Cara Mengatasi Tidak Bisa Follow Instagram Orang Lain

Tidak Bisa Follow Instagram Orang Lain – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Instagram. Instagram sudah menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak digandungi oleh masyarakat modern. Hampir semua orang pasti memiliki akun Instagram pribadinya masing-masing. Entah itu hanya sekedar mengikuti tren atau justru menjadi ajang untuk eksis di dunia maya. Yang pasti Instagram sekarang ini sudah menjadi salah satu aplikasi paling populer digunakan.

Tidak Bisa Follow Instagram Orang Lain
Tidak Bisa Follow Instagram Orang Lain

Di Instagram sendiri memungkinkan kita untuk berbagi foto ataupun video di feed. Namun, video yang diperbolehkan untuk dibagikan haruslah yang tidak melanggar ketentuan dan kebijakan dari Instagram. Jika memang melanggar, maka dalam waktu singkat akan langsung diblokir oleh Instagram. Selain itu, di Instagram juga tersedia fitur InstaStory atau Instagram Story yang memungkinkan kita berbagi cerita dalam bentuk foto maupun video. Cerita yang dibagikan tersebut akan hilang secara otomatis setelah lebih dari 24 jam.

Baca Juga:

Layaknya platform media sosial lainnya, di Instagram kamu juga memungkinkan untuk mengikuti atau mem-follow akun IG pengguna lain. Untuk melakukan follow akun Instagram orang lain cukup mudah, cukup buka profilnya lalu klik tombol Follow atau Ikuti. Namun, ada beberapa kasus pengguna yang tidak bisa mengikuti atau mem-follow orang lain. Apakah yang menyebabkan masalah tersebut? Dan bagaimana cara untuk mengatasi tidak bisa follow Instagram orang lain tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Follow Instagram Orang Lain

Tidak Bisa Follow IG Orang Lain
Tidak Bisa Follow IG Orang Lain

Masalah tidak bisa mengikuti Instagram orang lain memang sering dialami oleh beberapa pengguna. Kebanyakan dari mereka langsung bingung dan mengira kalau akun Instagramnya sudah tidak bisa digunakan lagi. Padahal tidak demikian, ada kok cara untuk mengatasi masalah tidak bisa follow Instagram orang lain tersebut. Masalah error seperti ini biasanya akan menampilkan pesan notifikasi kepada pengguna, seperti No users found, The maximum number of requests per hour has been, dan juga action not allowed.

Namun, sebelum lanjut ke cara mengatasi masalah tersebut, perlu kamu tahu dulu apa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Adapun penyebab Instagram tidak bisa follow akun orang lain selengkapnya, sebagai berikut:

1. Terlalu sering melakukan follow

Masalah pertama yang menjadi penyebab tidak bisa follow IG orang lain yakni karena kamu terlalu sering melakukan follow. Terlalu banyak mem-follow akun IG orang lain akan dianggap sebagai aktivitas yang tidak wajar bagi pihak Instagram. Salah satu kebijakan terbaru dari Instagram yang berlaku yakni pengguna hanya diperbolehkan follow maksimal 20 akun Instagram dalam 1 jam.

2. Sudah melewati batas maksimal follow akun

Selain masalah di atas, faktor lain yang menjadi penyebab tidak bisa lagi follow Instagram orang lain yakni kamu sudah melewati batas maksimal follow. Pihak Instagram sudah menentukan batas maksimal follow untuk setiap akun yakni hingga 7500 akun saja. Jika lebih dari itu, maka pihak Instagram akan memberikan limit.

3. Sering memberi like

Memang agak aneh, tetapi hal ini bernar-benar bisa membuat akun Instagram-mu tidak bisa melakukan follow pengguna lain lagi. Tentunya bukan tanpa alasan, Instagram akan memberikan sanksi tersebut jika kamu terlalu sering memberikan like pada postingan pengguna lain. Jika kamu melakukan like lebih dari 300 like per jam-nya, maka pihak Instagram akan memberikan pembatasan aktivitas, termasuk juga aktivitas follow akun orang lain.

4. Berkomentar dengan kalimat negatif

Jika kamu sering berkomentar dengan kata-kata provokatif dan tidak sopan, kemungkinan besar pihak Instagram akan membatasi aktivitas di akun Instagram-mu. Hal ini juga berdampak pada aktivitas follow akun IG orang lain yang juga tidak bisa kamu lakukan.

5. Aplikasi Instagram mengalami error atau corrupt

Dan penyebab terakhir akun Instagram tidak bisa follow akun Instagram orang lain yakni aplikasi yang mengalami error. Sama seperti aplikasi lainnya, Instagram juga sering mengalami error sehingga tidak bisa melakukan fungsi sebagaimana mestinya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab tidak bisa follow Instagram orang lain di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasi akun tidak bisa follow Instagram orang lain selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menunggu waktu 1 hingga 2 hari

Jika yang menjadi penyebab tidak bisa follow IG orang lain adalah aktivitas yang tidak wajar yang kamu lakukan, maka cara ini bisa diterapkan. Kemungkinan besar masalah tersebut diakibatkan karena akun Instagram-mu telah dibatasi aktivitasnya oleh pihak Instagram. Biasanya butuh waktu 1 hingga 2 hari agar akun Instagram bisa digunakan secara normal.

Tetapi, pada beberapa kasus terkadang pengguna harus menunggu waktu lebih lama dari itu. Hal ini tentunya tergantung dengan pelanggaran yang kamu lakukan dalam menggunakan aplikasi Instagram.

2. Melakukan unfollow akun yang tidak aktif

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengatasi masalah tidak bisa follow akun Instagram tersebut dengan melakukan unfollow akun IG yang tidak aktif. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab masalah tersebut karena kamu sudah melewati batas follow maksimal. Jadi, kamu perlu melakukan unfollow akun IG lain yang kiranya jarang atau bahkan tidak aktif lagi.

Lakukan unfollow pada beberapa akun Instagram, bisa kamu sesuaikan dengan jumlah akun yang ingin kamu follow. Namun, perlu diingat untuk melakukan unfollow akun Instagram kamu hanya diperbolehkan untuk unfollow sebanyak 20 akun per jam-nya.

3. Hapus file cache dan data Instagram

Mungkin saja masalah tidak bisa follow akun Instagram orang lain disebabkan oleh file cache dan data aplikasi yang menumpuk. Karena itulah, kamu perlu menghapus file cache dan data yang ada di Instagram tersebut. Untuk caranya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi Instagram.
  • Klik tombol Paksa Berhenti.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.

4. Meminta bantuan kepada pihak Instagram

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi tidak bisa follow Instagram orang lain yakni dengan menghubungi customer service Instargam. Mereka pasti akan lebih tahu apa penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, masalah tidak bisa follow akun Instagram lain bisa segera diatasi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi tidak bisa follow Instagram orang lain paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?