Cara Mengatasi Tombol Home Tidak Berfungsi di Android

29
Tombol Home Tidak Berfungsi
Tombol Home Tidak Berfungsi

Tombol Home Tidak Berfungsi – HP android dibekali dengan beberapa tombol fisik dengan fungsinya masing-masing, mulai dari tombol Power, tombol Volume, tombol Home, tombol Back dan juga tombol Recent. Untuk tombol Power memiliki fungsi utama untuk mematikan dan menghidupkan layar HP. sementara untuk tombol Home berfungsi untuk mengembalikan tampilan HP ke layar utama. Selanjutnya tombol Volume berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil suara di HP. Dan untuk tombol Back dan Recent masing-masing berfungsi untuk kembali ke tampilan sebelumnya dan untuk menampilkan aplikasi yang dijalankan sebelumnya.

Tombol Home Tidak Berfungsi
Tombol Home Tidak Berfungsi

Selain fungsi utama di atas, beberapa tombol tersebut juga punya fungsi tambahan lain, di mana fungsinya ini bisa berguna pada kondisi tertentu. Misalnya saja tombol Volume yang juga bisa berfungsi untuk tombol navigasi saat mengakses Recovery Mode atau Fastboot Mode. Atau juga tombol Home yang juga bisa difungsikan sebagai tombol untuk membuat Asisten Google dan lain sebagainya. Fungsinya yang penting ini tentunya akan membuat HP tidak bisa digunakan secara maksimal jika ada satu saja tombol yang error atau rusak.

Baca Juga:

Salah satu tombol yang sering mengalami kerusakan pada perangkat smartphone yakni tombol Home. Tombol tersebut terkadang tidak berfungsi normal, di mana pengguna perlu menekan dengan keras agar bisa digunakan. Bahkan dalam kondisi terparah, tombol Home sama sekali tidak bisa digunakan oleh pengguna. Lantas, bisa tombol Home tidak berfungsi tersebut diperbaiki agar berfungsi normal lagi? Tentu bisa. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Tombol Home Tidak Berfungsi di Android

Tombol Home memang tidak begitu sering digunakan oleh pengguna. Namun, pada kondisi tertentu tombol Home di HP tersebut sangat berguna dan fungsinya tidak bisa diganti oleh tombol lain pada HP. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tombol Home tidak berfungsi di HP android tersebut, di antaranya:

  • Penginstalan aplikasi yang tidak kompatibel dengan HP.
  • Virus dan malware yang masuk ke sistem android dan menyerang komponen fisik, termasuk tombol Home.
  • Aktivitas rooting HP android.
  • Aktivitas mengganti ROM original ke custom ROM di HP android.
  • Sistem android mengalami error atau terdapat bug.
  • Komponen fisik pada tombol Home yang bermasalah atau rusak.
Mengatasi Tombol Home Tidak Berfungsi
Mengatasi Tombol Home Tidak Berfungsi

Mengetahui beberapa penyebab tombol Home di HP tidak berfungsi di atas, kita bisa lebih mudah untuk melakukan perbaikan pada tombol Home tersebut. Adapun cara mengatasi tombol Home HP tidak berfungsi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Uninstall Aplikasi di HP

Jika kejadian tombol Home yang tidak berfungsi normal ini dialami ketika selesai menginstall aplikasi baru, bisa jadi penyebab utamanya karena aplikasi tersebut. Atau mungkin juga karena aplikasi baru tersebut sudah terdapat virus dan malware di dalamnya, sehingga masuk ke sistem HP dan merusak fungsi dari tombol Home-nya. Hal ini sering terjadi jika kamu mendownload file aplikasi dari luar Google Playstore, khususnya di situs-situs yang tidak jelas.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu lakukan uninstall atau penghapusan pada aplikasi baru tersebut. Caranya tekan dan tahan pada ikon aplikasi tersebut hingga muncul beberapa opsi di atasnya, lalu pilih Hapus Instalasi atau Uninstall. Lakukan restart HP terlebih dahulu dan kamu sudah bisa menggunakan tombol Home di HP secara normal.

2. Lakukan Unroot HP Android

Alternatif lainnya untuk mengembalikan fungsi dari tombol Home yakni dengan melakukan unroot HP android. Hal ini perlu kamu lakukan jika memang HP-mu saat ini sudah dilakukan rooting. Aktivitas semacam ini memang memungkinkan pengguna bisa bebas melakukan berbagai hal pada perangkat android, namun secara tidak langsung akan memberikan celah pada keamanannya.

Melakukan unroot dan oprek android juga memperbesar peluang perangkat android mengalami error, termasuk menyebabkan tombolnya tidak berfungsi normal. Untuk melakukan unroot HP android kamu bisa menggunakan aplikasi root yang digunakan sebelumnya untuk me-rooting HP. Atau bisa juga menggunakan aplikasi Super su Root Checker + Unroot untuk unrooting HP android.

3. Mengembalikan HP ke Stock ROM atau ROM Bawaan

Menggunakan custom ROM memang bisa membuat tampilan HP menjadi lebih unik dan menarik, pastinya tidak sama dengan HP yang masih menggunakan ROM original. Kita tahu di internet terdapat banyak sekali pilihan custom ROM dengan kelebihannya masing-masing. Akan tetapi, tidak semua custom ROM berfungsi baik dan normal. Tidak jarang custom ROM ini tidak cocok dipasang di HP sehingga membuat beberapa fungsinya tidak berjalan seperti biasanya.

Sebaiknya lakukan pengembalian custom ROM ke stock ROM atau ROM bawaan HP agar kembali normal. Termasuk juga membuat tombol Home di HP bisa berfungsi seperti semula. Kamu bisa mengunduh ROM original ini di situs resmi brand HP yang kamu gunakan, sesuaikan juga ROM dengan tipe HP yang kamu milliki, kemudian memasangnya di perangkat tersebut.

4. Melakukan Factory Reset HP Android

Alternatif lainnya untuk memperbaiki tombol Home yang tidak berfungsi normal yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini akan membuat semua data di HP yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen. Jadi, pastikan Anda sudah melakukan backup data penting yang tersimpan di dalamnya, baik ke memori eksternal atau ke penyimpanan cloud.

Ada dua cara untuk melakukan reset HP android, yakni melalui menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode. Di sini akan dijelaskan cara factory reset HP android lewat Recovery Mode, yakni:

  • Matikan HP android seperti biasa.
  • Kalau sudah mati, sekarang Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga layar HP menyala. Pada beberapa tipe HP ada yang menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Bawah atau Power + Home + Volume Atas.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode. Selanjutnya kamu bisa gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Sekarang pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Dan konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, kemudian pilih Reboot System Now.
  • Tunggu sampai HP menyala kembali.

5. Lakukan Servis HP Android

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, namun tetap saja tombol Home tidak berfungsi, bisa jadi ini karena komponen fisik tombol Home tersebut yang mengalami kerusakan. Kamu perlu membongkar HP dan cek pada bagian tombol Home tersebut.

Jika memang ada kerusakan, maka kamu bisa melakukan perbaikan atau penggantian komponen. Butuh pengetahuan khusus untuk melakukan servis tombol Home ini. Lebih gampangnya serahkan tugas ini ke tukang servis HP.

Penutup

Sebenarnya ada alternatif lain untuk membuat tombol Home bisa berfungsi lagi di HP, yakni dengan penggunaan aplikasi pihak ketiga di HP. Misalnya saja menggunakan aplikasi Assitive Touch yang akan menggantikan fungsi dari tombol Home fisik di HP. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaPenyebab dan Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung di HP
Artikel Selanjutnya2 Cara Cek Sensor Samsung yang Paling Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini