Kenapa Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop? Ini Penjelasannya!

40
Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop
Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop

Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop – TikTok hadir dengan dukungan banyak fitur keren di dalamnya yang menjadi daya tarik bagi pengguna. Meskipun sempat diblokir di Indonesia khususnya, namun sekarang ini TikTok berhasil menjelma sebagai salah satu platform jejaring sosial paling populer saat ini. Bahkan di Indonesia sendiri, penyuka TikTok bisa dibilang setara dengan platform jejaring sosial lain, seperti Facebook dan Instagram. TikTok bisa dijadikan sebagai sarana hiburan terbaik saat waktu luang atau setelah beraktivitas seharian. Di dalamnya menyediakan banyak sekali video menarik yang bisa dijadikan tontonan.

Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop
Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop

Selain menonton video, kita sebagai pengguna juga memungkinkan untuk mengunggah foto maupun video sendiri di akun TikTok. Video yang diunggah ke TikTok tersebut bisa ditonton oleh pengguna lain dan tentunya berpeluang menjadi video viral. Agar bisa viral, usahakan kamu membuat video original yang menarik dan beda dari yang lainnya. Selain itu, memposting video dengan konsisten serta dengan satu teman saja. Akun TikTok yang sudah mendapatkan banyak followers dan views, dari sini kita juga memungkinkan untuk menghasilkan cuan. Bisa dengan mempromosikan produk jualan di TikTok, menerima endorsment, TikTok Affiliate dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai cara menghasilkan uang dari TikTok, sayangnya sekarang kita tidak bisa lagi memanfaatkan TikTok Shop untuk berjualan maupun berbelanja online. Selain itu, kita juga tidak dapat lagi mempromosikan produk dari penjual TikTok melalui TikTok Affiliate, karena ini terhubung ke TikTok Shop. Pemerintah Indonesia telah memberlakukan peraturan baru yang memaksa TikTok menutup layanan TikTok Shop yang dikembangkannya di Indonesia. Dalam hal ini kita tentunya tidak bisa belanja di TikTok Shop lagi. Informasi selengkapnya mengenai hal tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop di Indonesia

Penyebab Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop
Penyebab Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop

Pemerintah bertindak cepat atas keluhan para pelaku UMKM dan penjual offline, yang mana jualan mereka sepi dikarenakan aktivitas belanja online yang marak di masyarakat. Dengan alasan demi menyejahterakan UMKM, pemerintah memberlakukan peraturan baru yang mengharuskan TikTok Shop tidak boleh beroperasi di Indonesia.

Kenyataannya, alasan pemerintah menutup paksa TikTok Shop bukan hanya karena alasan tersebut. Melainkan karena pada awal perizinannya TikTok didaftarkan sebagai platform media sosial, bukan markeplace. Sehingga TikTok Shop yang merupakan layanan marketplace dari TikTok, terpaksa harus ditutup karena tidak memenuhi izin.

Penutupan TikTok Shop inilah yang menjadi alasan utama kenapa kita tidak bisa belanja di TikTok Shop lagi. Meski begitu, kita tetap bisa berjualan di TikTok Shop dengan membuat akun TikTok server luar negeri, misalnya Malaysia, Singapura atau negara lainnya. Bagi pelaku TikTok Affiliate masih tetap bisa cuan dengan mengikuti program TikTok Shop luar negeri tersebut.

Lantas, Bagaimana Cara Agar Bisa Belanja di TikTok Shop Lagi?

Untuk saat ini tidak ada yang bisa kita lakukan selain menunggu hasil kesepakatan pihak TikTok dengan pemerintah Indonesia. Kemungkinan kedepannya TikTok akan membuat apliaksi TikTok Shop secara terpisah layaknya Shopee, Tokopedia dan beberapa marketplace lainnya khusus di Indonesia.

Sebagai alternatif lain, kamu bisa membeli produk dari penjual di TikTok melalui platform lain. Biasanya para penjual di TikTok menyediakan opsi lain untuk bisa membeli produk yang ditawarkannya. Baik itu, dengan memesan langsung lewat chat WhatsApp, order via markeplace lain atau pesan lewat DM di TikTok langsung.

Meski sudah disediakan alternatif untuk berbelanja barang di TikTok, nyatanya semua tidak akan sama seperti belanja di TikTok Shop. Misalnya saja voucher diskon dan voucher gratis ongkir yang diberikan, hal tersebut tidak akan bisa dinikmati jika pembeliannya di luar TikTok Shop. Selain itu, proteksi keamanan yang diberikan juga tidak akan sebaik TikTok Shop. Sehingga hal ini membuat para pembeli harus berpikir dua kali untuk berbelanja di luar TikTok shop.

Langkah terbaik yang bisa dipilih mungkin hanya dengan beralih berbelanja online via marketplace lain. Sebagai contohnya Shopee yang bisa dibilang sebagai marketplace yang paling berani memberikan banyak voucher diskon dan gratis ongkir hingga sekarang ini.

Sebelum belanja, pastikan kamu telah mengklaim voucher diskon yang diberikan oleh seller maupun pihak Shopee. Dengan begitu harga beli dari produk akan dipotong sejumlah voucher yang digunakan, tentunya belanja online akan terasa lebih untung dan puas pastinya.

Paling nyaman lagi jika belanjanya di waktu-waktu tertentu yang memang sedang diadakan diskon besar-besaran. Misalnya saja, tanggal 10.10, 11.11, 12.12 dan hari-hari spesial lainnya. Bahkan ada beberapa produk yang dijual dengan diskon sangat besar mencapai 99% pada waktu-waktu tersebut.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai alasan kenapa tidak bisa belanja di TikTok Shop yang harus kamu tahu. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Upload Foto Slideshow di TikTok Lewat HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Akun TikTok Tiba-tiba Hilang
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini