Tips Memilih Power Bank yang Awet Buat HP Android

Tips Memilih Power Bank yang Awet – HP android sudah menjadi salah satu perangkat gadget yang cukup populer dan diminati sekarang ini. Penggunaannya yang mudah serta memiliki beragam fitur keren di dalamnya, menjadi alasan banyak orang menyukai perangkat HP satu ini. HP berbasis anadroid didukung oleh banyak sekali jenis aplikasi dan game yang bertujuan untuk memudahkan aktivitas harian pengguna. Selain itu, juga untuk menghibur penggunanya dengan permainan seru dan menyenangkan.

Tips Memilih Power Bank yang Awet
Tips Memilih Power Bank yang Awet

Beberapa vendor HP terus berinovasi dengan menghadirkan produk HP terbaru yang dibekali beragam keunggulan. Tidak lupa juga penyematan komponen mumpuni untuk menghasilkan performa yang handal. Dari beberapa komponen yang ada, baterai tampaknya menjadi salah satu komponen yang juga sangat diperhatikan oleh pengguna. Baterai dengan kapasitas besar lebih menarik minat karena menawarkan waktu penggunaan yang lebih lama.

Baca Juga:

Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur membeli HP dengan baterai berkapasitas kecil hingga sedang? Atau umur baterai yang sudah lama sehingga menjadi lebih boros? Tenang saja, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli power bank. Power bank sendiri berfungsi sebagai penyimpan daya dan nantinya bisa kamu gunakan untuk mengisi daya baterai smartphone. Namun, tidak boleh sembarangan dalam memilih power bank agar tidak kecewa nantinya. Berikut ini adalah tips memilih power bank yang awet untuk HP android yang bisa kamu terapkan.

Tips Memilih Power Bank yang Awet untuk Smartphone Android

Tips Membeli Power Bank yang Awet
Tips Membeli Power Bank yang Awet

Power bank menjadi salah satu alat yang paling dibutuhkan ketika baterai HP habis dan masih berada di luar rumah. Berbicara mengenai power bank sendiri juga ada banyak sekali jenis dan mereknya. Selain itu, beberapa power bank yang dijual di pasaran juga punya kapasitas daya yang bervariasi, mulai dari 5000 mAh, 10.000 mAh, 15.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Tentunya masing-masing tipe power bank punya banderol harga yang berbeda-beda.

Saat ingin membeli power bank, yang harus kamu perhatikan bukan hanya kapasitas dayanya saja. Beberapa hal lain juga perlu diperhatikan agar kamu mendapatkan power dengan kualitas terbaik. Adapun beberapa tips memilih power bank yang awet, antara lain:

1. Menyesuaikan Kapasitas Power Bank dengan Baterai HP

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan membeli power bank adalah soal kapasitas daya yang dimilikinya. Pastikan kamu sudah menyesuaikan kapasitas dari power bank dengan kapasitas baterai HP androidmu. Misalnya HP androidmu dibekali dengan baterai berdaya 3000 mAh. Maka, sebaiknya kamu pilih power bank yang punya kapasitas daya di atasnya. Minimal power bank yang ingin kamu beli berkapasitas 10.000 mAh ke atas. Dengan kapasitas sebesar ini, itu artinya kamu bisa mengisi daya smartphone hingga 3 kali.

Seperti yang kita tahu, baterai smartphone bisa cepat sekali habis sehingga mengharuskan pengguna mengisi daya 1 hingga 3 kali dalam sehari. Tentunya akan sangat kerepotan jika kamu harus keluar rumah selama seharian. Dengan membawa power bank, jadinya kamu tidak perlu bingung lagi ketika daya baterai HP habis.

2. Pastikan Memilih Power Bank dari Brand Ternama

Tips memilih power bank yang bagus dan awet berikutnya tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kualitas dari power bank itu sendiri. Berbicara soal kualitas, pasti ada kaitannya dengan pengalaman. Sekarang ini sudah ada banyak brand terkenal yang juga menghadirkan produk power bank unggulan. Untuk segi kualitas sudah tidak perlu diragukan, pasalnya brand tenama sudah pasti sangat memperhatikan kualitas produknya.

Beberapa contoh merek power bank terkenal dengan produknya berkualitas bagus, misalnya Vivan Power Bank, Samsung Power Bank, Mi Power Bank dan masih banyak lagi. Meski begitu, kamu juga harus berhati-hati saat ingin membeli power bank dari merek ternama tersebut. Karena banyak orang tidak bertanggung jawab yang menjual power bank palsu dengan memanfaatkan nama brand tersebut. Salah satu ciri power bank palsu alias KW adalah harga banderolnya yang terbilang sangat murah dibandingkan produk originalnya.

3. Perhatikan Nilai Arus dari Power Bank

Nilai arus juga perlu kamu perhatikan saat akan membeli power bank baru. Pastikan nilai arus dari power bank sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh baterai HP android. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan waktu pengisian daya baterai HP nantinya. Nilai arus power bank yang lebih rendah dari yang dibutuhkan smartphone, maka akan menyebabkan waktu pengisian daya semakin lama.

Misalnya saja arus yang dibutuhkan oleh baterai HP sebesar 3A / 3 Ampere, maka pada power bank nilainya juga harus sama 3 Ampere. Jika lebih rendah maka yang terjadi seperti yang dijelaskan tadi. Sementara jika lebih besar nilai arus power bank, memungkinkan hal tersebut memperpendek usia baterai.

4.  Perhatikan Jenis Sel Baterai di Power Bank

Memilih jenis sel baterai pada power bank yang tepat juga menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu perharikan. Berbicara mengenai sel baterai pada power bank ini sendiri setidaknya terdapat 2 jenis, yakni jenis baterai Li-Po dan Li-Ion. Kedua jenis sel baterai ini memang sering digunakan oleh para produsen power bank yang ada saat ini. Tentunya kedua jenis tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun untuk masalah pengisian daya pada baterai HP android, jenis Li-Po bisa dibilang lebih unggul. Pasalnya jenis power bank Li-Po punya power dan arus yang lebih bagus dibandingkan dengan  Li-Ion. Dengan begitu, umur baterai smartphone akan lebih awet dibandingkan saat menggunakan power bank dengan jenis Li-Ion.

5. Pastikan Power Bank Punya Fitur Keamanan yang Bagus

Dan tips memilih power bank yang awet dan bagus untuk HP android yang terakhir adalah soal fitur keamanan power bank. Beberapa produsen power bank biasanya juga menyematkan fitur keamanan pada produknya. Ini bertujuan untuk mencegah hal-hal negatif yang bisa membahayakan HP dan juga penggunanya.

Salah satu fitur terpenting yang harus ada dalam power bank adalah fitur Over Charging Protection yang berfungsi untuk memutus otomatis arus listrik ketika baterai HP sudah penuh. Selain itu, ada pula fitur Short Circuit Protection berfungsi untuk mencegah terjadinya arus pendek atau korsleting listrik.

Penutup

Itulah tadi beberapa tips memilih power bank yang awet dan berkualitas bagus bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?