5 Tips Beli HP Murah dengan Uang THR untuk Pemula

Tips Beli HP Murah dengan Uang THR – Hari raya sebentar lagi, hal yang paling dinanti-nantikan oleh para pekerja atau karayawan adalah THR. THR sendiri kepanjangan dari Tunjangan Hari Raya, yang mana ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Bersar THR yang diperoleh bagi setiap karyawan juga berbeda-beda, terangantung dimana ia bekerja. 

Tips Beli HP Murah dengan Uang THR
Tips Beli HP Murah dengan Uang THR

Saat mendapatkan uang THR, apa yang terlintas di pikiranmu pertama kali? Ingin menggunakan uang THR untuk beli baju baru atau justru ingin beli HP baru? Apapun itu, sebaiknya kamu pergunakan uang THR dengan bijak agar lebih bermanfaat. Namun, jika tekadmu sudah bulat ingin beli HP baru dengan uang THR, sebaiknya pula ketahui beberapa tipsnya.

Baca Juga:

Karena uang THR yang diterima tidak terlalu besar, mungkin hanya cukup untuk membeli HP murah. Jangan salah, sekarang ada banyak sekali merek atau tipe HP murah namun dengan kualitas bagus. Sebut saja produk smartphone dari Xiaomi yang memang terkenal murah namun tidak murahan. Agar tidak tertipu, berikut adalah tips beli HP murah dengan uang THR yang bisa kamu terapkan.

5 Tips Beli HP Murah dengan Uang THR untuk Pemula

Tips Beli HP Murah dengan Uang THR untuk Pemula

Perkembangan dunia smartphone memang terbilang sangat cepat. Setiap waktunya pasti ada saja tipe HP baru yang diluncurkan oleh berbagai vendor. Hal ini menjadi godaan tersendiri bagi beberapa orang yang punya uang lebih, misalnya saat dapat uang THR dari kantor. Membeli HP baru tidak boleh sembarangan, apalagi jika kamu ingin membeli HP yang murah. Jangan sampai harga yang murah justru membuatmu mendapatkan HP yang tidak sesuai harapan.

Bagi kamu yang masih awam terhadap teknologi khususnya HP android, sebaiknya ketahui tips beli HP murah dengan uang THR agar tidak salah pilih. Adapun tips-tips yang perlu diterapkan tersebut, antara lain:

1. Bedakan antara “Butuh dengan Ingin HP Baru”

Kebutuhan hidup sekarang ini terasa cukup sulit, dimana semua kebutuhan pokok serba mahal. Bahkan di beberapa daerah ada yang sampai langka, alhasil harga yang ditawarkan semakin melonjak tajam. Pikirkan kebutuhan tersebut, apalagi bagi kalian yang sudah memiliki keluarga kecil sendiri.

Pastikan kamu membeli HP baru memang dalam keadaan butuh. Bisa karena memang tidak punya HP sebelumnya atau juga punya HP tapi saat ini HP tersebut sudah tidak layak digunakan dikarenakan rusak atau yang lainnya. Tapi jika membeli HP hanya karena ingin, sebaiknya urungkan niat tersebut. Alangkah bijaknya kamu menggunakan uang THR tersebut untuk hal-hal yang lebih positif, seperti mencukupi kebutuhan keluarga.

2. Membeli HP sesuai kebutuhan

Jika niatmu sudah mantap ingin menggunakan uang THR untuk beli HP baru, maka sebaiknya sesuaikan HP yang ingin dibeli dengan kebutuhanmu. Setiap HP yang dirilis oleh vendor mengusung spesifikasi dan keunggulan tersendiri. Sampai saat ini tidak ada jenis HP yang punya segudang keunggulan dan bisa memenuhi semua kebutuhan pengguna. Sesempurna apapun pasti ada kekurangan yang dimiliki oleh sebuah HP.

Pikirkan terlebih dahulu apa kebutuhanmu memiliki sebuah HP, mungkin untuk urusan bisnis, untuk alat komunkasi (chatting dan telepon), sebagai penunjang fotografi atau juga hanya sekedar untuk main game. Hal ini sangat penting untuk dipikirkan, karena nantinya akan sangat percuma jika kamu beli HP flagship canggih namun kebutuhanmu hanya untuk alat komunikasi seperti chatting dan telepon. 

3. Melakukan riset terlebih dahulu

Setelah menentukan kebutuhan membeli HP baru, sekarang waktunya kamu melakukan riset di internet. Cari HP murah yang ingin kamu incar, lalu baca review singkat beserta spesifikasi yang dimilikinya. Sekarang ini sudah ada banyak sekali situs yang khusus mereview sebuah HP baru yang ada di pasaran. Salah satunya yang bisa dibilang paling lengkap dan akurat adalah GSMArena.com.

Mengetahui spesifikasi yang dimiliki sebuah HP, nantinya kamu bisa mengecek dan mencocokkannya dengan HP yang ingin kamu beli. Dengan begitu kamu tidak bakalan ketipu oleh penjual nakal yang biasanya menjual HP replika atau KW. Biasanya HP replika atau KW ini dibanderol dengan harga sangat murah.

4. Pastikan budget kamu sudah sesuai

Tips beli HP murah dengan uang THR berikutnya adalah dengan menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Di internet biasanya juga sudah tersedia informasi spesifikasi beserta perkiraan harga banderolnya. Meskipun tidak sepenuhnya sama, paling tidak kamu bisa tahu harga pasaran dari HP yang ingin kamu beli. Apalagi kamu membelinya bukan di toko officialnya, harganya bisa saja lebih mahal dari yang sebenarnya.

Untuk HP android standar yang multifungsi, sekarang ini kisaran harganya berada di angka Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan. Dengan besar dana tersebut kamu sudah bisa mendapatkan HP yang berkualitas.

5. Merek tidak bisa menjadi parameter

Tips beli HP murah dengan uang THR berikutnya adalah jangan terpaku pada sebuah merek tertentu. Pasalnya sekarang ini  merek HP tidak bisa dijadikan sebuah tolak ukur. Banyak brand pendatang baru yang justru punya produk dengan kualitas yang tidak kalah bagus. Brand Huawei atau Xiaomi misalnya, meskipun rata-rata produknya dijual murah namun kualitasnya tidak kalah dengan produk dari Samsung atau iPhone sekalipun.

Bahkan di pasar International, HP yang berasal dari China hampir menyalip kualitas dari brand-brand ternama tersebut. Selain berkualitas tentunya juga bisa lebih menghemat uang THR.

Penutup

Itulah tadi beberapa tips beli HP murah dengan uang THR agar tidak sia-sia. Terapkan beberapa tips di atas agar kamu bisa mendapatkan HP sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan lupa share ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.