7 Tips Merawat Power Bank Jadi Awet

7 Tips Merawat Power Bank Jadi Awet Jika kamu seorang pengguna smartphone yang tak pernah luput dari genggaman, pasti bisa jadi anda juga bersahabat dengan Power Bank. Hal itu sendiri terjadi akibat banyaknya aktivitas yang di lakukan oleh setiap orang, tak jarang mengharuskan kita untuk membawa Power Bank sebagai pengisi daya smartphone di kala kesibukan melanda. Kini, menyadari betapa pentingnya perangkat Power Bank di pakai orang hampir seluruh dunia. Banyak vendor yang menghadirkan PB (Power Bank) dengan berbagai spesifikasi dan juga harga yang beragam.

7 Tips Merawat Power Bank Jadi Awet

Banyaknya kehadiran penyimpanan daya baterai tersebut di publik, dengan spesifikasi yang berbeda-beda tentu menawarkan harga yang berbeda juga. Mulai dari yang 80 ribuan hingga ratusan ribu menjadi suatu pilihan menarik bagi sebagian besar konsumen. Tapi memang, dalam pemilihan benda elektronik seperti ini sebagian orang pasti memilih harga yang cukup mahal untuk penggunaan jangka panjang. Akan tetapi mau harga dan spesifikasi setinggi apapun, yang namanya benda elektronik apa lagi sejenis Power Bank juga pasti rentan akan terjadinya kerusakan. Entah itu secara hardware maupun kesalahan pengguna.

Baca Juga:

Namun, gak usah khawatir. Sebab ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui dalam menjaga ke awetan pemakaian dari PB kesayangan milikmu. Kamu gak mau kan Power Bank kesayangan tersebut yang di beli dengan harga mahal rusak begitu saja dengan cepat. Yang bahkan terkadang masa pemakaiannya gak sampai 1 tahun. Nah, pada artikel kita kali ini Bukandroid akan mencoba membantu kamu. Tentu dalam mengetahui 7 Tips Merawat Power Bank Jadi Awet yang wajib untuk kalian ketahui. Tips-tips ini nantinya mungkin tak pernah terpikrkan oleh anda, mengetahui hal tersebut merupakan suatu hal yang sepele pada kebanyakan orang.

7 Tips Merawat Power Bank Jadi Awet

Untuk mempertahankan keawetan suatu benda elektronik memang gampang-gampang susah ya, susahnya jika kita gak tau harus berbuat apa. Tapi gak perlu bingung, yuk langsung saja simak rangkuman kita di bawah ini yaa.

1. Stop Gunakan Smartphone Ketika di Charger

Stop Gunakan Smartphone Ketika di Charger

Tips pertama yang mesti anda ketahui yaitu, berhenti menggunakan HP ketika sedang di charger pada Power Bank kamu! Karena tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan baterai ponsel kamu saja. Melainkan juga akan menimbulkan dampak negatif kepada Power Bank tersebut. Kalau kebiasaan buruk itu terjadi terus menerus, maka tak menutup kemungkinan usia baterai pada PB itu sendiri akan cepat berakhir. Pasalnya, melalui aktivitas buruk itu akan mampu membuat arus listrik pada baterai PB yang di hasilkan menjadi tidak stabil dan menimbulkan suhu panas yang berlebih. Oleh karena itu, cobalah untuk segera menghilangkan kebiasaan buruk ini ya.

2. Charger Power Bank Ketika Lowbat Saja

Tips selanjutnya ialah memperhatikan indikator LED yang merupakan pertanda isi dari daya pada baterai PB tersebut. Di mana hal ini sendiri cukup banyak di anggap remeh oleh sebagian orang. Jadi, perhatikan indikator PB sebelum kamu melakukan isi daya, kalau LED lampu masih menyala lebih dari 2 maka jangan dulu kamu charger. Pastikan kalau anda hendak ingin mengisi daya power bank, lakukan lah pada saat indikator menunjukan hanya 1 LED yang menyala ya.

