Tips Mengamankan HP Dari Serangan Hacker

131
Tips Mengamankan HP Dari Serangan Hacker
Tips Mengamankan HP Dari Serangan Hacker

Tips Mengamanakan HP Dari Serangan Hacker Keamanan pada smartphone agar tidak terkena hack oleh hacker menjadi salah satu bagian terpenting yang harus di jaga. Karena smartphone sering kali digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting yang menjadi privasi kalian. Bisa di bilang kalau saat ini sistem operasi android memang banyak di gemari oleh masyarakat bahkan di seluruh dunia. Perangkatnya di bandrol dengan harga yang cukup terjangkau dan OS ini juga memiliki beragam fitur dan aplikasi yang menarik.

Tips Mengamankan HP Dari Serangan Hacker

Keamanan data merupakan hal yang menjadi permasalahan setiap orang yang menggunakan berbagai teknologi seperti HP untuk mempermudah kehidupan. Bahkan perusahaan besar pun sampai saat ini tetap merasa khawatir terhadap keamanan data yang mereka miliki. Sangat di sayangkan sekali bukan jika data kalian di ambil oleh orang lain? oleh karena itu sangat penting bagi anda yang memiliki data berharga melakukan antisipasi agar masalah itu tidak terjadi.

Baca Juga:

Serangan hacker saat ini sangat mudah terjadi bahkan pada saat kalian meletakan smartphone di mana pun dalam keadaan menyala pasti beresiko untuk menerima virus atau malware. Bahkan kemungkinan peretas hacker dari halaman internet yang telah kalian kunjungi atau dari HP itu sendiri. Adapun ciri jika HP kamu di hacker oleh orang yaitu melihat aplikasi itu terbuka sendiri dan baterai lebih cepat habis nah ini menunjukan adanya masalah pada HP kamu.

Tips Mengamankan HP Dari Serangan Hacker

Nah seringkali pengguna android ini krang hati – hati dan waspada terhadap serangan hacker. Kelalaian pengguna seringkali menjadi celah yang di manfaatkan oleh para hacker untuk menjalankan aksinya. Oleh karena itu di artikel ini akan membahas tentang bagaimana tips mengamankan HP dari hacker yang mudah sekali di lakukan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengamankan HP kalian.

1. Jangan Menyimpan Kata Sandi Di Browser

Pasti kebanyakan dari kita sering menyimpan password di dalam browser dan layanan online lainnya seperti facebook. Jangan pernah pakai fitur auto login atau remember password, fitur ini memang sangat nyaman digunakan, karena kita tidak repot lagi mengetikkan username dan password lagi ketika kita membuka layanan online. Kebiasaan ini jika masih di lakukan kemungkinan besar seseorang yang mempunyai niat jahat bisa mengambil semua informasi dan mengaksesnya. Ada saja celah untuk orang melakukkan hacking misalkan saja, HP kita hilang maka mereka dapat mengakses semua akun dengan bantuan kata sandi yang tersimpan.

Jangan Menyimpan Kata Sandi Di Browser

Bila hal ini terjadi akan ada penyesalan, nah bahkan jika kamu menggunakan perangkat smartphone atau PC sendiri sebaiknya hindari penggunaan fitur tersebut. Jangan sembarangan simpan semua daftar paswsword di dalam HP, apalagi untuk informasi yang penting seperti informasi internet banking. Sebaiknya hindari fitur penggunaan tersebut, karena berpotensi memberi celah keamanan jika HP kamu di gunakan orang lain.

2. Lindungi Data Sensitif

Sangat penting sekali melindungi data yang sangat sensitif dalam penyimpanan internal smartphone. Meskipun, dengan cara entri PIN dan kunci kata sandi sangat membantu secara efektif, Smartphone adalah komputer mini dengan penyimpanan yang mudah di lepas. Bahkan terlalu mudah sekali untuk mengambil data hanya dengan menyambungkan ke komputer atau mengeluarkan kartu microSD. Sedangkan penyimpanan internal tersedia perangkat lunak yang dapat mengenkripsikan file atau folder, jadi kode harus di masukkan terlebih dahulu sebelum file di salin.

Lindungi Data Sensitif

Banyak perangkat lunak ini dapat di unduh dan di gunakan secara gratis dapat bekerja secara efektif dengan telepon anda untuk memberikan perlindungan otomatis. Contoh perangkat lunak tersebut ialah AutoKrypt tetapi lakukkan berbelanja untuk menemukan solusi yang tepat untuk pengaturan kalian. Selalu cadangkan data kalian untuk melindungi smartphone dari serangan hecker. Bagi pengguna iphone bisa di cadangkan di iCloud dan dapat menyimpan data di Dropbox atau OneDrive.

3. Gunakan Kunci Kartu SIM

Smartphone sekarang ini menjadi tempat dimana menyimpan sebagian besar data pribadi mulai dari nama, alamat, dan nomor telepon orang penting. Mengkunci layar memang sangat membantu tetapi tidak untuk menghentikan seseorang mengeluarkan karti SIM kamu dar HP. Jika seorang hacker dapat menyusup ke perangkat kita, hacker dapat mengakses semua data tersebut, sehingga sangat penting sekali untuk melindungi kartu SIM dari hacker. Untuk mencegah hal ini terjadi, atur kunci kartu SIM dalam bentuk nomor PIN yang perlu dimasukkan ketika telepon di hidupkan untuk menghubungkan ke jaringan.

4. Kuci Layar Dan Kunci Aplikasi

Kuci Layar Dan Kunci Aplikasi

Kunci layar dan kunci aplikasi menjadi salah satu hal terpenting untuk melindungi HP kita dari teman kita saat meminjam HP. Banyak sekali aplikasi menawarkan kunci berbentuk pola, PIN dan bahkan sampai pengenalan wajah. Walaupun penggunaan keamanan tambahan seperti sidik jari dan pengenalan wajah tidak terlalu sempurna, tapi ini menjadi cara alternatif untuk melindungi HP kalian. Seorang hecker profesional bisa saja menyalin sidik jari atau memakai foto kamu untuk menipu kamera pengenalan wajah. Maka dari itu sangat di saran kan untuk membuat kode PIN kata sandi agar sulit di pecahkan tapi mudah di ingat oleh kalian. Nah disinila kita bisa menggunakan aplikasi mengkuci layar dan aplikasi.

5. Hindari Aplikasi Pihak Ketiga

Mungkin kalian tau apa bahayanya memakai aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang tidak resmi. Banyak orang menginstal aplikasi yang tidak resmi pada smartphone, kemudian malahan membuang aplikasi bawaan yang memang sudah ada di smartphone. Apapun yang di unduh dari situs yang tidak resmi akan mendapatkan banyak virus dalam file yang anda bawa bersama aplikasi itu. Sebaiknya jangan menginstal aplikasi yang tidak resmi dari situs-situs yang tidak terpecaya, tentu itu akan ada kemungkinan smartphone malah bisa terserang oleh hacker. Jadi lebih baik menarik lagi instalasi pihak ketiga dan hanya menggunakan situs resmi seperti yang tersedia di google playstore untuk menggunduh file.

6. Memasang Antivirus yang Berkualitas

Memasang Antivirus yang Berkualitas

Aplikasi di dalam smartphone rasanya perlu sekali untuk proteksi atau perlindungan HP kamu. Selain untuk menghapus semua virus berbahaya yang ada di HP, ternyata antivirus juga berguna untuk melindungi dari jeratan hacker. Hacker senang sekali memakai malware untuk mendapatkan password dan informasi di akun kalian, untungnya kalian bisa atasi dengan antivirus yang mempunyai fitur lengkap. Jadi, kalian pastikan sebelum membuka sumber dari luar termasuk email, file dan lainnya itu tidak terdapat virus yang bisa membahayakan smartphone kalian.

7. Perlindingan Nirkabel

Selalu pastikan kalau kalian mematikan koneksi nirkabel yang sedang tidak di gunakan, ini memastikan bahwa orang tidak dapat terhubung ke perangkat anda. Selain itu, kalian harus periksa pengaturan keamanan jaringan ponsel, karena tanpa di sadari di dalam pengaturanya di konfirgurasikan secara otomatis terhubung ke jaringan saat dalam jangkauan. Jika kalian menggunakan hotspot, hati-hati terhadap koneksi jahat hacker yang nyaris sama dengan hotspot yang sah dari perusahaan besar. Pastikan router nirkabel kalian akses di rumah di lindungi oleh kata sandi yang sulit untuk di ketahui.

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mengamankan HP dari serangan hacker. Tips ini sangat berguna untuk mencegah data-data penting yang di HP kita. Jangan lupa kalian share artikel ini ke sosial media kalian dan sampai jumpa.

Artikel SebelumnyaAplikasi Wajib Untuk Ibu Hamil!
Artikel SelanjutnyaMeningkatkan Suara Smartphone Dengan Aplikasi
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini