Tips Memilih HP untuk Gaming Terbaik Anti Lag

Tips Memilih HP untuk Gaming – Main game tidak hanya bisa dilakukan di PC atau konsol saja. Sekarang ini sudah hadir banyak sekali jenis game seru dari berbagai genre yang dikhususkan untuk platform android. Bahkan beberapa game yang dulunya sempat populer di platform PC dan konsol, dihadirkan pula untuk versi mobile androidnya. Meskipun gameplay yang dibawanya masih sama, namun dengan tampilan grafis yang lebih bagus dan memukau.

Tips Memilih HP untuk Gaming

Bermain game di HP android juga perlu memperhatikan spesifikasi dari HP android itu sendiri. Karena spesifikasi HP sangat menentukan performanya saat menjalankan berbagai jenis game nantinya. Apalagi game-game android terbaru sekarang ini sudah banyak yang mengusung kapasitas besar dengan tampilan grafis berkualitas tinggi.

Baca Juga:

Agar main game tetap seru tanpa adanya lag dan masalah lainnya, sebaiknya kamu memilih HP yang memang didesain khusus untuk kegiatan gaming. Mungkin sebagian dari kalian berpikir HP android dengan RAM besar berarti cukup apik dalam menjalankan berbagai game. Padahal tidak hanya RAM saja, komponen lain dalam HP juga perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih HP untuk gaming terbaik yang bisa kamu terapkan.

Tips Memilih HP untuk Gaming Terbaik Anti Lag

Tips Memilih HP untuk Gaming Terbaik

Membeli HP untuk gaming tidak boleh sembarangan, karena bisa jadi HP yang kamu pilih justru kurang baik performanya saat digunakan untuk main game. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini saya sudah merangkumkan tips memilih HP untuk gaming yang bisa kamu terapkan tentunya. Beberapa tips tersebut, di antaranya:

1. Melihat Jenis Chipset yang Digunakan

Tips memilih HP untuk gaming yang pertama adalah dengan memperhatikan jenis chipset yang dibawa oleh sebuah perangkat HP android. Chipset atau System on Chip (SoC) merupakan komponen penting dalam smartphone yang terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing.

Banyak orang yang salah kaprah saat menfinisikan sebuah chipset dan prosesor. Beberapa pengguna juga menyebut kalau prosesor itu sama dengan chipset. Pernyataan tersebut tentu salah, karena chipset merupakan komponen utama dalam smartphone dan prosesor adalah salah satu bagian dari chipset itu sendiri.

Berbicara mengenai chipset, sekarang ini setidaknya ada dua merek chipset yang menguasai pasar gadget dunia yakni Qualcomm dan MediaTek. Keduanya saling berlomba untuk menghadirkan chipset terbaru dengan performa tinggi. Untuk urusan gaming, chipset dari Qualcomm Snapdragon mungkin bisa kamu jadikan pilihan terbaik. Agar performa yang diberikan tetap sempurna, sebaiknya memilih HP android yang mengusung chipset minimal Snapdragon 625 ke atas. Pemilihan versi yang lebih baru juga semakin meningkatkan performa kinerja HP gaming.

2. Pertimbangkan Prosesor  dari HP Gaming

Selain chipset, prosesor juga menjadi komponen penting untuk dipertimbangkan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, prosesor ini sendiri merupakan bagian dari chipset yang dibawa oleh HP android. Banyak pengguna yang salah menduga soal jenis prosesor dan jumlah core yang dimilikinya. Menurut mereka jumlah core pada prosesor sangat menentukan performa kinerja yang diberikan oleh HP.

Pernyataan tersebut sudah pasti salah, karena jumlah core sama sekali tidak berpengaruh terhadap kecepatan dan performa HP. Yang benar adalah memperhatikan prosesor yang digunakannnya. Untuk urusan gaming, chipset Snapdragon 820/821 dengan prosesor Quad Core Kyro dirasa sudah cukup mumpuni.

3. Melihat Kapasitas RAM Android

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memori yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara di HP android. Saat kamu membuka sebuah aplikasi atau game, data tersebut akan disimpan di RAM. Ketika sudah ditutup dan kamu ingin menjalankan aplikasi atau game yang sama, data tersebut akan digunakan. Dengan begitu, loading dari aplikasi atau game akan lebih cepat.

RAM juga berpengaruh terhadap kecepatan akses multi-aplikasi di HP android. Semakin besar kapasitas RAM, semakin baik pula performa multi tasking yang diberikannya. HP untuk gaming yang bagus minimal sudah menggunakan RAM 3GB ke atas. Tapi umumnya, HP dengan RAM 3GB belum cukup baik dalam menjalankan game kelas atas layaknya PUBG Mobile.

4. Memperhatikan Kapasitas Memori Internal

Jika RAM merupakan penyimpanan sementara, beda lagi dengan ROM atau memori internal di mana data yang disimpan bersifat permanen. Sama seperti RAM, kapasitas ruang penyimpanan internal juga berpengaruh penting terhadap performa HP.

Kapasitas ruang penyimpanan internal yang luas membuat HP lebih mumpuni dalam hal performa. Ini juga sangat penting saat kamu menginstall berbagai aplikasi atau game di HP android, di mana semua data tersebut di simpan di ROM ini. Untuk urusan gaming sebaiknya memilih HP android yang sudah mengusung ROM minimal 16GB atau 32GB.

5. GPU Juga Penting?

GPU merupakan salah satu bagian dari SoC atau Chipset yang berfungsi sebagai pengolah grafis game. GPU ini juga berperan penting dalam menciptakan efek-efek memukau pada sebuah game, sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi para pengguna.

Kualitas dari GPU juga berperan penting saat menjalankan sebuah game. Tapi untuk pemilihan versinya dirasa tidak terlalu penting, karena hal tersebut tergantung chipset yang dibawa oleh sebuah HP android. Memilih HP dengan chipset dari kelas unggulan, sudah pasti GPU yang dibawanya juga berkualitas bagus.

6. Pilih Baterai Berkapasitas Besar dan Berfitur Lengkap

Tips memilih HP untuk gaming berikutnya adalah dengan mempertimbangkan kapasitas baterai yang dibawanya. Agar aktivitas main game semakin seru, sebaiknya kamu memilih HP gaming dengan kapasitas baterai besar. Kapasitas baterai yang besar akan membuatnya lebih tahan lama saat digunakan untuk main game.

Selain kapasitas baterai, pertimbangkan juga fitur apa saja yang disematkan di dalamnya. Salah satu yang paling penting adalah adanya fitur fast charging. Dengan fitur ini memungkinkan waktu pengisian daya pada baterai lebih cepat.

7. Ukuran dan Resolusi Layar Sangat Penting

Dan tips memilih HP untuk gaming yang terakhir adalah mempertimbangkan ukuran dan resolusi layar yang dibawa olehnya. HP keluaran baru sekarang ini umumnya sudah mengusung layar 5.0 Inci ke atas, serta dengan resolusi tingkat tinggi. Ukuran dan resolusi layar sangat menentukan kualitas tampilan yang dihasilkan oleh sebuah HP android.

Meskipun GPU yang diusung berkualitas tinggi, namun resolusi layar pas-pasan tentu percuma. Yang benar adalah memilih HP dengan GPU bagus dan juga resolusi layar yang tinggi. Carilah HP android yang sudah mengusung minimal resolusi 1080p atau Full HD. Lebih Baik lagi kalau HP gaming memiliki resolusi layar Quad HD. Sementara untuk ukurannya sendiri bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, baik itu berukuran 5.0 Inci atau bahkan 6.0 Inci.

Penutup

Itulah tadi beberapa tips memilih HP untuk gaming terbaik yang bisa kamu terapkan. Jangan sampai salah memilih, karena bisa jadi performa yang diberikan HP kurang memuaskan saat digunakan untuk main game.