Segera Charger Power Bank Ketika Lowbat

Kenapa harus demikian? Kalau daya baterai masih terbilang banyak dan langsung di charger begitu saja. Maka kebiasaan tersebut akan terus berulang dan itu buruk bagi kelangsungan hardware pada PB itu sendiri. Selain itu, hindari juga kebiasaan kalian dalam membiarkan power bank kehabisan semua daya listriknya lalu baru di charger. Hal tersebut akan menyusuhkan sekali ketika kamu nantinya sedang membutuhkannya, dan faktor tersebut juga dapat menghambat dalam pengisian daya menjadi lebih lama.

3. Hindari Pengisian Daya Secara Berlebih

Hindari Pengisian Daya Secara Berlebih

Terkadang secara tidak sengaja banyak pengguna yang melakukan pengisian daya di malam hari lalu lupa untuk mencabutnya. Sehingga Power Bank terus dalam keadaan terisi dari malam hingga pagi, hal ini lah yang wajib kalian hindari dalam menjaga keberlangsungan hidup dari Power Bank milik kamu. Pada perangkat elektronik layaknya power bank sendiri belum banyak memiliki lisensi seperti Over Charging Protection. Yang berfungsi dalam memutuskan arus listrik secara otomatis pada perangkat elekronik tersebut. Itu saja baru sebagian smartphone canggih dan keluaran terbaru yang mempunyai fitur ini.

Tips untuk menghindari kecerobohan ini tentunya jangan melakukan pengisian daya pada saat anda hendak mau tidur ya. Lakukan lah ketika beberapa jam sebelum jam tidur, atau dapat juga mengingatkan temat atau saudara yang berada di dekat mu untuk mencabut colokan charger tersebut. Dan juga selalu perhatikan indikator LED power bank milikmu, apabila indikator itu sudah menunjukan Full LED menyala, maka segelah untuk menghentikan pengisian daya.

4. Hindari Pemakaian di Tempat Panas

Hindari Pemakaian di Tempat Panas

Tips berikutnya ini saya pribadi pernah mengalami nya. Di mana pada saaat saya menggunakan power bank di luar ruangan dalam kondisi yang cukup panas, yang saya rasakan pada body power bank tersebut lebih panas. Selain itu di dalam ruangan bersuhu panas pun dapat menyebabkan kasus ini terjadi lo, yang di sebabkan kurangnya sirkulasi udara yang ada. Dampak dari kejadian ini sendiri akan sangat berpengaruh pada kesehatan baterai pada power bank itu sendiri. Sebab ia menyimpan suhu panas yang berlebih sehingga panas tersebut bisa di rasakan dari bodynya langsung.

5. Hindarkan Power Bank Dari Benturan

Hindarkan Power Bank Dari Benturan

Meskipun kebanyakan body pada power bank kelihatan tebal, bukan berarti ia tahan terhadap benturan ya guys. Karena tetap saja bodynya PB tersebut tak di desain untuk bertahan terhadap benturan, apa lagi body yang berbahan plastik. Benturan sendiri bisa mengakibatkan semua komponan di dalam PB menjadi sedikit longgar dan menimbulkan banyak kerusakan. Untuk effek benturan itu sendiri dapat langsung terasa jika memang komponennya mengalami gangguan. Oleh karena itu lebih berhati-hati lah dalam menggenggam dan menaruk power bank milikmu ok, jangan sampai hal buruk terjadi.

6. Membersihkan Body Power Bank

Tips terakhir kita kali ini adalah membersihkan body power bank dengan berbagai cara yang kamu bisa. Sebab, tak hanya menjaga kesehatan dari komponen dalamnya saja, melainkan dari luar juga, supaya PB kalian terlebih seperti baru kembali. Sarankan saya sendiri gunakan lah tisu beralkohol yang bnyak di jual pada toko terdekat ya. Kalau kalian bingung bisa cek gambarnya di google ya, atau klik disini. Cara penggunaannya juga sangat mudah, eluskan tisu beralkohol tersebut ke bagian body secara perlahan dan sedikit di tekan pada bagian kotor. Dengan begitu semua noda pada body akan cepat menghilang dan permukaannya tak nampak basah.

Penutup

Demikian isi artikel kita kali ini terkait 7 Tips Merawat Power Bank Jadi Awet. Jangan lupa share artikel kita yaa, terimkasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini