6 Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone

6 Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Pada jaman sekarang ini perkembangan teknologi smartphone memanglah begitu pesat. Terbukti dari hitungan bulannya saja dari 1 brand ponsel pintar mampu mengeluarkan varian terbarunya secara berkala. Tentunya hal ini terjadi di karenakan fitur dan kecanggihan smartphone yang begitu cepat berkembang sehingga membuat banyak pemakai smartphone kepincut. Tak heran jadi, kalau jual beli HP sekarang ini juga begitu cepat terjadi. Entah itu melalui sosial media, marketplace maupun pada setiap konter HP.

6 Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone

Mengikuti perkembangan smartphone memang lumrah adanya. Kalian dapat saja mengganti HP yang baru setiap tahun untuk mendapatkan teknologi yang terbaru dan pastinya terupdate demi menunjang aktivitas. Selain itu juga, banyak orang yang memutuskan untuk menjual ponsel pintar mereka dengan berbagai alasan selain mengikuti perkembangan teknologi tadi. Seperti HP yang sering bootlop, butuh uang cepat, dan kendala lainnya yang mengharuskan mereka menjual HP tersebut. Menjual sebuah smartphone kedengarannya memang mudah. Yang mana bentuknya yang kecil dan di butuhkan banyak orang menjadikan HP tak sulit untuk di jual.

Baca Juga:

Akan tetapi, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menjual smartphone kesayangan kamu. Tak cuma supaya harga jualnya menjadi menurun, tetapi juga agar keamanan data milikmu terjaga dan tidak di salah gunakan orang lain. Jangan sampai, ketika anda hendak menjual smartphone tersebut ternyata di dalam nya masih ada data pribadi kamu. Seperti foto, video, aplikasi, akun email serta game yang masih terhubung dan lain-lain yang seharusnya di hapus tapi anda lupa. Wah bisa gawat bukan. Tapi tenang gak perlu khawatir, sebab pada artikel kali ini kita akan memberikan anda beberapa tips.

6 Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone

Tips ini bertujuan agar semua data yang kamu miliki aman, terindar dari orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu penting untuk anda mengetahui tips sebelum menjual HP ini. Berikut adalah beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui.

1. Backup Data HP

Ya, hal pertama yang mesti kamu lakukan sebelum memastikan untuk menjual HP adalah melakukan backup data terlebih dahulu. Backup data ini tentunya untuk menghindari resiko kehilangan data kamu sebelumnya yang ada pada HP tersebut. Jadi, jika nanti data tersebut di butuhkan lai, maka bisa kamu simpan lagi ke smartphone yang baru atau lainnya. Berbagi file yang wajib di backup di antaranya adalah foto, video dan data yang menurut kalian penting yang tidak boleh hilang harus di utamakan.

Backup Data HP

Untuk cara melakukan backup data sendiri terdapat banyak cara ya. Bisa dengan menggunakan layanan Cloud seperti Gdrive, Mediafire dan lain-lain. Kemudian bisa juga dengan menggunakan memori eksternal ya seperti MicroSD. Dan juga dapat melakukan backup data langsung dengan mentransfernya melalui kabel USB ke dalam komputer atau laptop anda. Nah kemudian kontak telepon ini juga gak kalah penting, untuk menyalinnya gampang tinggal kamu salin saja ke SimCard atau biasanya sudah tersaling otomatis melalui akun Gmail. Jadi, kamu tinggal masukan aja Gmail sebelumnya di HP lama ke HP yang baru maka secara otomatis kontak telepon semua akan tersalin ke HP baru.

2. Melakukan Factory Reset

Setelah berhasil mengbackup data smartphone, sekarang waktunya untuk melakukan factory reset terhadap perangkat android tersebut. Bagi kamu yang belum tau, apasih factory reset itu? Jadi. Factory reset merupakan suatu cara yang dapat mengembalikan keadaan android smartphone menjadi seperti semula seperti baru keluar dari pabriknya. Jadi dalam kata lain, semua aplikasi dan data yang sebelumnya ada pada ponsel pintar tersebut akan hilang tak tersisa. Yang tersisa nantinya hanyalah aplikasi yang benar-benar dari pabrikannya.

Karena kalau tidak melakukan cara ini maka data kamu yang baru di hapus masih bisa di kembalikan oleh mereka yang ahli di bidang smartphone. Oh iya, sistem operasi dari android juga akan kembali menjadi default rilisan pertama kali. Maka setelah melakukan factory reset alangkah baiknya untuk melakukan update android ya. Untuk melakukan factory reset ini sangat lah mudah. Anda tinggal pergi ke menu Settings atau Pengaturan pada smartphone, dan scroll ke bawah lalu tekan menu Backup & Reset, kemudian pilih Factory Data Reset. Tinggal tunggu hingga proses nya selesai.

3. Mengeluarkan Memori MicroSD

Mengeluarkan Memori MicroSD

Terdengar sepele tapi ya, di jaman smartphone sekarang memori eksternal tak lagi termasuk ke dalam pembelian. Maka dari itu sesudah melakukan langkah-langkah di atas anda wajib untuk mengeluarkan kartu memory anda pada HP tersebut sebelum di jual. Bagian ini sebenarnya sangat mudah ya untuk di lakukan. Tapi siapa sangka kalau tak sedikit orang yang terkadang juga masih lupa untuk mencabut memory eksternal mereka pada smartphone lama. Lebih bahayanya lagi walaupun kita sudah melakukan factory reset, semua data yang ada pada MicroSD ini tidak akan ikut terhapus lo. Jadi gak heran ya kalau banyak kasus kebocoran data di karenakan hal sepele ini.

4. Melakukan Unroot

Nah cara satu ini wajib nih untuk kamu lakukan jika sebelumnya HP tersebut pernah di root. Karena, salah satu alasan yang membuat harga suatu smartphone menurun ketika di jual ialah akses root. Jadi pastikan kamu melakukan unroot ya agar si pembeli tidak menurunkan harga ketika mau membeli smartphone tersebut. Untuk melakukan unroot sendiri sudah sangat gampang sekali di masa sekarang ini.

Kamu cukup download aplikasi root dari Google Play Store seperti KingRoot, SuperSU dan lain sebagainya. Nah jika sudah terinstall, segera manfaatkan layanan unroot yang telah di sediakan oleh semua aplikasi tersebut. Contohnya pada aplikasi Super SU, kita hanya perlu masuk ke menu Setting pada SuperSU, dan pilih opsi Full Unroot.

5. Melakukan Enkripsi Data

Melakukan Enkripsi Data

Faktanya bahwa, sekarang ini sudah ada sebagian orang yang mengembalikan lagi data yang sebelumnya telah di hapus. Jadi melakuakn factory reset saja masih belum cukup. Nah untuk menambahkan keamanan data kita sebelumnya maka di perlukannya untuk melakukan yang namanya enkripsi data. Setelah melakukan enkripsi data ini maka 100% data yang tadi sudah terhapus tidak akan bisa di bangkitkan kembali bagaimanapun caranya. Untuk langkah-langkahnya juga sangat lah mudah ya, jadi tidak perlu khawtir untuk mencobanya. Buka Settings pada smartphone, tekan menu Security, lalu pilih Encrypt Phone, tunggu sebentar hingga proses selesai.

6. Membersihkan HP dari Debu

Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah membersihkan smartphone dari debu yang menempel. Adapun bagian yang wajib kamu bersihkan seperti laayr, body belakang, port jack dan speaker. Kamu bisa membersihkan bagian selah-selah lubang dengan menggunakan katembat kecil ya. Dan pada bagian layar dan body belakang gunakan lah lap halus atau tisu. Tentunya dengan tampilan yang bersih, HP akan terlihat lebih bagus dan calon pembeli tidak akan menurunkan harga di karenakan HP terlihat berdebu.

Penutup

Baiklah, itu dia tadi informasi yang dapat saya sampaikan pada artikel kita kali ini yang berjudul 6 Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone. Jangan lupa untuk share artikel kita, dan bookmark situs kita agar kalian tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini