tombol Power terdapat celah untuk masuknya debu atau kotoran.

Untuk membersihkannya bisa menggunakan jarum, tusuk gigi atau benda runcing lainnya. Lebih mudah lagi jika kamu melakukan pembongkaran casing HP dan membersihkan debu atau kotoran pada bagian tombol powernya. Selain pakai jarum, kamu juga bisa mencoba alat lain yakni vacuum cleaner mini (penyedot debu kecil).

2. Melakukan Reset dan Flashing HP Android

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa diterapkan jika permasalahan tombol Power tidak berfungsi normal akibat bug atau error pada sistem android. Bisa jadi karena adanya virus atau malware sehingga merusak fungsi dari tombol Power pada HP tersebut. Mula-mula kamu bisa melakukan reset HP terlebih dahulu. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Biometrik dan Keamanan.
  • Kemudian pilih opsi Reset. Jika memang ada data penting di dalam HP, maka kamu bisa melakukan pencadangan data terlebih dahulu.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

Jika memang masih belum bisa, maka kamu bisa lanjut melakukan flashing HP android. Untuk melakukan cara ini kamu perlu bantuan perangkat PC atau laptop, software FlashTool, dan juga file Firmware/ROM sesuai tipe HP yang ingin kamu flashing. Cara ini bisa kamu cari di internet sesuai dengan tipe HP android yang kamu miliki.

3. Mengganti Komponen Tombol Power

Dan cara yang terakhir untuk mengatsi permasalahan tombol Power HP yang rusak yakni dengan menggantinya. Kamu perlu melakukan pembongkaran HP, kemudian melepas komponen tombol yang terpasang di motherboard. Pastikan kamu berhati-hati saat akan melakukan pembongkaran dan pelepasan komponen tombol Power HP tersebut.

Jika sudah, selanjutnya kamu ganti komponen tombol yang sudah tersebut dengan komponen baru. Umumnya komponen tombol Power ini menjadi satu-kesatuan dengan tombol Volume, sehingga secara otomatis kamu juga akan mengganti komponen tombol Volume tersebut dengan komponen baru.

Alternatif Lain untuk Mengganti Peran Tombol Power HP

Meskipun tombol Power sudah rusak, kamu masih bisa kok mengalihkan fungsi tombol Power tersebut ke yang lain. Misalnya saja dengan memasang aplikasi tombol Power Virtual yang bisa diakses dari layar HP. Jadi, jika kamu ingin menghidupkan atau mematikan layar HP, maka bisa melalui tombol Power Virtual tersebut.

Ada banyak pilihan aplikasi di android yang memungkinkan untuk mengambil alih fungsi dari tombol Power. Salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan yakni bernama Shutdown yang dibesut oleh Samiadom. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut di HP android, yakni:

  • Pertama kamu download dan install aplikasi Shutdown melalui Google Playstore.
  • Jika sudah, kamu tinggal membuka aplikasi tersebut untuk nantinya menampilkan tombol untuk mematikan HP.
  • Aplikasi ini tidak membutuhkan root dan bisa digunakan secara gratis.

Sayangnya, aplikasi di atas tidak bisa digunakan untuk menyalakan HP android yang mati tanpa tombol Power. Sebagai gantinya, kamu bisa menghidupkan layar HP yang mati dengan memanfaatkan fitur Double Tap Screen, mencharger HP, atau mengeluarkan SIM Card.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi tombol Power HP rusak yang paling ampuh dan juga beberapa penyebabnya yang harus kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaBeberapa Cara Ampuh Menghapus Semua Tweet Twitter Sekaligus
Artikel SelanjutnyaBegini! Cara Mendapatkan Centang Hijau atau Verified Badge Pada WhatsApp
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini