Cara Mengatasi SMSC Update Error di HP Android

164
SMSC Update Error
SMSC Update Error

SMSC Update Error – Meski terbilang sudah ketinggalan jaman, nyatanya layanan SMS masih tetap dibutuhkan hingga sekarang ini. Masih banyak pengguna yang memanfaatkan layanan SMS guna untuk mengirim dan menerima pesan teks. Selain itu, layanan SMS juga sering digunakan sebagai sarana verifikasi data diri, misalnya saja untuk mengirimkan kode OTP. Layanan SMS dianggap lebih aman dan kode OTP hanya bisa dibuka oleh si pemilik nomor yang di kirimi tersebut.

SMSC Update Error
SMSC Update Error

Mungkin karena alasan ini hingga layanan SMS masih tetap tersedia dan di smartphone keluaran terbaru pun masih menyediakan menu Pesan tersebut. Untuk menggunakan layanan SMS, kita butuh pulsa sebagai alat pembayarannya. Atau bisa juga dengan paket SMS khusus yang dibeli dari masing-masing provider kartu seluler. Setiap provider menyediakan paket SMS dengan besar kuota dan harga yang bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal. Paket SMS tersebut biasanya juga punya masa aktif tersendiri sesuai yang diatur oleh provider.

Baca Juga:

Berbicara mengenai SMS, terkadang ada masalah yang dialami oleh pengguna. Salah satunya adalah tidak bisa mengirim maupun menerima SMS dari nomor lain. Masalah satu ini cukup sering dialami oleh para pengguna dan penyebabnya pun bervariasi. Bisa karena kesalahan dalam pengaturan SMSC atau Nomor Pusat Pesan Singkat. Penyebab satu ini biasanya akan memunculkan notifikasi di layar dengan tulisan SMSC Update Error (Failed to Update). Lantas, bagaimana cara mengatasi SMSC error update tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penjelasan Tentang SMSC atau Nomor Pusat Pesan Singkat

SMSC memiliki kepanjangan Short Message Service Center yang merupakan sekumpulan nomor yang menjadi pusat layanan pesan singkat. SMSC ini yang berperan penting dalam mengantarkan dan menerima pesan singkat atau SMS di HP pengguna. SMSC dimiliki oleh setiap provider dan nomornya tersebut berbeda-beda.

Biasanya di kartu SIM yang terpasang di HP akan mengatur SMSC ini secara default, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan secara manual. Akan tetapi, terkadang ada kesalahan pengaturan otomatis pada SMSC tersebut sehingga menyebabkan HP tidak bisa mengirim dan menerima SMS. Selain itu, di layar HP juga akan muncul tulisan SMSC Update Error Number atau Failed to Update SMSC.

Cara Mengatasi SMSC Update Error di HP Android

SMSC Update Error Number
SMSC Update Error Number

Cara terbaik untuk mengatasi SMSC error update tersebut yakni dengan mengatur ulang nomornya. Seperti yang dijelaskan di atas, penyebab munculnya error tersebut karena ada kesalahan pengaturan nomor SMSC di perangkat android.

Mengubah nomor SMSC dan menyesuaikannya dengan SMSC dari setiap provider di android bisa dilakukan langsung melalui menu Pengaturan Pesan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara alternatif yakni dengan menggunakan kode dial khusus untuk mengatur ulang SMSC di HP android tersebut.

Adapun langkah-langkah untuk mengatur ulang nomor pusat layanan SMS atau SMSC selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengatur Ulang Nomor SMSC Lewat Pengaturan Pesan

Cara yang pertama yang bisa coba kamu terapkan yakni mengubah nomor SMSC melalui menu Settings atau Pengaturan di HP. Cara ini terbilang sangat mudah, bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan sulit melakukannya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pesan di HP android.
  • Pada tampilan Pesan tersebut, kamu klik ikon Tiga Titik Vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan. Kemudian pilih opsi Pengaturan.
  • Selanjutnya kamu masuk ke opsi Pengaturan Lainnya.
  • Kemudian klik pada opsi Pesan Teks.
  • Klik pada opsi Pusat Pesan, baik di SIM1 ataupun SIM2. Kemudian kamu ubah nomor SMSC tersebut sesuai dengan yang dimiliki oleh setiap provider kartu seluler.
  • Simpan pengaturan tersebut, biasanya SMSC update error Number akan langsung teratasi.
  • Selesai.

Cara di atas saya terapkan di HP Samsung dengan dukungan OneUI 3.1 atau OS Android 11. Untuk di tipe HP lainnya kemungkinan tidak berbeda jauh, kamu bisa menyesuaikan dengan peletakan menu pengaturan pesan yang ada di dalamnya.

2. Mengatur Ulang Nomor SMSC Menggunakan Kode Dial

Selain cara di atas, alternatif lain untuk mengatur ulang nomor pusat layanan SMS di android yakni dengan menggunakan kode dial atau kode rahasia. Cara ini juga terbilang sangat mudah dan praktis untuk diterapkan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP android.
  • Kemudian kamu ketik kode dial *#*#4636#*#* lalu tekan tombol Panggil.
  • Pada tampilan baru yang muncul di layar, kamu pilih opsi Informasi Telepon 1.
  • Scroll ke bawah dan temukan opsi untuk mengubah nomor SMSC. Kamu isi nomor SMSC menyesuaikan dengan nomor SMSC yang dimiliki oleh provider seluler yang kamu gunakan.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu tekan tombol Perbarui.
  • Keluar dari halaman tersebut, kemdian lakukan Restart HP android.
  • Selesai.

Catatan: Pada beberapa tipe HP mungkin punya kode dial tersendiri untuk masuk ke halaman pengaturan seperti di atas. Namun, kebanyakan tipe HP bisa menggunakan kode dial di atas.

Daftar Nomor SMSC Provider Terbaru 2021

Mungkin kamu bertanya-tanya soal nomor SMSC yang dimiliki oleh setiap provider kartu seluler. Mengingat nomor SMSC dari setiap provider ini memang berbeda-beda. Berikut ini nomor SMSC provider seluler yang ada di Indonesia, di antaranya:

  1. Nomor SMSC Telkomsel: +6281100000
  2. Nomor SMSC Indosat (IM3): +62855000000
  3. Nomor SMSC Indosat (Mentari): +62816124
  4. Nomor SMSC Axis: +628315000032
  5. Nomor SMSC XL: +62818445009
  6. Nomor SMSC Three: +6289644000001
  7. Nomor SMSC Smartfren: +628811223344

Penutup

Itulah tadi cara paling mudah mengatasi SMSC update error Number (Failed to Update) bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi HP Bootloop yang Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini