Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram – Instagram merupakan salah satu platform berbagi foto paling populer di dunia sekarang ini. Dibandingkan media sosial lainnya, Instagram juga cukup banyak digandrungi oleh semua kalangan saat ini. Meskipun dalam kebijakan Instagram hanya bisa digunakan oleh pengguna cukup umur saja, tetapi ternyata tidak jarang anak-anak juga memilikinya. Instagram selain sebagai media untuk berbagi foto dan video, juga bisa dijadikan sebagai sarana bisnis. Misalnya saja memanfaatkan aplikasi Instagram untuk berjualan produk-produk tertentu.

Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram
Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Di Instagram sendiri tidak hanya disediakan fitur untuk membagikan foto dan video di feed saja, melainkan lebih dari itu. Misalnya saja fitur untuk membagikan cerita atau momen tertentu dalam bentuk foto ataupun video, yakni melalui Instagram Story. Melalui fitur tersebut kamu juga memungkinkan untuk melakukan siaran langsung atau yang sering dikenal dengan sebutan live streaming video. Ada pula fitur DM atau Direct Message yang memungkinkan kamu gunakan untuk menghubungi pengguna Instagram lain layaknya fitur Inbox di Facebook.

Baca Juga:

Meskipun sudah dibekali dengan beragam fitur canggih tersebut, tetapi terkadang Instagram juga mengalami beberapa masalah error. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna aplikasi Instagram yakni tidak bisa unggah foto dan video di feed Instagram. Masalah seperti ini tentunya akan membuat kita merasa kesal, khususnya bagi kamu yang selalu eksis di Instagram alias Selebgram. Lantas, bagaimana cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video di Instagram tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya!

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram
Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Masalah tidak bisa upload foto dan video di IG ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu dari aplikasi Instagram ataupun dari sistem android itu sendiri. Apapun penyebabnya, yang pasti masalah seperti ini selalu sukses membuat pengguna merasa kesal dan bingung harus berbuat apa. Adapun cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video di Instagram selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara pertama untuk mengatasi tidak bisa mengupload foto dan video di Instagram yakni dengan melakukan restart HP android. dengan merestart HP android akan membuat file cache yang tersimpan di RAM akan dikosongkan. Dengan demikian, performa HP akan menjadi lebih cepat dan efisien saat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu, termasuk Instagram.

Selain itu, merestart HP android juga diklaim mampu mengatasi masalah error ringan yang terjadi pada HP android. Pada beberapa kasus, Instagram yang tidak bisa digunakan untuk mengunggah foto atau video bisa diatasi dengan cara restart HP android ini.

2. Menghapus File Cache Aplikasi Instagram

Selain file cache di RAM, file cache di dalam aplikasi Instagram juga sering menjadi penyebab Instagram mengalami error. Dalam hal ini file cache yang menumpuk juga bisa menyebabkan masalah tidak bisa mengupload foto dan video di aplikasi Instagram tersebut. Meski demikian, sejatinya file cache aplikasi punya fungsi yang bermanfaat yakni untuk mempercepat loading aplikasi pada momen kedua.

Adapun cara menghapus file cache di Instagram selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Instagram.
  • Sebelumnya kamu klik Paksa Berhenti.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Setelah melakukan pengahpusan cache di atas, sekarang kamu coba jalankan kembali aplikasi Instagram. Kemudian cobalah untuk mengupload foto atau video yang diinginkan. Biasanya masalah yang sebelumnya terjadi sekarang tidak akan terulang lagi.

3. Menghapus Data Aplikasi Instagram

Selain file cache, data aplikasi yang menumpuk juga bisa menjadi salah satu penyebab tidak bisa upload foto di Instagram. File data yang tersimpan tersebut bisa saja mengalami yang namanya corrupt sehingga membuat aplikasi tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mencoba menghapus file data aplikasi Instagram. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan.
  • Klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Selanjutnya kamu cari dan klik pada aplikasi Instagram.
  • Pilih opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.
  • Selesai.

Perlu kamu ingat, melakukan penghapusan data aplikasi Instagram akan membuat aplikasi kembali ke mode default. Artinya semua pengaturan dan basis data di dalamnya akan hilang dan membuat aplikasi Instagram kembali seperti baru pertama kali diinstall.

4. Update Aplikasi Instagram

Masalah tidak bisa mengunggah foto dan video di Instagram juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang sudah usang. Mungkin saja kamu menonaktifkan mode update aplikasi secara otomatis, sehingga kalau ada pembaruan aplikasi maka kamu perlu melakukan update secara manual. Nah, masalah tidak bisa uploud konten Instagram tersebut mungkin disebabkan oleh aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem operasi android di HP androidmu.

Selain itu, biasanya aplikasi Instagram lama di dalamnya banyak ditemukan bugs sehingga aplikasi tidak bisa digunakan secara maksimal. Karena itulah, kamu perlu melakukan update aplikasi Instagram untuk mengatasi masalah tersebut. Selain bisa mengatasi bug, aplikasi versi terbaru biasanya juga dibekali dengan fitur-fitur menarik yang tidak bisa ditemukan di versi aplikasi sebelumnya.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi Instagram

Jika dengan cara update aplikasi Instagram masih belum bisa mengatasi masalah tersebut, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Kamu perlu menghapus atau uninstall aplikasi Instagram yang ada di HP androidmu. Kemungkinan aplikasi Instagram tersebut mengalami corrupt atau terdapat bug yang tidak bisa ditangani dengan hanya melakukan cara di atas.

Sekarang kamu lakukan uninstall aplikasi Instagram dengan cara tekan dan tahan pada shortcut aplikasi Instagram, lalu pilih Uninstall. Setelah itu, kamu lakukan restart HP androidmu. Jika sudah, selanjutnya kamu coba install lagi aplikasi Instagram versi terbaru dari Google Play Store. Jangan sekali-kali menginstall aplikasi Instagram dari luar Google Play Store. Karena bisa jadi aplikasi tersebut sudah disisipi virus atau malware yang membuatnya cukup berbahaya jika tetap diinstall.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video di Instagram paling mudah. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?