Cara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah

556
Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah
Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah

Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah – HP android hadir dengan berbekal berbagai fitur canggih yang tentunya akan membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Setiap vendor HP tentunya berbeda-beda dalam menyematkan fitur di perangkat smartphone besutannya. Masing-masing punya ide dan keunikan tersendiri sehingga menjadikannya sebagai daya tarik bagi para pengguna untuk memilih smartphonenya. Tidak hanya fitur, spesifikasi yang disematkan juga cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang cepat dan responsive.

Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah
Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah

Umumnya fitur yang disematkan di HP android ini bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui Status Bar. Meskipun namanya Status Bar, di mana fungsi utamanya untuk media menampilkan preview notifikasi yang masuk ke HP android. Akan tetapi, di Status Bar ini juga menjadi tempat untuk akses cepat fitur-fitur android. Mulai dari fitur Wifi, Data Seluler, Bluetooth, Senter, Hotspot, Lokasi, Mode Pesawat, Mode Hemat Baterai, Sinkronisasi, Mode Android dan lain sebagainya. Kamu juga bebas mengatur tata letak ikon atau fitur mana saja yang ingin ditampilkan atau disembunyikan.

Baca Juga:

Untuk menampilkan Status Bar di HP android umumnya dengan cara mengusap layar dari bagian atas ke bawah. Pada beberapa merek dan tipe HP kita juga memungkinkan menampilkan Status Bar hanya dengan mengusap di area mana saja pada layar dan menariknya ke bawah. Akan tetapi, terkadang pada HP android tidak bisa menarik Status Bar ke bawah sehingga pengguna tidak bisa mengakses fitur yang ada di sana. Lantas, bagaimana cara mengatasi Statusdbar tidak bisa ditarik ke bawah layar tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah

Penyebab Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah
Penyebab Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki masalah Status Bar di HP android yang tidak dapat ditarik ke bawah. Yang pasti cara-cara ini bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bagi kalian yang masih pemula. Adapun cara mudah untuk mengatasi Status Bar tidak bisa ditarik ke bawah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Matikan Layar HP

Cara yang paling mudah dan praktis untuk mengatasi status bar di HP android yang tidak bisa ditarik ke bawah yakni dengan mematikan layar. Tekan sekali pada tombol Power dengan cepat untuk mematikan layar. Kemudian tekan cepat sekali lagi tombol Power di HP untuk menghidupkan layar HP.

Buka kunci layar jika memang HP dilundungi dengan kunci agar bisa masuk ke tampilan layar menu utama. Kemudian tinggal kamu coba kembali menarik layar ke bawah untuk menampilkan Status Bar.

2. Lakukan Restart HP

Jika cara di atas masih belum bisa menarik Status Bar ke bawah, maka kamu bisa mencoba melakukan restart HP. Cara satu ini juga diklaim sangat ampuh untuk mengatasi error pada Status Bar di HP yang tidak dapat ditarik ke bawah.

Tekan dan tahan tombol Power sampai muncul beberapa opsi di layar, kemudian lanjutkan dengan klik opsi Restart atau Mulai Ulang. Saat HP menyala kembali, biasanya layar akan kembali normal dan bisa menampilkan Status Bar. Memang penyebab Status Bar yang tidak bisa ditarik ke bawah ini dikarenakan cache yang penuh di RAM. Dengan melakukan restart akan menghapus semua file cache tersebut dan membuat HP normal kembali.

3. Membersihkan Layar dan Cek Pelindung Layar

Status Bar yang tidak bisa ditampilkan ke bawah layar kemungkinan terjadi karena layar tidak merespon saat kamu sentuh. Bisa jadi disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel di bagian atas layar, sehingga tidak bisa menarik Status Bar. Untuk itu, kamu perlu membersihkan layar menggunakan kain lap microfiber, kalau perlu bisa gunakan cairan khusus pembersih screen.

Selain itu, kamu cek juga pelindung layar yang digunakan di HP android. Bisa jadi karena bentuk, ukuran atau material pelindung layar tidak cocok dengan HP. Sehingga tidak bisa merespon saat kamu menyentuh di bagian layar tertentu, misalnya saja di bagian atas layar. Jika memang tidak cocok, kamu lepas saja pelindung layar tersebut. Jika tetap ingin menggunakan pelindung layar, maka bisa mengganti dengan ukuran yang cocok dan memiliki tingkat sensitivitas tinggi.

4. Lakukan Factory Reset HP

Bisa jadi masalah Status Bar yang tidak bisa ditarik ke bawah ini akibat adanya bug pada sistem android. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari virus dan malware yang menyusup, penggunaan aplikasi MOD atau ilegal, aktivitas root HP, oprek sistem android dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah satu ini kamu perlu melakukan factory reset HP android.

Melakukannya bisa melalui Mode Recovery yang sudah tersedia di semua merek dan tipe HP android. untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu matikan HP seperti biasa. Pastikan daya baterainya tersisa minimal 50% atau lebih tinggi.
  • Sekarang hidupkan HP dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah (beberapa tipe HP lain menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Atas) selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar.
  • Lepaskan tekanan pada tombol Power saat muncul logo brand. Kemudian lepaskan juga tekanan pada tombol Volume saat sudah masuk ke Recovery Mode.
  • Lanjutkan dengan pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Kemudian konfirmasi reset HP dengan pilih Yes, Wipe Data All.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai. Selanjutnya kamu pilih Reboot System Now.
  • HP akan melakukan restart dan menyala kembali.
  • Selesai.

Selain cara di atas, sebenarnya ada alternatif lain untuk melakukan reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, yakni melalui menu Pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Biometrik dan Keamanan.
  • Lanjutkan dengan pilih Reset.
  • Kemudian pilih Reset Data Pabrik.
  • Dan konfirmasi dengan klik Oke.
  • Selesai.

5. Lakukan Flash Ulang HP

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi Status Bar tidak bisa ditarik ke bawah yakni dengan melakukan flash ulang. Cara ini tidak hanya akan menghapus data di HP dan mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik, melainkan juga akan memperbarui firmware atau ROM yang digunakan oleh HP.

Untuk melakukan flashing ulang HP android, kamu bisa mempersiapkan PC atau laptop, software FlashTool (sesuai merek HP dan chipset yang digunakan), file firmware atau ROM sesuai tipe HP, dan kabel USB. Untuk langkah-langkahnya bisa menyesuaikan dengan FlashTool yang lamu gunakan. Lebih mudahnya bisa mencari tutorialnya di internet.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Status Bar tidak bisa ditarik ke bawah di HP android yang mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Hapus Folder Thumbnail di Android Paling Cepat
Artikel Selanjutnya7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Berbunyi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini