7 Tanda WhatsApp Diblokir Oleh Teman

Tanda WhatsApp Diblokir – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting populer satu ini. WhatsApp Messenger sudah menjadi sarana komunikasi paling banyak digunakan sekarang ini. Tidak hanya memungkinkan penggunanya bertukar pesan teks lewat fitur obrolan, melainkan juga bisa mengirimkan musik, video, gambar bahkan berbagai lokasi terkini. Selain itu, dengan aplikasi WhatsApp juga memudahkan penguna melakukan panggilan suara maupun panggilan video alias videocall.

Tanda WhatsApp Diblokir
Tanda WhatsApp Diblokir

Agar bisa terhubung dengan pengguna lain, kamu perlu menyimpan nomor teleponnya yang memang sudah didaftarkan ke WhatsApp. Selain bisa menyimpan, pengguna WhatsApp juga dimungkinkan untuk memblokir suatu nomor tertentu agar pemilik nomor tersebut tidak bisa lagi mengirimkan pesan atau melakukan panggilan. Meski begitu, tidak banyak pengguna yang bisa tahu kalau nomornya sudah diblokir oleh pengguna lain. Karenanya, ia terus mencoba menghubungi si pemblokir meskipun sudah tidak memungkinkan.

Baca Juga:

Tetapi ternyata ada lho tanda-tanda pada WhatsApp jika memang nomor WhatsApp kamu sudah diblokir oleh seseorang. Dari tanda-tanda tersebut akan tampkak perbedaannya sebelum diblokir dan sesudah diblokir. Adapun tanda-tanda WhatsApp diblok oleh seseorang selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Tanda-tanda WhatsApp Diblokir Oleh Seseorang

Tanda WhatsApp Diblokir Teman
Tanda WhatsApp Diblokir Teman

Ada banyak faktor yang membuat seseorang melakukan pemblokiran terhadap kontak WA pengguna lain. Misalnya saja tidak ingin diganggu, tidak diperbolehkan oleh orang terdekatnya, atau yang lain sebagainya. Terlepas dari itu semua, saat nomor kontak WhatsApp kamu diblokir, akan memunculkan beberapa tanda tersendiri, antara lain:

1. Foto Profil dan Status Kembali ke Default

Tanda nomor WA diblokir oleh seseorang yang pertama adalah foto profil si pemblokir tidak terlihat alias kembali ke foto profil default. Hanya tampak gambar orang berwarna putih dan dengan background abu-abu. Padahal sebelumnya dia sering berganti-ganti foto profil. Meski begitu, hal ini tidak sepenuh bisa dijadikan acuan. Karena hal lain juga bisa menimbulkan kondisi seperti ini, misalnya pengguna memang tidak memasang foto profil atau nomor kontak WA kamu tidak tersimpan di kontak si dia sehingga aksesnya terbatas.

Selain foto profil, seseorang yang memblokir nomor WhatsApp kamu biasanya statusnya juga kembali ke default. Umumnya terdapat tulisan “Hey There! I am using WhatsApp”. Sama seperti kasus foto profil default, hal ini bisa juga disebabkan karena si pemilik tidak memasang status atau nomor kontakmu tidak disimpan olehnya.

2. Hilangnya Tulisan “Last Seen” atau “Terakhir Dilihat”

Ciri-ciri WhatsApp diblokir oleh seseorang berikutnya adalah pada chat orang tersebut tidak terlihat tulisan Last Seen atau Terakhir Dilihat di bagian bawah namanya. Pada bagian ini biasanya akan menunjukkan kapan orang tersebut terakhir kali aktif atau membuka aplikasi WhatsApp. Meski begitu, tidak sepenuhnya Last Seen atau Terakhir Dilihat menghilang disebabkan oleh nomor WhatsApp yang diblokir.

Beberapa pengguna bisa jadi sudah melakukan pengaturan privasi last seen-nya. Pengaturan privasi Last Seen atau Terakhir Dilihat ini bisa hanya ditampakkan kepada pengguna yang tersimpan di daftar kontak, semua pengguna WhatsApp, atau memang tidak untuk semua orang.

3. Saat Chat Hanya Tampil Centang Satu (tidak terkirim)

Jika saat mengirim chat kepada seseorang di WhatsApp namun tidak terkirim alias centang satu dalam waktu sangat lama, bisa jadi nomor WhatsApp kamu sudah diblokir olehnya. Seperti yang kita tahu, tanda centang satu  dan berwarna abu-abu yang ada di bawah chat menandakan pesan tersebut tidak terkirim. Jika sudah centang dua tetapi masih berwarna abu-abu berarti sudah terkirim namun belum dibaca oleh si penerima. Dan jika centang dua tadi sudah berwarna biru, berarti ia sudah membaca chat tersebut.

Beberapa pengguna memang ada yang mengatur centang di WhatsApp tetap berwarna abu-abu meskipun sudah dibuka atau dibaca. Di WhatsApp sendiri hal ini diperbolehkan dan WhatsApp memang sudah menyediakan fitur untuk menghilangkan centang biru tersebut. Intinya, jika pada chat masih tetap centang satu dan berwarna abu-abu hingga waktu lama, hampir dipastikan nomor WhatsApp kamu benar-benar diblokir.

4. Tidak Bisa Melihat Statusnya di Storie WhatsApp

Jika kamu sekarang tidak lagi melihat si dia update status di storie, ini juga mengindikasikan bahwa kontak WhatsApp-mu sudah diblokir olehnya. Padahal sebelumnya kamu sering melihat si dia update status cukup sering. Bahkan setiap hari pasti tidak terlepas dari yang namanya update status.

Meski begitu, sama seperti sebelumnya bahwa ini tidak hanya disebabkan oleh tindak pemblokiran. Bisa juga dikarenakan si pengguna melakukan pengaturan privasi statusnya, di mana tidak semua orang bisa melihat status yang ia bagikan di storie-nya.

5. Tidak dapat Mengirim Foto dan Pesan Suara

Selain pesan atau chat yang tidak terkirim, jika kamu tidak bisa mengirim foto dan pesan suara, hal ini juga mengindikasikan kalau nomor WA kamu sudah diblokir oleh si dia. Voice note dan foto yang dikirim selalu gagal terkirim meskipun koneksi internet lagi ngebut-ngebutnya.

Inilah tanda kalau WhatsApp-mu sudah diblokir yang paling jelas dan bisa dibuktikan kebenarannya. Pasalnya, tidak ada hal lain yang menyebabkan pesan suara dan foto tidak bisa dikirim ke WhatsApp seseorang. Apalagi ditambah dengan tanda-tanda sebelumnya, semakin memperkuat fakta jika memang si dia sudah melakukan pemblokiran.

6. Tidak Bisa Melakukan Panggilan Suara Atau Video Call

Tanda-tanda WhatsApp diblokir oleh seseorang selanjutnya adalah kamu sama sekali tidak bisa menelepon si dia. Baik itu panggilan suara ataupun panggilan video, kedua hal tersebut sama sekali tidak bisa dilakukan. Yang terlihat saat menelepon hanya sampai status calling, tidak sampai berdering.

Lakukan panggilan suara ataupun panggilan video secara berkala. Jika dalam waktu berhari-hari hal yang sama tetap kamu alami, bisa dipastikan nomor WhatsApp kamu benar-benar sudah diblokir olehnya.

7. Tidak Bisa Memasukkan Kontak ke Grup

Dan tanda bahwa kontak WhatsApp sudah diblokir oleh seseorang yang terakhir adalah akan terjadi masalah ketika memasukkan suatu kontak ke grup yang kamu buat. Masalah yang terjadi yakni muncul sebuah pesan atau notifikasi yang menyatakan jika kamu tidak memiliki izin atau otoritas untuk memasukkannya ke dalam grup.

Meski begitu, masalah ini bisa juga disebabkan oleh koneksi ataupun sistem android yang memang sedang error.

Penutup

Itulah tadi beberapa tanda WhatsApp diblokir oleh seseorang yang perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.