5 Cara Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek

743
Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek
Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek

Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek – HP android tersusun dari berbagai hardware yang memiliki fungsi masing-masing. Misalnya saja komponen layar yang berfungsi sebagai komponen output, yakni untuk menampilkan gambar. Selain itu, ada pula baterai yang berfungsi sebagai nyawa dari HP android, yakni untuk menyalurkan daya listrik ke komponen lainnya. Atau juga casing yang berfungsi sebagai dudukan serta pelindung dari komponen lain yang ada di dalam HP android. Semua komponen ini memiliki peran yang sangat penting antar satu dengan yang lainnya.

Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek
Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek

Satu lagi komponen hardware yang paling penting di sebuah smartphone android, yakni speaker. Ini merupakan komponen output di smartphone android yang berguna untuk mengeluarkan suara, baik suara notifikasi, suara saat menonton video, suara ketika memutar musik atau aktivitas lainnya yang membutuhkan suara. Jika speaker di HP android bermasalah, pastinya hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna dalam mengoperasikan HP android. Yang namanya perangkat elektronik, bukan tidak mungkin komponen speaker di HP ini mengalami masalah error atau kerusakan.

Baca Juga:

Salah satu masalah error yang sering terjadi pada speaker di android yakni suaranya yang tidak jernih alias terdapat suara kresek. Suara kresek layaknya suara TV yang sedang gangguan ini tentu akan mengganggu kenyamanan pengguna, khususnya saat memutar video atau musik. Suara asli dari video atau musim akan terganggu oleh suara kresek tersebut, ini juga akan membuat pendengaran terasa sakit. Lantas, bagaimana cara mengatasi speaker HP bunyi kresek tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek

Speaker HP yang terdapat bunyi kresek seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu karena ulah pengguna atau memang ada kerusakan pada sistem android. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab speaker HP keluar bunyi kresek, di antaranya:

  • Lubang speaker yang kotor dan penuh dengan debu serta kotoran.
  • Suhu panas HP terlalu tinggi, bahkan mengalami overheat.
  • Speaker HP terkena atau kemasukan air.
  • Akibat menghubungkan HP dengan speaker aktif yang memiliki tegangan cukup tinggi.
  • Komponen dalam speaker yang sudah tua dan rusak.
Penyebab Speaker HP Bunyi Kresek
Penyebab Speaker HP Bunyi Kresek

Mengetahui beberapa penyebab di atas akan memudahkan kita dalam melakukan perbaikan pada HP yang speakernya bermasalah tersebut. Adapun beberapa cara mengatasi speaker HP bunyi kresek selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membersihkan Speaker HP

Cara yang pertama untuk mengatasi speaker bunyi kresek di HP yakni dengan melakukan pembersihan speaker. Cara ini diklaim sangat efektif untuk mengatasi masalah error tersebut. Membersihkannya sendiri bisa menggunakan cotton bud atau jarum.

Kamu bersihkan lubang speaker di HP supaya tidak ada debu dan kotoran yang menempel. Jika perlu, kamu bisa membongkar casing HP dan membersihkan hingga ke komponen terdapat pada speaker HP.

2. Mengeringkan HP yang Terkena Air

Mungkin saja HP androidmu terkena atau ketumpahan air sehingga masuk ke lubang speaker. Jika ini benar terjadi, maka kamu perlu mengeringkan air yang telah masuk ke dalam HP, khususnya pada komponen speakernya. Cara untuk mengeringkannya sendiri bisa menggunakan media beras, hairdryer, kipas angin atau vacuum cleaner mini.

Dari beberapa rekomendasi media untuk mengeringkan HP yang kemasukan air di atas, menggunakan media beras paling direkomendasikan. Cara ini akan membantu mengeluarkan air yang masuk ke dalam HP sehingga membuatnya kembali normal. Cukup kamu kubur HP di dalam beras dan biarkan sekitar 2 hingga 3 hari. Jika sudah, kamu bisa menyalakan HP dan mengetes suaranya. Biasanya suara kresek pada speaker akibat air yang masuk tadi tidak akan terdengar lagi.

3. Cek Speaker dan Perbaiki

Di setiap HP android dibekali fitur khusus untuk mengecek kondisi dari setiap hardware yang terpasang, termasuk speaker. Kamu bisa melakukan pengecekan pada speaker tersebut apakah kerusakan terjadi pada sistem android atau pada hardware speaker. Untuk pengecekannya sendiri bisa menggunakan kode rahasia. Belum tahu cara tes speaker HP tersebut? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama buka menu Panggilan atau Telepon di HP android.
  • Kemudian ketik kode dial *#0*# atau *#0#* maka akan ditampilkan halaman pengetesan HP android.
  • Pada halaman tersebut kamu pilih menu Speaker atau Sound.
  • HP akan mengeluarkan suara khusus, kamu coba dengarkan saja. Jika memang suara kresek tetap terdengar, berarti kerusakan memang terdapat pada komponen hardware speaker.
  • Selesai.

Kerusakan pada hardware speaker ini tidak ada cara lain yang bisa dilakukan kecuali menggantinya atau memperbaiki jika memang masih bisa. Kamu perlu membongkar HP untuk lebih mudah melakukan perbaikan dan penggantian speaker. Lebih mudah memang dengan mengganti speaker HP dengan speaker baru. Jika memang tidak bisa melakukannya, maka kamu bisa meminta bantuan teknisi HP.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk alternatif keempat ini mungkin tidak akan memperbaiki suara kresek yang terdengar di speaker HP, melainkan hanya untuk meminimalkan suara kresek tersebut agar tidak terdengar. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yakni bernama MX Player yang dikembangkan oleh MX Media (Formerly J2 Interactive). Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu download dan install aplikasi MX Player dari Google Playstore. Facebook Keluar Sendiri di HP
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan aplikasi, kamu klik menu yang ada di pojok kanan atas. Kemudian klik pada menu Pengaturan.
  • Masuk ke opsi Audio, lalu beri tanda centang pada opsi Pemutar Audio.
  • Kembali ke halaman utama aplikasi, sekarang kamu putar musik yang ada di HP.
  • Sekarang klik ikon Audio, kemudian beri tanda centang pada opsi Gunakan Dekoder Audio SW.
  • Selanjutnya kamu bisa mengatur volumenya, baik menaikkan atau menurunkannya hingga suara kresek tidak lagi terdengar.
  • Selesai.

Catatan: Penggunaan aplikasi MX Player hanya digunakan untuk memaksimalkan suara speaker pada HP saat memutar musik atau video.

5. Lakukan Factory Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi suara kresek di speaker HP android yang dengan melakukan factory reset. Melakukan cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP, mulai dari file media, aplikasi, cache, hingga pengaturan yang diterapkan didalamnya. Jadi, sebaiknya kamu lakukan dulu pencadangan data jika memang ada data penting yang tidak ingin dihapus.

Untuk langkah-langkah melakukan factory reset di HP android tersebut, yakni:

  • Pertama kamu matikan HP android. Pastikan baterainya tersisa minimal 50% atau lebih tinggi.
  • Hidupkan HP dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga layar HP menyala.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode.
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe Data / Factory Reset.
  • Konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe Data All.
  • Jika sudah, sekarang pilih Reboot System Now.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara mudah untuk mengatasi speaker HP bunyi kresek bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya5 Cara Mengatasi Aplikasi Muncul Sendiri di Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Aplikasi Facebook Keluar Sendiri di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini